Visa Jepang (Seluk - Beluk Pengajuannya)

Konichiwa Minna Sama, 
Beberapa hari lalu gw akhirnya jalan-jalan ke Jepang juga hehe (Lihat fotonya disini). Seneng, bahagia dan sejuta rasanya. Nah, bagi yang pengen pergi ke Jepang. ada beberapa tahap yang harus di lakuin, salah satunya adalah Visa Jepang.
Ada beberapa tahap yang di lakuin
1. Pesan tiket, hal ini sangat diharuskan karena pada waktu mengajukan Visa, harus melampirkan reservasi tiket. Beruntung banget saya dapat promo air asia pada februari 2012, dan berangkat september 2012. Alhamdulillah dapat 2 jt PP.
2. Reservasi penginapan (Hostel, Hotel), dan lagi2 memang pemesanan hostel/hotel harus dilampirkan sebagai syarat pengajuan Visa. Gw mengunakan jasa pemesanan online. Ada beberapa jasa online yaitu:booking.com (free, pembayaran pada saat menginap) ,agoda.web.id ( Berbayar),Hostelworld (Bayar DP 10%), dan masih banyak jasa lainnya. Gw memilih booking.com karena memang selain free, juga pembayaran hostel/hotel pada saat berada di penginapan.
3. Jadwal Perjalanan, wajib dan kudu di sertain pada saat pengajuan Visa. Selain sebagai pedoman perjalanan (acuan), juga sebagai perhitungan biaya yang akan dikeluarkan pada saat di Jepang.
4. Persiapan Dana, hal ini dilakukan agar pada saat pengajuan dana yang dibutuhkan untuk perjalanan telah mencukupi. Untuk pengajuan Visa dibutuhkan dana yang SESUAI dengan Itinerary. Misal: pada itinerary dicantumkan keliling daerah Tokyo saja, maka dana yang diajukan harus sesuai dengan kebutuhan selama di Tokyo (Misalnya 10Jt untuk 5 hari). Jika di Itinerary tercantum Tokyo, Nagoya dan Osaka maka dibutuhkan dana yang lebih dari Tokyo saja (Misalnya 15 juta untuk 7 hari), dsb. Jadi intinya di approve atau tidak Visa kita sangat bergantung pada Itinerary yang tercantum dan ketersedian dana pada tabungan kita. Jadi, saat membuat Itinerary sangat disarakan disesuaikan dengan dana yang tersedia. Ada cara yang bisa ditempuh jika dana kita tidak mencukupi saat pengajuan Visa, yaitu dengan cara meminjam teman,saudara atau keluarga, namun memang disarankan untuk transfer beberapa bulan sebelumnya, karena syarat pengajuan adalah rekening 3 bulan sebelum pengajuan.
5. Surat keterangan dan dokumen lainnya, Surat keterangan ini bersifat sebagai penguat bahwa anda telah bekerja pada instansi yang sah (tidak pengangguran, karena ada beberapa kasus dicurigai sebagai TKI illegal), surat keterangan gaji, surat pengajuan Visa dari kantor, dan dokumen lain seperti Akte kelahiran, KTP dll.
Nah itu saja yang bisa gw share. kalau ada pertanyaan dan sebagainya silahkan hubungi saya di twitter @salman_faris.
Informasi pengajuan Visa dariKEDUTAAN JEPANG
Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri

Dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa

  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa.[download (PDF)] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili)
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal Perjalanan [download (DOC)] (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan:
    Bila pihak Pemohon yang bertanggungjawab atas biaya
    * Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).
Perhatian:
Dokumen harus disusun sesuai urutan No. 2 - 8 sebelum diserahkan di loket.*Bagi yang termasuk dalam kategori berikut, maka Pemohon maupun anggota keluarga (suami/istri dan anak) tidak perlu melampirkan bukti keuangan (tercantum pada nomor 8). (Bila diperlukan, dokumen tambahan akan diminta untuk melengkapi atau membuktikan hal tersebut).
  • Perusahaan yang berada di Indonesia bersedia bertanggung jawab atas seluruh biaya.
  • Pemohon adalah karyawan BUMN.
  • Pemohon adalah karyawan dari perusahaan yang menjalin kerja sama dengan perusahaan di Jepang.
  • Pemohon adalah karyawan dari perusahaanjoint venture Indonesia - Jepang, atau anak perusahaan Jepang, atau cabang dari perusahaan Jepang.
  • Pemohon adalah karyawan dari instansi pemerintah.
  • Pemohon adalah budayawan/ seniman yang sudahgo-international; atlit yang sudah diakui; dekan, profesor, asisten profesor dari universitas; pimpinan museum, atau lembaga penelitian pemerintah maupun swasta.
* Bila aplikan ingin mengajukan permohonan visa untuk kunjungan berkali-kali (Multiple Visa), maka harus melampirkan surat penjelasan alasan keperluan kunjungan berkali-kali ke Jepang atau surat penjelasan dari pihak Pengundang. * Untuk visa kunjungan berkali-kali, harap melihat persyaratan visa untuk kunjungan berkali-kali.
Visa Jepang (Seluk - Beluk Pengajuannya) Visa Jepang (Seluk - Beluk Pengajuannya) Reviewed by Salman Faris on 9/22/2012 02:52:00 PM Rating: 5

3 komentar:

  1. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  2. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Wah mantap kali :D hehhee pengen ke jepang

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.