Jajanan Khas Tegal

Salah Satu Jajanan Khas Tegal, yaitu Tahu "Aci"

Sebelum masuk ke kuliner, saya akan cerita mengapa saya harus sering (balak-balik) ke Tegal? Jawabnya simple, setelah Mamah harus dirujuk di Rumah Sakit Islam Harapan Anda Tegal. Saya akhirnya tinggal sementara di Tegal. Karena setiap hari, bahkan saya harus menginap untuk menemani Mamah yang masih menempati ruang ICU kala itu, karena itulah saya  menikmati dan mencoba berbagai macam jajanan atau kuliner Khas Tegal.

Secara geografis, Tegal termasuk wilayah Jawa Tengah. Tegal sendiri memiliki dua adminstratif yaitu Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Namun, untuk masalah kuliner, Tegal adalah satu kesatuan, karena memiliki "taste" atau rasa yang sama antara kedua daerah yang hanya terpisah oleh administratifnya saja.

Dahulu, pada masa sekolah di Pemalang, saya mendengar bahwa Tegal merupakan kota terbesar setelah Semarang untuk pertumbuhan pembangunan dan teknologinya. Tak salah apabila Rumah Sakit International berbondong-bondong untuk membuka cabangnya disini.


Mulai dari Tahu "Aci" sampai ke Jajanan Pasar 

Taste atau rasa yang ditawaran dari Jajanan Khas Tegal ini selaras dengan taste jajanan di Pemalang. secara geografis tentunya anda sudah tahu Tegal dan pemalang itu bersebelahan. Bahkan secara Bahasa, kami memiliki bahasa yang sama, yaitu Jawa Ngapak. 

Tegal sangat khas dengan Tahu "Aci"nya. Bahkan karena sangat terkenalnya, warga Pemalang membuatnay dengan versi yang serupa tapi tak sama, alih-alih menyebutnya dengan Tahu "Aci", tahu khas pemalang malah terlihat sepeti Aci "Tahu" karena posri acinya yang lebih banyak di bandingkan dengan Tahunya.


Selain itu, Jajanan pasar sangat mendominasi kuliner Tegal. Saya ingat betul, kebisaan pada waktu kecil yang suka sekali jajanan pasar yang sudah dari dulu. Saya harus bangun pagi untuk merasakan khasan dari jajanan pasar. Ada macam-macam jajanan mulai dari bubur candil (Orang Jakarta menyebutnya dengan biji salak), lupis (seperti lontong, namun terbuat dari beras ketan dan ditabur atau di balur dengan parutan kelapa), getuk (makanan khas Magelang), dan masih banyak jajanan pasar yang terdapat di daerah Pemalang.

Sama dengan Pemalang, pada saat saya beberapa hari di Tegal pun menjumpai beberapa jajanan pasar yang sangat familiar. Sepertinya, saya mendapati rasa atau taste yang sama dengan di daerah saya. Feel like home kalau orang bule bilang. 


Serabi Solo tapi di Tegal


Saya sempat membacanya berulang-ulang. Ini Serabi Solo, namun ada di Tegal. Mungkin saja Serabi ini merupakan cabang dari Solo sana. 

Kejutan kedua muncul ketika saya membuka bungkus kertasnya. Saya melihat sesuatu yang berbentuk seperti risoles, namun ini adalah Serabi.

Serabi tapi digulung 
Rasa penasaran itu juga tumbuh lagi. Saya mencoba membuka bungkus daun pisang. Dan, kemudian mendapati Serabi dengan bentuk mirip pan cake namun digulung. 


Saya makan dengan pelan-pelan. Dan, oh my God, rasanya sungguh luar biasa enaknya. Norak ya, namun saya jujur loh. Baru kali ini saya menikmati jajanan seperti serabi ini, namun sangat enak. Rasanya bermacam-macam ada keju, susu, cokelat, dan rasa lainnya. Kapan-kapan saya harus merasakan Serabi khas Solo yang aslinya.

Soto "Tauto" atau "Tauco"

Dan, lagi-lagi kuliner khas Tegal ini memeiliki kesamaan rasa dengan Soto khas Pemalang (Selain Soto Gerombyang). Soto Tauco ini memang sangat khas dengan tambahan tauco yang menjadikan rasa soto ini lebih gurih dan sedap. Bahan-bahan lainnya yang ada di dalam Soto memiliki kesamaan dengan Soto-soto dari daerah lain.

Sumber Gambar : http://www.tripadvisor.co.id/Tourism-g790289-Tegal_Central_Java_Java-Vacations.html 
Kuah soto pada dasarnya merupakan kuah bening, tidak seperti Soto Betawi yang mencampurkannya dengan santan, nah untuk Soto Tauco ini menambahkan tauco sebagai penambah rasanya. Sekitar daerah Pemalang, Tegal dan Pekalongan atau mungkin beberapa daerah di Jawa Tengah memiliki ciri khas soto yang hampir serupa.

Daging "babat" atau jeroan yang khas juga menambah cita rasa soto ini. Satu hal lagi yang menambah kekhasan soto ini adalah penyajian yang mengunakan mangkuk yang kecil dan menjulang, berbeda dengan mangkuk yang biasa digunakan untuk bakso ataupun soto di daerah lain.


Jajanan Khas Tegal Jajanan Khas Tegal Reviewed by Salman Faris on 2/11/2015 12:00:00 PM Rating: 5

52 komentar:

  1. Pertama-tama, semoga mamanya lekas sembuh ya Mas. Amin.
    Yang kedua, itu Tautonya asli bikin ngiler hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mba Evi, Amin2 makasih banyek doanya Mba,

      dan yang kedua memang tautonya emang asli bikin seger dan ngiler hahaha

      Hapus
  2. Iya bener banget itu mas, saya juga baru tahu kalo jajanan tahu aci dan serabi itu merupakan jajanan khas Tegal, pantesan kalo saya pulang kampung ke Tegal disetiap sudut jalan raya terus ketika nyampe diterminal Tegal, begitu banyak yang menjajakan tahu aci tersebut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Marnes Kliker, bener banget ya, yang paling gress itu kagetnya ya serabi gulung khas Solo yang udah jadi makanan khas di Tegal juga hehehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. @Arie Goiq, Alhamdulillah udah keluar dari ruang icu, sekarang rawat inap.

      Hapus
  4. Doh itu serabi membuat kangen pada Solo semakin membuncah....persis banget tuh serabi notosuman. Slurpppp....btw, semoga mamahnya Salman cepat sembuh yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ira, iya Serabi notosuman ya, emang enak banget ini.

      Amin2 makasih doanya Ira

      Hapus
  5. TAHU ACI!
    ya ampun saya suka banget itu tahu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Linda Leenk, gue juga loh, bikin ketagihan banget ya :D

      Hapus
  6. Semoga kembali sehat sang Bunda, untuk kuliner yang paling say sukai yang paling bawah soto.

    BalasHapus
  7. @Friska, Makasih doanya ya, amin2, soto tauco menang enak banget

    BalasHapus
  8. Kalo kita makan makanan khas tegal, kira2 lidah kita bisa belibet ngomong "Ngapak2 kepriben kiyek" ngak yaaa??? #Digaplok #kabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bang Cumi Lebay, hahaha bisa aja loh bang kalau mau ngapak2 kekeke

      Hapus
  9. serabinya bangggggg,, akuuuu mauuuuu lahhhhhh... yang cokelat.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Sabda Awal, enak banget ya Serabi ini hahaha, ayooo ntar gw kirim hahaha

      Hapus
  10. semoga lekas sembuh mamanya kak salman...

    parah nih, majang2 makanan di sembarang tempat. terus aku harus gigitin layar netbuk gitu? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Happy, Amin2 makasih doanya,

      Hahahaha isi blog diluar pertanggung jawaban penulis yak *kabuuurrrr*

      Hapus
  11. hayo yang ini siapa yang komen?

    BalasHapus
  12. Huuu... enak-enak.. Apalagi serabi solo. favoritku banget itu :D
    Tahu aci itu mirip-mirip tahu bakso ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hilda Ika, pastinya donk hohoho, tahu bakso iya mirip, tapi ini digoreng, rasanya enak bingits

      Hapus
  13. Tahu aci itu sama kaya tahu pletok (http://bit.ly/1yBfdVZ) yah? Kalo gak salah dari Tegal juga deh. Dimakannya pake petis dan cabe rawit, endes...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Beby, hampir mirip. kalau tahu pletok itu agak mengembang dan garing, sedangkan tahu aci ini masih lembek tahunya ngga segaring tahu pletok

      Hapus
  14. Tegal, waktu kuliah di Purwokerto, aku suka diceritain sama teman cara membuat dan memasarkannya*** tapi yang menyita perhatianku...serabi solo tapi di tegal, serabi tapi digulung..hehe, itu enak banget, kemarin baru makan atu doang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Astin, memang bener2 enak loh serabinya, bener2 bikin ketagihan :D

      Hapus
  15. Pernah makan Soto Tauto beberapa kali di Pekalongan, dan ndak doyan :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Una, padahal seger loh Una, hehehe mungkin pas pertama kali, ntar kedua ketiga bisa lah doyan hehehe *maksa*

      Hapus
  16. Ngileeerrr liat surabinyaaaa. Aaaaak pengin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Yoga Akbar Sholihin, Hahaha gue juga ngiler loh, serabinya ini bikin ketagihan :D

      Hapus
  17. Mama udah sembuh, kak Salman?

    Itu kapan kita pulang terus bisa jajan bareng gti makanan kayak di atas ekekekeke

    BalasHapus
  18. @Anaz, Alhamdulillah sudah mendingan tapi harus rutin cuci darah, hayooo2 kpn2 kita kesana

    BalasHapus
  19. baru tau kalau aci tahu ini jajanan khas tegal,,baru liat juga serabi di gulung hehehe
    terimakasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Defa Ramadhani, Hahaha sama2 Defa, wajib cobain deh yang namanya serabi gulung, enak banget ini :D

      Hapus
  20. Aku belom pernah makan tahu aci.. Kemaren Ibunya Febri ngasih peyek khas Tegal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Beby, wahhhh peyek ya, aduh itu juga enak banget makanannya, jadi pengen makan peyek :D

      Hapus
  21. Dulu aku KKN nya di Pemalang, seminggu sekali ke tegal, beli tahu aci sama manggis. Kalo pulang ke posko bawa tentengan tahu aci, pasti dicengin "cieee dari peradaban.." hahahaha secara pemalangku dulu ndesa bangeeet :))

    Semoga Mamanya cepat pulih ya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Pungky Prayitno, wah ternyata KKN di Pemalang ya, kotaku masih kecil banget dan memang ngga ada Mall yang megahnya, dan rata2 yang laku disana masih Jajanan dan Makanan :D

      Hapus
  22. Aku suka makanan yang ada aci-acinya, mengenyangkan dan guriiihhh....hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Eka Fikriyah, wahahaha gue juga suka banget yang namanya aci2an hahaha, tapi harus dikurangi kayaknya *lihat perut sendiri*

      Hapus
  23. Kalo ke Tegal, aku paling suka beli tahu aci. Nyam nyam sih, hehee

    Btw, semoga Mamanya sudah sehat sekarang ya, Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hidayah Sulistiyowati, amin2 makasih ya, iya tegal kulinernya emang enak2 hehe

      Hapus
  24. Yang serabi gulung itu enak banget keliatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ridha Harwan, iya banget Mas enaknya hehehe

      Hapus
  25. serabinya seperti pepes saja digulung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Resep Masakan, wahaha namanya juga serabi gulung hahaha

      Hapus
  26. aku mau tahu dan serabi nyaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Elsa, hehehe ayo mampir ke Tegal Elsa :D

      Hapus
  27. ane suka sama teh poci tegal, kalau jajanan diatas sih belum pernah cobak semua hahaa tapi paling unik itu bahasa orang tegal, ane kalau ngobrol sama orang tegal, bawaannya pengen ketawa :D

    BalasHapus
  28. ane suka sama teh poci tegal, kalau jajanan diatas sih belum pernah cobak semua hahaa tapi paling unik itu bahasa orang tegal, ane kalau ngobrol sama orang tegal, bawaannya pengen ketawa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Aidil, ojo ngomong kayak kuwelah bahase enyong kan pede kare wong tegl hahah roaming kan

      Hapus
  29. waduh, kayaknya enak banget tuh :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.