Perkenalkan IGTV, Aplikasi Terbaru Instagram Pesaing Youtube

  • 6/27/2018 01:12:00 AM
  • By Salman Faris
  • 0 Comments


Dunia social media dan digital dikejutkan dengan hadirnya IGTV. Instagram yang tadinya memiliki keterbatasan dalam membuat konten video karena durasi lama, kini akhirnya meluncurkan aplikasi terbarunya. Jujur, saya juga terkejut sekaligus senang. Namun, memang bagi saya pengguna social media dan menggantungkan hidup dari dunia digital, maka ini adalah Pekerjaan Rumah yang mesti dan kudu dipelajari dengan tekun. Ya, tentu saja sebagai blogger dan influencer, pasti harus lebih paham dari masyarakat awam setiap hal-hal baru yang yang terjadi di dunia digital dan social media. Loh, kok malah jadi curhat, hahaha.

Instagram memang terkenal sangat cepat dalam berinovasi. Masih ingat dibenak kita persaingan antara Instagram dan Snapchat? Yes, Instagram dengan cepat mengadopsi fitur snapchat sehingga dalam beberapa bulan, pengguna snapchat perlahan-lahan meninggalkan aplikasi tersebut. Kini pun, Youtube menjadi pihak yang sangat khawatir dengan kemunculan IGTV. Mungkin, saya akan membahas secara terpisah nantinya bagaimana reaksi Youtube atas kemunculan IGTV.


Indonesia dikenal sebagai pengguna social media terbesar di Asia Tenggara, kini tengah demam mencoba-coba fitur IGTV. Memang Indonesia dikenal sebagai pelahap ulung aplikasi terbaru, hanphone terbaru atau apapun yang berbau teknologi dan internet. Maka tak salah, IGTV tumbuh sangat cepat di Indonesia. Seperti layaknya youtube, akun IGTV pun akan memiliki channel yang otomatis terintegrasi dengan akun Instagram.

Nah, kita bahas caranya membuat channel di IGTV.

Download Aplikasi Di Google Playstore dan Apple Store

Jangan lupa untuk download terlebih dahulu aplikasi baik di Google Playstore dan Apple Store.


Buka Aplikasi Dan Registrasi

Setelah di download, kemudian buka aplikasi IGTV. Setelah itu, registrasi dengan hanya menekan tombol continue as account. Jadi, IGTV ini telah terhubung dengan akun Instagram sehingga tidak usah registrasi kembali.




Bikin Channel

Langkah selanjutnya adalah membuat channel dengan cara mengklik tanda gear atau simbol tools di aplikasi. Kemudian, ikuti petunjuknya sehingga channel kamu terbentuk.



Upload Video

Selanjutnya untuk mengupload video, kamu hanya tinggal menekan tombol plus, kemudian pilih video yang telah disiapkan. Kemudian, ubahlah title dan description. Fitur ini juga terkoneksi dengan facebook fan page, jadi lebih simple jika ingin mengshare diFB.

Kelebihan Dan Kekurangan IGTV


Setiap aplikasi yang diluncurkan pasti ada plus dan minus atau kelebihan dan kekurangannya. Nah, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari IGTV.

Kelebihan

  • Praktis karena terhubung dengan akun Instagram
  • Bisa upload video langsung dari smartphone 
  • Durasi video bisa lebih dari 1 menit sampai 60 menit
  • Video bisa diupload langsung tanpa editing
Kekurangan 
  • Durasi video masih kurang lama bagi content creator seperti sineas dan lainnya
  • Kualitas video yang dihasilkan sangat ala kadarnya mengikuti kualitas smartphone, dibutuhkan gear tambahan
  • Gambar cenderung vertikal karena menyesuaikan smartphone tidak seperti youtube yang horizontal dan enak dilihat dimana pun.
Demikian yang bisa saya bagi tentang IGTV, jika ada update tentang aplikasi ini, akan saya update lagi ya. Selamat berkreasi dengan IGTV. 

You Might Also Like

0 komentar