Dicari Orang Kreatif Di Indonesia

9/27/2016 11:30:00 PM


Setelah pulang dari traveling ke beberapa daerah di Indonesia, ada beberapa pertanyaan timbul di benak saya. Bagaimana sebuah toko oleh-oleh selalu mendapatkan pelanggan di tengah persaingan sengit diantara toko-toko lain? Haruskah toko oleh-oleh ini melakukan sesuatu yang berbeda agar dapat survive dan dilirik oleh pembeli? Tentu saja beberapa pertanyaan ini memang bukan tanpa sebab melainkan sangat berhubungan dengan topik dan akan terjawab pada bagian akhir nanti.Sebetulnya pertanyaan yang saya ajukan sudah terjawab secara otomatis, namun saya akan ajak berkelana terlebih dahulu agar jawabnya menjadi bervariasi dan kreatif. 

Charles Mingus, seorang pencipta lagu, pemain bass dan bandleader, pernah mengatakan "Creativity is more than just being different. Anybody can plan weird; that's easy. What's hard is to be as simple as Bach. Making the simple, awesomely simple, that's creativity". Kreatif itu bukan hanya yang rumit saja, melainkan ide-ide sederhana yang dibuat lebih kreatif. Jika idemu itu aneh dan berbeda, janganlah khawatir karena itulah bagian dari kraetivitas. Berkat ide-ide diluar dari biasa, karir Charles sangat cemerlang di dunia musik.

Ciri-Ciri Orang Kreatif 


Nah, sebetulnya sudah tahu belum ciri-ciri orang kreatif itu seperti apa? menurut beberapa sumber yang saya rangkum sebetulnya ciri-ciri utama orang kreatif adalah berbeda dari yang lain dalam hal pemikiran, tidak pernah berhenti untuk belajar, suka berimajinasi, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, selalu mencari pengalaman baru, tidak suka aturan dan masih banyak ciri-ciri orang kreatif. Dari beberapa ciri tersebut, kamu memilikinya?

Diluar nalar dan berpenampilan berbeda merupakan identitas dari orang kreatif. Mereka selalu menemukan cara baru dari cara lama, menembus dinding-dinding aturan yang terlalu mengikat ide-ide mereka dan selalu memiliki suatu hal yang tak terduga-duga. Bahkan, banyak diantara kita yang selalu menilai bahwa yang dilakukan orang kreatif adalah sesuatu yang 'gila', padahal di masa mendatang karya merekalah yang digunakan sebagai sebuah 'problem solving' dari sebuah masalah.


Lalu bagaimana caranya menjadi orang kreatif? Saya memulainya dengan sesuatu yang hal sederhana. Bangun pagi biasanya saya minum teh, maka saya coba memilih minuman lain misalnya susu. Kemudian apabila saat berangkat ke kantor biasanya mengunakan bus, cobalah mengunakan kereta atau ojek online. Lalu, saat membuka laptop kerjaan, usahakan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, misalnya menginstal aplikasi-aplikasi yang berbeda dengan sebelumnya. 

Break the rules, maksudnya bukan melakukan perbuatan yang melanggar hukum, namun lebih spesifik adalah menembus dinding-dinding aturan hidup yang telah dibuat atau aktivitas rutin yang telah melekat dan menjadi identitas. Mencoba sesuatu baru adalah bukan merupakan kesalahan namun pintu gerbang menjadi lebih kreatif dan berpandangan lebih terbuka.

Kafe BCA 


Beberapa waktu lalu, saya hadir dalam Kafe BCA, sebuah acara bincang santai di Menara BCA, lantai 22. Kebetulan pada saat itu menghadirkan Pak Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur BCA), Cyrillus Harinowo (Pengamat Ekonomi), Lena Setiawati (General Manager BCA Learning Center), Erda Rindrasih (Pengamat Ekonomi Kreatif UGM), Solihin Sofian (Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya APINDO), Andi Martin (Pendiri Kratoon Channel), Fiki C. Satari (Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF)) dan Moderator oleh Fajar Anugerah (Konsultan dan Praktisi Entreprenership dari Kinara Indonesia). Dan kebetulan pada saat itu temanya adalah Dukung Kekuatan Ekonomi Indonesia, BCA Fasilitasi Pengembangan OK (Orang Kreatif). 

Nah, tadi kan saya sudah bahas ciri-ciri orang kreatif, namun kali ini lebih digali lagi lebih dalam pengembangan Orang Kreatif sehingga menjadi industri dan memiliki manfaat ekonomi. Pada intinya orang kreatif di Indonesia banyak, namun belum cukup terwadahi dengan baik dan apabila memiliki usaha pun kadang terkendala dengan modal atau teknologi.


Pak Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur BCA) menyebutkan bahwa industri kreatif sangat berkembang beberapa tahun belakangan ini. Kreativitas yang dimaksud adalah menambah value dari produk sehingga berbeda dari produk lain dan cenderung unsur kretaivitasnya sangat kental. Goals yang akan dicapai adalah  memberdayakan pelaku industri kreatif dan mendukung dengan sangat penuh.

Erda Rindrasih (Pengamat Ekonomi Kreatif UGM) lebih menyoroti industri pariwisata. Sektor ini terbukti telah meningkatan ekonomi penduduk lokal disekitar destinasi wisata. Manfaat inilah yang membuat Pariwisata mengeliat beberapa tahun belakangan ini, apalagi unsur keratifitas dalam pariwisata jelas-jelas sangat dibutuhkan. Lihat saja ditahun ini saja beberapa destinasi baru dengan inovasi yang luar biasa.


Solihin Sofian (Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya APINDO) lebih melihat kreativitas sebagai industri yang potensial dan dapat menyerap tenaga kerja. Industri kreatif tumbuh signifikan dan dapat menyerap tenaga kerja bahkan sampai ibu-ibu rumah tangga sekalipun mendapatkan manfaat dari industri tersebut.

Cyrillus Harinowo (Pengamat Ekonomi) lebih menyoroti fashion dan textile sebagai sebuah industri yang akan berkembang pesat. Bahkan dahulu industri Fashion dianggap sebagai industri senja atau tidak memiliki arah perkembangan yang pasti, namun setelah beberapa waktu justru fashion inilah yang memiliki perkembangan pesat dan bukan tidak mungkin akan menjadi primadona di Indonesia.

Andi Martin (Pendiri Kratoon Channel) inilah yang membuat Kratoon Channel. Kenal dengan karatker komik Si Juki atau Hebring? Mungkin hanya beberapa orang saja yang menyadari bahwa karatker tersebut adalah ciptaan dari komikus atau animator asal Indonesia yang tergabung dalam Kratoon. Andi Martin melalui Kratoon Channel memiliki mimpi besar untuk menyebarluaskan kartun asal Indonesia sebagai bagian industri kreatif.

Fiki C. Satari (Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF)) melalui Bandung mampu mengaungkan nama Indonesia di dunia Internasional. Bandung menjadi salah satu kota kreatif di Dunia. Kita tahu bahwa Bandung merupakan gerbang industri kreatif di Indonesia dimulai dari fashion, teknologi dan wisata yang sangat berkembang. Bahkan melalui kolaborasi antar komunitas di Bandung sehingga menguatkan industri kreatif menuju ke arah yang lebih bagus.

Lena Setiawati (General Manager BCA Learning Center) melalui bincang-bincang kali ini lebih menekankan bahwa menjadi pribadi kreatif adalah sebuah keharusan di jaman yang berkembang lebih dinamis saat ini. Dalam kaitannya industri kreatif, BCA memiliki support yang luar biasa dan tidak hanya dalam waktu singkat namun berkesinambungan. 

Indonesia Knowledge Forum V


Mau kreatif dan memiliki bisnis sendiri, inilah saatnya untuk bergabung bersama Indonesia Knowledge Forum V (IKF V). IKF V ini akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Oktober 2016 di Ritz Carlton Pafific Place Hotel. Pembicaranya? Jangan khawatir karena menghadirkan banyak sekali pakar-pakar di bidang bisnis dan kreativitas seperti Yohannes Surya, Pandji Pragiwaksono, Abdullah Azwar Anas, Fauzi Ikhsan, William Tanuwijaya, Emirsyah Satar dan masih banyak pembicara berkelas lainnya.

Nah sebelum ke IKF, ada baiknya nonton video youtubenya dulu ya.



Informasi lebih lengkap mengenai IKF ini bisa akses www.bcalearningservice.com dan email bca_learningservice@bca.co.id. Mari majukan industri kreatif di Indonesia.



You Might Also Like

18 Comments

  1. Aduh, berat bahasannya. Jadi beda aja ga cukup ya

    BalasHapus
  2. Keren - jadi terpacu untuk kreatif - thanks kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu udah kreatif kak. Aku mau belajar sama kamu aja

      Hapus
  3. oh gt ciri2 org kreatif...

    budy | Travelling Addict
    blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  4. Hadiiir wkwkwkwk. Bandung disebut-sebut euy. Jaman sekarang kayaknya emang harus kerja cerdas euy. Kerja kreatif. Kalo engga ketilep-tilep kayak banyak produk yg sekarang bertumbangan.

    BalasHapus
  5. Karena pintar saja nggak cukup. Katanya orang yang sukses itu adalah orang2 yg kreatif :)

    BalasHapus
  6. Indonesia butuh lebih banyak lagi orang-orang kreatif, butuh sangat banyak malah. biar Indonesia semakin berjaya di kancah internasional.

    BalasHapus
  7. wow keren banget event BCA itu *kepo*. keep break the rules!

    BalasHapus
  8. Wahh... harus do it..just do it..gak cuma mimpi buat jd kreatif dan beda

    BalasHapus
  9. Ini bukan gw banget mas.. Syediih

    BalasHapus
  10. Ini bukan gw banget mas.. Syediih

    BalasHapus
  11. Hayooo panggilan nih, buat orang kreatif :D

    BalasHapus
  12. Selain orang kreatif butuh juga orang yang berdedikasi tinggi agar tetap kreatif dan bahagia

    BalasHapus
  13. kreatif itu bisa dilatih n dirangsang dengan terus bereksplorasi.. gak usah berkecil hati bagi yg masih blum kreatif... yg penting positive thinking aja..

    BalasHapus
  14. wah gw banget dah.. we suka banget hal-hal yang baru yang menantang buat gw.. pintar ga cmn dalam belajar tapi di setiap hal.. :)

    BalasHapus
  15. aduh siapa hayo yang kreatif

    BalasHapus
  16. Saya suka break the rules, apakah bisa masuk kategori?#upss,kabur..

    BalasHapus
  17. ternyata ciri-ciri org kreatif nggak ada di aku ... :)

    BalasHapus