Batik "Matching"

7/22/2015 02:59:00 PM


Batik menjadi salah satu pilihan menarik dalam berpakaian. Kesan yang formal dan kaku seolah-olah kian luntur setelah batik dijadikan pakaian keseharian yang digunakan dalam berbagai acara baik kondangan, kerja, sekolah, bermain, liburan dan lainnya. Batik menjelma menjadi bunglon yang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan suasana. Kini Batik merubah taglinenya dari “Formal” menjadi “Resmi bisa santai bisa”. 

Salah satu tonggak besar sejarah perbatikan Indonesia adalah ketika presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Euforia memakai batik pun kian menjadi, bahkan institusi pemerintah turut mendukung hari tersebut dengan mewajibkan pemakaian batik pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Kian hari, animo masyarakat untuk memakai batik kian menjadi, sehingga setiap jumat kini terlihat beberapa orang yang lalu lalang mengenakan busana yang kian modis dan menawan coraknya.

Tak heran bila pasar kain dan pasar batik di berbagai daerah kini banjir dengan batik dalam bentuk kain dan pakaian jadi. Di Pekalongan misalnya, kota yang dikenal sebagai pusat batik di Jawa Tengah, selain kota Solo, juga memiliki beberapa daerah sentra batik, salah satunya kampung kauman di sekitar jalan Hayam Wuruk. Imbas dari merebaknya batik, dibeberapa daerah kini dibangun pusat grosir, salah satu yang terkenal adalah Pusat Grosir Cililitan di Jakarta.

Batik “Matching”

Memilih batik bagi saya itu seperti memilih calon istri, harus yang pas dan sesuai, kalau kurang pas dan nyaman, bisa-bisa akan berakhir di tumpuk saja di lemari. Bahkan akan berujung dengan memberikannya pada saudara atau keluarga. Dalam memilihnya usahakan tepat warnanya, ukuran, bahan dan disesuaikan dengan bawahan seperti celana bahan ataupun jeans. Bisa disingkat dengan WUBB.


Warna

Warna batik untuk cowok memang terbatas, namun tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa warna yang tidak sering di pakai seperti biru, ungu atau bahkan merah muda. Kalau saya biasanya memilih berdasarkan suasana atau situasi dalam memakainya. Kalau dipakai untuk kerja dan formal, memilih warna gelap seperti cokelat, biru tua dan hijau tua sangat disarankan. Namun, apabila dalam suasana santai warna cerah biru laut dan ungu bisa menjadi pilihan saya.

Ukuran

Ukuran atau size batik jadi bahan pertimbangan juga dalam memilihnya, karena tidak mungkin size anda XL lalu memakai M atau S. Nah, untuk tips dari saya, usahakan memilih satu size diatas dari ukuran yang semestinya, hal ini berguna apabila mengalami kegemukan, namun apabila dalam keadaan gemuk dan ingin berusaha kurus, maka satu size dibawah ukuran yang seharusnya sangat disarankan. Semangat yang diet seperti saya ya kaka.

Bahan

Usahakan memilih bahan yang “adem” dan agak tebal karena pada musim panas seperti sekarang, batik akan menjadi pilihan pakaian untuk jalan-jalan maupun pada kesempatan lain seperi reuni teman SMA dan kuliah ataupun halal bi halal yang tengah akan marak digelar.

Bawahan

Nah memilih bawahan itu sama dengan memilih pekerjaan, apabila pekerjaan itu cocok maka menjalaninya pun dengan senang hati tanpa mengeluh, namun apabila tak sesuai dengan yang diharapkan, maka dengan berat hati dijalani. So, dalam memilihnya pun harus berhati-hati. Bawahan yang biasa digunakan bisa celana bahan, jeans dan celana pendek.

Pada suasana formal, celana bahan menjadi pilihan yang pas dan cocok. Pada kesempatan santai, jeans merupakan pasangan sehati batik. Bisa dibilang inilah yang paling “match” untuk bawahan batik pada kesempatan ini.

Untuk celana pendek, pada saat liburan, cobalah bereksperimen dengan memakai batik dengan bahan “adem” dan menyerap keringat dan mengunakan bawahan celana pendek. Pasti akan terlihat sangat “kece” dengan padu padan seperti itu.

Lalu dimanakah tempat belanja bawahan itu?

Jawabannya bisa bervariasi, bisa di pasar, mall atau belanja online. Untuk kondisi yang sedang balik dari kampung halaman yang mengalami kemacetan berbelanja online pun jadi pilihan yang menarik, sama dengan pekerja kantoran yang tengah di kejar deadline berbelanja online pun sangat oke.

 Zalora Fashion Fever Week

Nah mumpung masih bulan Juli yang penuh berkah ini, Zalora mengelar Zalora Fashion Fever Week pada tanggal 22-31Juli 2015. Beberapa brand yang ikut meramaikan Pesta Diskon di Zalora antara lain beberapa brand jeans seperti Levis dan Lois, ada juga Point One, Dr Kevin dan brand lain masih banyak lagi. Untuk pilihan batik, memang masih sedikit di Zalora, namun atasan lain seperti kemeja formal juga bisa dijadikan pilihan belanja yang pas. Info lebih lanjut mengenai Zalora Fashion Fever Week bisa dilihat disini.

Kemudahan seperti pengiriman dengan free ongkos kirim, pengantaran sampai tujuan dengan jaminan sampai saat hari yang ditentukan dan sistem pembayaran online maupun cash pun bisa didapatkan melalui zalora.

Nah, belanja mudah dan tidak merepotkan ini, selain menghemat waktu juga menghemat bahan bakar karena tidak keluar rumah, dan cukup menunggu beberapa hari pengiriman. So, kapan kamu mau beliin saya celana jeans itu di Zalora. :D

You Might Also Like

40 Comments

  1. batik memang keyeeen...dan makin banyak pilihan corak dan warna sekarang. Jadi tambah suka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, Kak! Yuk, ikutan ekspedisi jelajah Kalimantan GRATIS dengan ikutan lomba blog "Terios7Wonders, Borneo Wild Adventure" di http://bit.ly/terios7wonders2015

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Hapus
  2. batiknya keren. batik memang selalu keren.

    BalasHapus
  3. Wuih... ukuran batik matchingnya keren bro.

    BalasHapus
  4. batiknya cake[p2 semua ya... jdi pengen satu :)

    BalasHapus
  5. batiknya keren.. pas banget nih untuk koleksi kondangan dan santai., :)

    BalasHapus
  6. lucu-lucu banget batiknya mas :)

    BalasHapus
  7. Bener banget, biasanya cowok tuh suka asal kalo pakai batik, yang penting batik. Padahal kalo warna dan motifnya gak pas, kan bisa keliatan tuaaaa hihihihi :D

    BalasHapus
  8. Batik emang karya indonesia yang perlu dilestarikan. dan widya juga suka sama baju batik. Motif dan coraknya ngehits banget :D

    BalasHapus
  9. Sekarang tidak perlu gengsi lagi untuk memakai kain batin yang khas indonesia karena sudah banyak motif-motif kain batik yang modern agar tampil stylish.

    BalasHapus
  10. Batik memang menarik, batik memang bikin orang melirik

    BalasHapus
  11. "Memilih batik bagi saya itu seperti memilih calon istri...."

    Milih batik udah, habis ini..... :D

    BalasHapus
  12. Kemarin pas lebaran pun aku pakai batik heeee

    BalasHapus
  13. Saya sih sering pake batik kalau ke acara formal :D daripada pake jas, lebih seneng pake batik :)

    BalasHapus
  14. Trus kamu sudah ketemu calon istri nya blm ???? atau mau beli juga di ZALORA ???

    BalasHapus
  15. udah pernah berkunjung ke museum batik pekalongan sebelumnya. Banyak bgt ternyata pilihan corak2nya hampir dr seluruh nusantara ya. Batik mah sudah bisa dipake kapan saja.

    BalasHapus
  16. Percaya nggak percaya aku cuma punya baju batik 3 biji. Hiks. Soalnya males belanja -_-

    BalasHapus
  17. memakai bahan dari batik penampilan jadi kece :B

    BalasHapus
  18. Saya juga suka banget sama batik, tapi nyari baju batik yang pas sesuai selera dan bahannya juga yang nyaman agak susah sih.Tapi motif batik di Indonesia the best

    BalasHapus
  19. Batik memang menjadi salah satu pilihan menarik dalam berpakaian ya

    BalasHapus
  20. saya kalo beli batik diusahakan agak yang berbeda biar gak ada kembarannya coz pernah ada beli batik ternyata kembar sama orang lain

    BalasHapus
  21. Batik yg pertama coraknya berkelas bgt hihi

    BalasHapus
  22. Batik khas Indonesia.. Mantabs.. Nelson Mandela juga pernah pake batik kalo gak salah.. hehehehehehehehehehehehe :)

    BalasHapus
  23. apapun bentuknya, seperti apaun jenis.. batik memang top..

    BalasHapus
  24. wah mantep, review zaloranya nyambung ke batik, benar2 matching :)

    saya juga demen batik, fleksibel bisa dipake disegala suasana

    BalasHapus
  25. Batik yang di gambar pertama gambarnya bagus banget :D

    VONNYDU

    BalasHapus
  26. Yak betul. Baju batik mau dipake buat kemanapun tetep selalu cocok ^^ toplah

    BalasHapus
  27. hihihihi bisa ya beli istri di zalora, dasar mascuuum....suka deh liat cowok pakai batik, gagah gitu kesannya....

    BalasHapus
  28. suami saya selalu lebih memilih pakai batik daripada jas kalau ke acara formal. Gerah kalau pake jas katanya

    BalasHapus
  29. iya sih. kalo beli batiknya cocok bakal dipake terus. karena biasanya cewe punya selera sendiri.

    BalasHapus
  30. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  31. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  32. Wihhh keren batiknya. Saya juga seneng ngoleksi batik

    BalasHapus