Yogyakarta (II) : Goa Pindul

3/29/2015 10:27:00 PM


Rasa Goa Pindul ini sangat familiar ditelinga saya. Saya mencoba mengingat-ingat lagi. Dan, ternyata setelah saya ingat-ingat, saya pernah melihat sebuah tayangan di youtube mengenai Goa Pindul ini. Jalan-jalan Men, yang telah mengantarkan saya ke Goa Pindul ini.

Goa Pindul ini terletak di Gunung Kidul, sebuah daerah yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta. Jarak tempuh sekitar satu  sampai satu setengah jam ini memang membutuhkan sebuah transportasi yang 'safety'. Sekedar informasi, waktu tempuh dan jarak yang lumayan jauh patut disiasati dengan mengunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. Untuk transportasi umum, sangat jarang yang langsung sampai ke lokasi.

Tips Sewa Kendaraan

Di Yogyakarta, banyak pilihan untuk menyewa kendaraan sebagai pilihan menuju goa pindul. Berikut beberapa tips memilih sewa kendaraan di Yogyakarta :

Informasi Hotel
Biasanya jika kita menginap di salah satu hotel, di resepsionis biasanya terdapaat beberapa brosur mengenai informasi travel atau sewa kendaraan. Apabila belum cukup informasi pada brosur, coba tanyakan kepada resepsionis mengenai travel atau sewa kendaraan tersebut. Jangan lupa tanyakan apakah ada harga khusus atau diskon.

Tanya ke Teman
Teman yang berada di Yogyakarta juga sangat berperan penting. Yup, selain bisa dijadikan sebagai guide, anda bisa manfaatkan untuk bertanya sewa kendaraan yang memiliki rate bagus dengan kualitas bagus juga.

Bandingkan Harga
Apabila anda telah cukup memiliki informasi mengenai beberapa penyewaan kendaraan, maka anda bisa membandingkan rate harga per masing-masing penyewaan kendaraan. Jangan lupa perhatikan berapa jam sewa, harga sewa sudah termasuk dengan bahan bakar dan supir atau tidak, dan kapasitas kendaraan tersebut.

Kredibilitas Rental
Selain harga yang bersaing, jangan lupa untuk memperhatikan kredibilitas penyewaan kendaraan tersebut. Apabila memiliki nama baik, anda bisa memesan dengan tenang dan aman.

Tetapkan harga deal dan minta Kontak Driver
Setelah deal dan melakukan pemesanan dengan harga yang telah disepakati, jangan lupa untuk mencatat baik-baik nomor kontak driver yang bertugas.

Nah, itu dia beberapa tips apabila anda memilih untuk menyewa sebuah kendaraan.


Perjalanan Menuju Goa Pindul

Sumber : http://goapindul.com/lokasi-dan-peta-cave-tubing-goa-pindul/
Waktu tempuh yang lumayan jauh yaitu sekitar  satu sampai satu setengah jam. Goa pindul sendiri terletak di Desa Bejiharjo, Gunung kidul. Apabila anda menyewa kendaraan, maka perlu dipersiapkan seperti cemilan, dan minuman ringan sebagai teman selama perjalanan.

Ada beberapa hal yang patut anda coba sehingga perjalanan ke Goa Pindul pun menjadi menyenangkan :

Play Music and Sing Together
Nah, ini jurus jitu banget untuk mengusir jenuh selama perjalanan. Seperti Video berikut ini :


Selfie dengan Teman
Jelas sekali selfie merupakan sesuatu yang wajib selama perjalanan sehingga suasana yang jenuh berubah menjadi menyenangkan.

Tidur
Apabila kondisi anda kurang begitu fit, maka disarankan untuk tidur dan menikmati perjalanan dengan mimpi yang indah, siapa tahu di mimpi kita bisa ketemu bidadari yang mirip cinderella hahaha.

Makan dan Minum
Uhuuy, ini malah akan membuat lemak-lemak yang ada bertambah banyak, tapi kalau belum makan atau sarapan sebaiknya memang makan dulu, agar tidak mabuk selama perjalanan.

Wirawisata Goa Pindul



Goa Pindul termasuk wisata yang dikelola oleh karang taruna atau penduduk sekitar dengan membentuk beberapa agen wisata (tempat outbound). Menurut Mas “X”, mungkin ada lebih dari 10 tempat “outbound” yang dikelola. Meskipun telah memiliki lebih dari 10 tempat outboud, mereka sering kewalahan menampung wisatawan lokal maupun asing yang datang setiap harinya. Apabila musim ramai, tempat-tempat outbound tersebut sempat menyatakan ada pembatasan setiap harinya, karena memang kapasitas goa pindul sendiri yang memiliki kapasitas yang tidak terlalu banyak dan tergantung dari aliran sungai yang fluktuatif apalagi kalau saat musim kering.



Wisata Goa pindul terdapat tiga jenis wahana , yaitu Goa Pindul, Sungai Oya, dan Goa Sioyot. Anda akan disajikan dengan Goa aktif yang dialiri oleh sungai, dan satu-satunya di  ASEAN. Kemudian, anda bisa menyusuri sungai Oya dan bisa merasakan terjun bebas ke sungai dari tebing dengan ketinggian sekitar 5-10 Meter. Dan terakhir, Goa Sioyot merupakan goa yang dipenuhi stalagtit dan stalagmid dan hanya bisa dilalui dengan merunduk karena ketinggian goa hanya setinggi dada orang dewasa. Selain stalagtit dan stalagmid, pada beberapa bagian Sioyot ini dialiri oleh air yang mengalir seperti Goa pindul, namun hanya air yang tak terlalu deras. Selain itu, yang menjadikan Sioyot istimewa adalah anda dapat melihat batu-batuan dalam bumi yang menarik dan masih alami.

Tiket Masuk Wisata

Goa Pindul
Domestik : Rp 40.000
Non Domestik : Rp 60.000

Sungai Oya
Domestik : Rp 50.000
Non Domestik : Rp 70.0000

Goa Sioyot
Domestik : Rp 50.000
Non Domestik : Rp 70.0000













Keajaiban Goa Pindul

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Pindul_Cave,_Indonesia.JPG

Salah satu keajaiban yang patut kita nikmati adalah Goa aktif yang dialiri oleh sungai. Dan, merupakan satu-satunya di ASEAN. Jadi, kita harus bangga dengan keajaiban yang dimiliki oleh  Indonesia ini. Kita harus bangga dengan obyek wisata yang satu ini. Anda bangga kan? Iyaaaaaaa.

Sebelum “nyemplung” ke sungai, anda diwajibkan untuk memakai pelampung untuk keselamatan, serta memilih Ban besar yang digunakan untuk menyusuri Goa Pindul.

Goa Pindul berisikan tiga zona, zona terang, zona remang dan  zona gelap. Namun, menurut cerita legenda yang ada, dahulu kala Joko Singlulung mencari Ayahnya hingga ke sebuah Goa. Sehingga pada saat menyusuri Goa-goa yang ada, Joko ini menabrak sebuah bebatuan besar di bagian pipi, sehingga Goa ini dinamakan Goa Pindul yang berasal dari kata Pipi Gebendul "Pindul" atau dalam Bahasa Indonesia berarti pipi yang terbentur.

Seperti layaknya nyemplung di air, menyusuri Goa Pindul dengan sebuah ban besar dan pelampung itu memiliki sensasi tersendiri. Waktu pertama kali rafting pada tahun 2013, saat outing kantor, saya menikmati sekali, karena kesan pertama kali itulah, saya menikmati setiap momen saat berada di Goa Pindul. Ya basah-basahan nya, ya nuansanya yang mistis, ya keramaian orang-orangnya, dan yang paling penting adalah kita saling gandengan, eh, hahaha.

Susuri Sungai Oya



Beda saat rafting dengan permainan di Sungai Oya ini adalah, saya menaiki sebuah Ban, dan melawan arus sungai yang lumayan deras. Saya bersama beberapa teman berpegangan erat sekali, takut terbawa arus, apalagi kalau ada arus yang lain, kasih tahu ngga ya. Hehehe.

Setelah menyusuri sungai, di pertengahan Sungai Oya, terdapat wahana untuk menguji nyali, yaitu lompat dari tebing sungai yang tingginya sekitar 5-10 meter. Saya menyatakan berani. Awalnya sih ragu-ragu, tapi saat meloncat dan kemudian mendarat diair, perasaan takut pun berubah menjadi perasaan lega.

Setela berhasil lompat, saya pun berenang ketepian, setelah menepi, dan pada saat menuju ke arah teman-teman saya disisi yang bersebelahan, saya merasakan sesuatu yang berat menahan badan saya. Ternyata saya berenang melawan arus. Saya mencoba sekuat tenaga untuk melawan arus tersebut. Akhirnya dengan keadaan yang lemah, saya berhasil menepi disisi yang berbeda. Sungguh perjuangan yang sangat berat, seberat badanku, eh.

Setelah basah-basahan, saya pun menghangatkan badan dengan menyantap mie ayam kuah yang panas. Semoga kuah mie ayam ini dapat mengusir masuk angin yang hinggapi badan ku yang telah terisi oleh lemak-lemak.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Pindul

Baca Juga 
Edisi Yogyakarta
Berburu Senja Ratu Boko Berburu Senja Ratu Boko
Raminten, Prambanan & Ratu Boko Raminten, Prambanan & Ratu Boko

Edisi Korea Selatan 
7 Tempat Wisata Menarik di Seoul 7 Tempat Wisata Menarik di Seoul

You Might Also Like

47 Comments

  1. sudah hampir 4 tahun ini ane tinggal di jogja, tapi belum pernah main ke situ hahaha :D

    goa pindul emang keren ya gan, kapan-kapan boleh lah ane jalan jalan kesitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Aidil, wah sayang banget belom pernah kesana hehehe, harus ya Gan kesana

      Hapus
    2. Hahaaa, aku belom pernah ke goa pinduul! Katanya hari libur rame banget ya? Nunggu ada waktu weekday baru ke goa pindul :D

      Hapus
    3. iya gan kapan kapan ane pengen kesana, pengen merasakan berenang di sungai bawah tanah :D

      Hapus
  2. tahun kemarin kantor mengadakan wisata kesini tapi aku nggak ikut, emane rek padahal seru ya disitu... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mba Dwi, wah sayang banget padahal asyik banget loh di Goa Pindulnya, sensasinya itu loh luar binasa.

      Hapus
  3. cave tubing ya itu.... seru kayaknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Arman, seru banget cave tubingnya, nyesel kalau belom nyoba hehehe

      Hapus
  4. pernah dengar cuman belum pernah kesana, kalau rame-rame kesana pasti seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anak Nelayan, hehehe ayo nyobain kesana, dan harus ke Goa Pindul hehehe

      Hapus
  5. Ini bisa menjadi tips untuk aku kalau ada rencana untuk traveling nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Wida Zee, wah wah makasih loh udah ngikutin tips sayah hehehe

      Hapus
  6. wah asyik juga ya bisa rafting pakai ban :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ninik Setyarini, wohoho asyik banget Mba Ninik, harus nyobain hehehe

      Hapus
  7. Kayaknya seru tuh, jalan-jalan ke goa ada tempat outbound nya juga. Kalo disni cuma goa aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Astari Nidia, yup banyak fasilitas yang melengkapi goa ini, dan sudah terstruktur banget penyelenggara/pengelola Goa Pindulnya

      Hapus
  8. Perasaan 5tahun di jogja malah belum pernah main kesini -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Linda Leenk, wah sayang banget loh, saya aja yang dari luar kota juga pengn banget ke Goa Pindul ini hehehe, yang orang Jogja harus mampir donk hehehe

      Hapus
  9. Aku blm perna ke gua pindul #AkuGagal
    Btw tapi aku mau nya ke gua satu lagi yg turun pake tali vertikal #LupaNamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @CumiLebay, Bang Cum, anda gagal hehehe, Goa Oya yak, apa goa yang lainnya kekeke, kurang paham selain yang di Goa Pindul

      Hapus
  10. Bila sudah ke Jogja, harus ke Goa Pindul daah...
    lengkap Mas liputannya
    seneng mbacanya
    foto2nya itu lho, bagus2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Akhmad Muhaimin, makasih banyak loh, doain ya semangat nulis artikel Yogyakarta lainnya hehehe

      Hapus
  11. Kalau ke sana mesti siang-siang yah. Kalau malam lah serem kali yah. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ridha, bisa aja kali Mas kalau pakai lampu senter yang gede hahaha

      Hapus
  12. Goa pindul betul - betul keren. pengen banget bisa traveling ke goa. secara belum pernah hehehe cuma baru liat di film jejak petualang aja. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Widya Herma, hahaha Goa ini luar biasa loh, belum ada kan Goa yang dialiri oleh sungai

      Hapus
  13. Mantappp nih... Belum kesampaian ke Goa Pindul sampai sekarang padahal nggak jauh dari Solo.
    Alasan pertama sih takut sampai di sana rame kaya antri sembako gratis hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Jejal Bocah Ilang aka Halim, ayoo Halim ke Yogya dan selami Goa Pindul ini hehehe

      Hapus
  14. boleh di save ya mas itu petanya buat yang mau kesana.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hendri, sialhkan Hendri petanya cukup membantu sekali hehehe

      Hapus
    2. hehehe, tapi saya suka bingung mana utara, selatan, timur dan barat kalo lagi di kota luar..

      Hapus
    3. @Hendri, hahaha bawa kompas aja biar jelas mana arahnya kekeke, kapan kesana?

      Hapus
  15. Aih Mak, daku blm pernah masuk Goa, trus sekalian out bond....Tapi, kudu ke Yogya dulu nih, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Eka, hahaha hraus wajib kudu mesti kesana :D

      Hapus
  16. Balasan
    1. @Mba Lind Niceegreen, hehehe ayoo Mba ketemuan :D

      Hapus
  17. haduuuuh seru banget lihat videonya mas apalagi kalau maen kesana iya bakal lebih seur kayanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ipah, wahaha pastinya seru banget loh hehehe main2 air sambil ngelihat keindahan alam, so refresh :D

      Hapus
  18. keren... Lagi ngehits juga ya gua pindul ini :), ada teman yang sudah kesana diceritain serunya hehehhe, semoga bisa jalan-jalan kesana suatu saat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nophi, hehehe iya ngehits banget Goa pindul nih, amin2, semoga bisa jalan2 ke Goa Pindul yak hehehe

      Hapus
  19. Liat guanya kok jadi merinding.. Rada serem gitu, Bang.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Beby, hehehe ngga begitu serem kok cuman gelap aja hehehe

      Hapus
  20. Dah nyobain cave tubing Kali Suci bro, lebih menantang dari Gua Pindul.

    BalasHapus
  21. Jenis wisata Adventure, jadi pengen nyoba sepertinya mengasikan kalau kesana sama teman-teman

    BalasHapus
  22. wah bagus mas goanya, seumur hidup saya belum pernah masuk ke goa

    bisa jadi salah satu destinasi wisata anak2 kantor nih

    BalasHapus
  23. Keren ya? semoga kelak bisa maen kesana...

    BalasHapus