Visa Korea Selatan : Sensasinya Bikin Dag Dig Dug Derr

Visa Korea Selatan


Alhamdulillah, akhirnya plong juga rasanya. Seperti menunggu pengumuman lulus Ujian SMA atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi, begitulah rasanya mengurus sendiri Visa Korea Selatan ini.

Proses menunggu yang lumayan lama, sekitar dua minggu, membuat saya hampir saja putus asa. Tapi, akhirnya pada tanggal 26 Mei 2014, Visa korea selatanku di Approve. South Korea, I'm coming.

Tapi sebelum cerita lebih lanjut mengenai proses approve dan segala tetek bengeknya serta sensasinya yang bikin dag dig dug duerr itu, saya akan memberitahukan persyaratan yang dikutip dari web site kedutaan Korea Selatan.

Berikut persyaratan pengajuan Visa Korea Selatan :

Persyaratan Dokumen 

1. Foto terbaru Berwarna ukuran 3,5 X 5,5 cm (Biasanya background putih)
2. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
3. Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto) (Form Download di Link ini)
4. Kartu Keluarga dan/atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan (Akte Kelahiran)
5. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
6. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
7. Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:
a. Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
b. Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
c. Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
d. Surat keterangan dan copy kartu membership golf
e. Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
f. Surat keterangan pemegang program jamsostek
g. Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun


Suasana Ruang Tunggu Pengajuan Aplikasi Visa Korea Selatan


Dokumen Pendukung 
Dokumen pendukung sebenarnya merupakan hal yang sunnah saja, tidak wajib, tapi bisa membantu proses dalam pengajuan Visa Korea Selatan.

Dokumen pendukung yang dibutuhkan antara lain :

1. Tiket Pulang Pergi (Kota Anda (Asal Anda)  ke Korea Selatan) 

  • Tiket Pulang Pergi Korea ini sebetulnya merupakan indikasi bahwa anda benar-benar berniat ke korea selatan ini untuk berlibur dan bukan untuk mencari pekerjaan. 

2. Bukti Pemesanan Ho(s)tel 
  • Bukti pemesanan ho(s)tel ini lagi-lagi bertujuan meyakinkan bahwa anda sudah memiliki tempat tinggal selama di Korea Selatan. Saya biasanya memesan di Booking (dot) com (tidak dipunggut biasa pemesanan dan bisa di cancel jika terjadi sesuatu atau batal, jadi uang tidak hangus percuma jika Visa ditolak)
3. Itenerary di Korea Selatan 
  •  Jadwal, serta lokasi dan budget yang akan dikeluarkan selama di Korea Selatan ini adalah hal yang bisa membantu konsulat untuk menyetujui Visa anda, so jangan ragu untuk meluangkan waktu sebentar untuk membuat Itenerary yang sederhana. Misalnya tidak memiliki banyak waktu, anda dapat membuatnya secara ringkas saja.
4. Tagihan Kartu Kredit 
  • Kenapa saya mencantumkan bukti keuangan lain sebagai dokumen pendukung, karena tagihan kartu kredit bisa dijadikan sebagai penguat bukti keuangan. Namun, jika anda sudah memiliki rekening koran atau surat refernsi dari bank, maka tidak wajib mencantukan dokumen yang satu ini.

Biaya Visa Korea Selatan 

  • Single Visa (Kunjungan di bawah 90 hari ) : Rp 480.000
  • Single Visa (Kunjungan di atas 90 hari) : Rp 720.000
  • Multiple Visa ( Sampai dengan 3 tahun) : Rp 1.080.000
  • Double Visa (2 Kali kunjungan , dan berlaku 6 bulan) : Rp 840.000
  • Biaya Visa dibayar pada saat pengajuan aplikasi Visa, dan apabila ditolak tidak dikembalikan

Jadwal Pengajuan dan Pengambilan Visa

Pengajuan Aplikasi : 09.00 - 11.30
Pengambilan Visa : 13.30 - 16.30
Proses pembuatan Visa kurang lebih 5 hari kerja (Bisa lebih tergantung dari Konsulat)




Alamat Konsulat 
Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 
Telpn. 62-21-2967-2555
(Disebelah RS Medistra, untuk Busway turun di halte Tegalparang)

Untuk lebih lengkap ke Web Resmi Kedubes Korea 

Sensasinya Dag Dig Dug Dueerr

Hahaha ... ceritanya memang sangat berliku, awalnya saya berkeyakinan bahwa dengan berbekal Visa Jepang (Lihat disini untuk pengajuan Visa Jepang) saya akan dengan mudahnya diterima. Namun, setelah saya tunggu seminggu, belom juga ada kabar. Sementara tiga travelmate saya sudah mengantongi Visa Korea Selatan. 

Dengan penuh harapan saya telepon kedutaan setiap hari, dan berharap menemukan jawabannya. Namun, sampai tiga hari, saya belom mendapatkan jawaban. Mereka hanya bisa menjawab dengan kalimat, maaf belum jadi, anda bisa menanyakan kembali besok. Jawaban-jawaban itulah yang saya terima. Saya sempat ditelepon oleh kedutaan. Dan berikut percakapan saya dengan salah satu petugas.

Petugas (P) : Halo, benar dengan Salman Faris
Saya (S) : Halo iya saya sendiri
P : Maaf saya mau menanyakan untuk SPT Tahunan
S : SPT yang mana? soalnya saya sudah sertakan semuanya. maksudnya yang lembar keduanya ya.
P : Iya SPT Pribadi 
Ada jeda saya mikir, saya kan udah penuhi semua persyaratan.
S : Kan sudah saya penuhi semuanya. Memang ada yang kurang ya. 
Kemudian ada jeda lagi. Setelah itu terdengar ada suara kertas yang dibuka-buka.
P: Oh ternyata SPT dan persyaratan sudah lengkap (Kan sudah saya bilang saya udah lengkapin semua syaratnya). Okay, anda ke korea dari tanggal berapa dan berapa lama?
S : (ada sedikit perasaan lega dan ingin ketawa mendengar nada suara petugas yang gelagapan) dari tanggal 11 sampai 19 Juni. sekitar 9 hari.
P: Tujuannya untuk apa?
S : Holiday (Sok Inggris).
P: Okay ditunggu saja ya Pak Visanya. Selamat Sore.
S : Sore.
Saya sebetulnya ingin ketawa, tapi saya ngga bisa, mengingat Visa saya belum di Approve.

Setelah di PHPin lama, saya memutuskan untuk terus terang kepada Ayah. Sebetulnya mau merahasiakan backpackeran kali ini, karena Ayah memang sudah berulangkali menasehatin supaya nabung dan jangan boros jalan-jalan.

Setelah beres meminta restu orang tua (Kata temen bilang restu orang tua itu segalanya hahaha), beberapa hari kemudian saya menelpon lagi ke kedutaan, dengan suara yang pasrah dan lemah serta tak berdaya (halah) saya meminta petugas untuk mengecek Visa saya. Dan yes, akhirnya Visa Korea Selatan di terima. Thank you atas restunya ya Ayah dan Mamah.

Okay, Korea, I'm coming.
Visa Korea Selatan : Sensasinya Bikin Dag Dig Dug Derr Visa Korea Selatan : Sensasinya Bikin Dag Dig Dug Derr Reviewed by Salman Faris on 5/26/2014 08:36:00 PM Rating: 5

26 komentar:

  1. Saya pernah mengurus visa jepang & ga begitu sulit kang. Pernah ditelpon sekali krn fotokopi buku tabungan yg harus milik pribadi (waktu itu punya ketuA rombongan). Seminggu pun akhirnya jadi.

    Apa lebih sulit dr urus visa Jepang?

    Blm ada rencana ke Korea. Tapi insyaAllah bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Bang Said, sebenernya relatif sih Bang, tapi prosesnya lebih lama karena sempat di telepon karena ada dokumen yang kurang, nah pas itu saya kira setelah dokumen lengkap bisa segera di proses namun, kurang tahu juga kenapa begitu lama dari teman-teman saya yang ngajuinnya hampir bersamaan.

      Dan, akhirnya dengan proses kurang lebih hampir dua minggu, Visanya keluar

      Hapus
  2. katanya...... kalo sdh pernah punya visa amrik atau jepang, aply visa buat pergi ke negara lain atao korea jd lebih mudah.. katanya sihhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar kalau sudah punya Visa jepang , amrik dll bakalan dipermudah. tapi sekali lagi bukan jaminan mutlak. harus banyak berdoa rupanya.

      Hapus
  3. ah salman bikin ngiri aja nih, jalan2 mulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha insyaAllah tiap tahun minimal travelling ke manapun Kang, soalnya udah jadi ketagihan kali ya hehehe

      Hapus
  4. Bookmarked dulu...siapa tau ntar ke sini juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus menularkan virus-virus backpackeran ke Korea nih hehe

      Hapus
  5. Kerenn.. ditunggu postingan selanjutnya ya.. bagi donk itenirary nya..xixixi... kpn giliran awak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo kita gabungan yuk, rencananya gw mau ke vietnam sama kamboja sih, soalnya belom pernah kesana

      Hapus
  6. Kapan ya bebas visa ke Negeri Ginseng ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Bocah Petualang, untuk Visa kayaknya harus nunggu komunikasi Menlu kita ke sana, seperti yang dilakukan ke Jepang. Masalahnya animo ke Korea Selatan ini lagi tinggi2nya, jadi kayaknya mesti menunggu lama untuk bebas Visa.

      Hapus
  7. ternyata staff kedutaan yg tidak teliti memeriksa berkas ya..sehingga SPT tidak terlihat...alhamdulillah akhirnya visa-nya beres juga...ditunggu postingan-nya mengenai perjalanan ke kor-sel....
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Hariyanto, iya Mas, sebetulnya masalahnya terletak pada komunikasinya saja. Dan saya pun tak putus asa, dan Alhamdulillah bisa di approve Visanya.

      Hapus
  8. eh ternyata cumabuat jalan-jalan aja bang.... wah hasrat travelernya memang ngga bisa ditahan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @SabdaAwal , hahaha jalan2 kan nambah ilmu backpackeran juga hehehe

      Hapus
  9. Akhhh,,, mahal juga visanya.. semoga tahun depan gak naek harganya.
    ribet banget syaratnya macem2... nyesek ntr kl visanya ditolak..
    semoga nanti dipermudah juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai percobaan boleh lah pergi ke asean dulu, biar paspor ngga kosong, terus kalau saldo kurang dari 20jt, diusahain pinjam dana dulu ntra di balikin pas udah approve visanya

      Hapus
  10. keren nih, tapi sampai sekarang saya belum bisa mengikuti nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo semangat untuk bermimpi dan mewujudkannya, sering ikutan sharing di komunitas backpackeran pasti bisa kok

      Hapus
  11. asyik nih bisa jalan jalan ke korsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Andriyatna, makasih, semoga bisa jalan2 kesana juga

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.