Blogger Bicara Lingkungan : Mulai Dari Diri Sendiri

3/16/2014 09:00:00 PM

Sebetulnya merasa bosan banget ngomongin masalah lingkungan. Kenapa bosan? Karena memang banyak hal yang membuatnya begitu rumit, susah dilaksanakan, dan sulit diterapkan di Indonesia tercinta ini.

Ngomongin masalah lingkungan pasti kaitannya erat dengan penanganan sampah, konservasi hutan, penanganan satwa karena pembakaran hutan dan lain-lain. so, kayaknya bakalan jadi topik yang lumayan berat kan ?

Kebetulan banget Blogdetik bekerjasama dengan WWF Indonesia mengadakan acara yang bertajuk "Blogger Bicara Lingkungan" menghadirkan beberapa Artis yang sangat peduli dengan lingkungan yaitu Nugie, Melanie Subono, Davina, dan Anda Wardhana (Dulu pernah punya band namanya apa gitu).

Suasana Pembukaan Blogger Bicara Lingkungan 
Tampil sebagai MC adalah Karel (MC BlogDetik) dan rekannya. Karel banyak membicarakan masalah Asap yang terjadi di Riau dan sebagain Sumatera dan ingin mengetuk pintu nurani dan keprihatinan kita bersama atas masalah Asap dan pembakaran hutan liar di Sumatera.

Uniknya, Blogger dan undangan yang hadir diminta oleh MC untuk ikut peduli dan empati dengan mengenakan Masker sebagai wujud kepedulian terhadap Asap yang melanda Riau dan sekitarnya.

Nhie & Mba Mamie
Herdis

Mba Dahlia : Saya Ninja hahaha


Sebetulnya, pembagian masker ini hanya merupakan sebuah keprihatinan bersama, namun ketika sebuah keprihantinan diwujudkan dengan sebuah gerakan yang dimulai dari seorang maka akan menularkan pula ke seseorang lain, hingga akan menjadi sebuah gerakan yang membuahkan hasill yang nyata dan serta berdampak bagi orang lain. Beberapa waktu lalu, hastag #MelawanAsap sempat ramai ditwitter, saya sebetulnya tidak tahu apa itu, namun ketika MC mengungkaplan bahwa hastag itu adalah sebuah ungkapan dari penguna sosial media untuk mencurahkan keprihatinannya atas kejadian yang melanda Riau saat itu.



Sebuah Video di Tampilkan di awal topik bahasan. Sebuah simple video, namun memliki makna yang luar biasa. Kalau saya bilang, Gambar akan dapat bercerita lebih banyak daripada hanya dengan kata-kata. Yuk kita simak Video berikut ini, dan saya tak perlu panjang lebar untuk mengungkapkan isi dari Video itu sendiri. Video has own meaning lah (sok Inggris yah hahaha).




Setelah selesai dengan klip yang membuka mata kita akan pentingnya lingkungan disekitar kita, maka acara itu berlanjut dengan ngobrol bareng Davina, Nugie, Melanie Subono, dan Anda Wardhana.


Nugie, Artis peduli akan lingkungan berkat lagu-lagunya yang bernuansa kritik terhadap lingkungan, mengungkapkan bahwa hal yng terpenting yang saat ini ia lakukan adalah konsisten dengan apa yang sudah ia lakukan dari awal pada saat isu lingkungan masih anyar sampai saat ini. Nugie menjelaskan bahwa konsisten memang membutuhkan sebuah proses dan ia contohkan dengan bersepeda kemanapun lokasi yang bias ia jangkau dengan bersepeda.


Menarik, dan beberapa blogger juga menanggapi dengan positif, salah satu contohnya adalah Blogger Bandung yang konsisten menanamkan cinta lingkungan kepada anak dan keluarganya. Sementara itu, blogger perempuan pun ikut ngobrol membeberkan masalah sampah yang cukup menghantuinya, betapa seberapapun keras ia memisahkan sampah dari tempatnya, tapi akan berujung pada si pengangkut sampah yang kembali mencampuradukan sampah itu dan berujung pada TPA yang bercampur menjadi satu. sebuah malapetaka yang susah untuk dihindarkan.


Davina, lebih menyoroti kekayaan alam, dan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia cukup lengkap, Davina berujar bahwa Indonesia punya semuanya, apapun ada disini. So, apa yang ditunggu, kita harus jaga kelestariannya.


Melanie Subono, aktivis dan pengerak isu lingkungan, merujuk pada filosof yang sederhana namun mengena, apapun yang kamu lakukan, itu dimulai dari diri kita sendiri. Kitalah yang menjadikan sebuah usaha itu berhasil, dan menjadikan usaha itu sebagai contoh buat orang lain.


Lain lagi Anda Wardhana, yang mengungkapkan bahwa sekelumit permasalahan lingkungan itu menjadi sesuatu yang harus kita jaga bersama-sama. Apapun usaha untuk menjaga lingkungan itu ia apresiasi tinggi-tinggi. Bahkan beberapa lagunya kini berkaitan erat dengan isu lingkungan dan beberapa isu lain yang terkait.


So, apapun yang anda lakukan untuk negeri ini, mulailah dari diri sendiri, berikan contoh dan teladan, maka dengan sendirinya, orang lain akan menirukan yang telah kita lakukan dengan konsisten.

You Might Also Like

7 Comments

  1. Balasan
    1. hahaha makasih kakanya, ditunggu kisah perjalanan labuan bajonya hehehe

      Hapus
  2. ini di jakarta? aaak pengen banget ikutan acara blogger kayak gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dede, ini lokasinya di jakarta, kalau mau gabung di komunitas blogfam saja, biasanya ada beberapa undangan langsung via forum di FB

      Hapus
  3. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  4. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus