Tips Bisnis Aquascape: Modal Tipis Untung Berlapis

2/26/2021 04:00:00 PM


BERGURU itu perlu dan penting banget. Iya BERGURU itu Belajar Ragam Usaha Baru. Semenjak pandemi, kita dituntut untuk lebih kreatif dan out of the box. Bahkan, kalau belum kepepet pasti banyak orang yang akan berada dalam zona nyaman kan? Hayo ngakulah, kalau kamu selama ini sebelum pandemi merasa nyaman dan males melakukan inovasi atau gebrakan baru kan? Nah, BERGURU ini bisa dilihat langsung di Youtube Channel Ninja Express

Anyway, Apa sih yang membuat orang kepikiran untuk buka bisnis? Banyak motivasi, kalau masalah ekonomi itu jelas faktor utama, tapi ada faktor lain salah satunya passion. Tapi ada nggak sih yang karena passion dan faktor ekonomi juga, akhirnya buka bisnis? Ada dan banyak. Jujur saja, kalau saya tipikal yang menjalani bisnis dengan santuy, alias tidak ngoyo. Dari awal, saya memulai bisnis adalah untuk bersenang-senang karena saya menjalani bisnis dari hobi atau passion saya yaitu Traveling.

Kok kepikiran untuk bisnis traveling? Awalnya karena saya suka jalan-jalan, dalam setahun saya bisa mengagendakan jalan-jalan ke luar negeri sekitar 2-3 kali. Saya mulai pertama kali backpacker ke luar negeri sekitar tahun 2011, sepuluh tahun lalu. Negara pertama yang saya jelajahi waktu itu adalah Singapore. Kata teman-teman, kalau mau jalan-jalan ke luar negeri, kamu harus pelajari terlebih dahulu sistem transportasi, cari info tempat wisatanya, kemudian pesan hotel dan mencari info sebanyak-banyak mengenai apa saja yang harus diperhatikan sampai cara masuk di pintu imigrasi pun sangat diperhatikan. Kalau baru pertama kali itu memang bikin deg-degan, namun setelahnya malah ketagihan. Setelah dari Singapore, setahun berikutnya saya langsung menjelajah Malaysia, Thailand dan Jepang. 


Setelah berulang kali ke luar negeri, kemudian ada tawaran datang untuk menjadi tour leader (TL). Dan, akhirnya saya memulainya dan kebetulan negara yang saya datangi sebagai TL adalah Jepang. Kenapa saya senang dengan profesi ini? Salah satunya karena bisa jalan-jalan gratis dan menikmati suasana Jepang kembali, salah satu negara favorite saya. Dari sinilah saya mulai berpikir untuk membuka bisnis kecil-kecilan. 

Selain itu, beberapa teman pun mulai melihat peluang bisnis saat keluar negeri, salah satunya usah jasa titip produk yang di Indonesia nggak ada. Ide bisnis itu ada-ada aja, dan unik-unik. Yang penting dari semuanya adalah melakukannya karena suka dan belajar banyak agar usahanya lebih berkembang. 

Oh iya, ngomongin bisnis atau usaha, BERGURU pun memiliki cerita yang sangat unik mengenai salah satu ide bisnis yang modalnya lumayan tipis namun bisa untung berlipat ganda. Bisnis itu bernama Aquascape. Penasaran dengan bisnisnya? 


BERGURU : Tips Bisnis Aquascape


Jika kamu pernah mengulik konten Youtube Channel Ninja Express, maka akan menemukan salah satu sekmen BERGURU. Iya, sebelumnya saya sudah pernah katakan bahwa BERGURU adalah Belajar Ragam Usaha Baru yang memberikan wawasan dan tips usaha baru yang patut ditelusuri, apalagi jika sudah bergelut dengan bisnis tersebut maka akan membantu mengembangkan usahanya. 

Aquascape, rasa penasaran dengan salah satu istilah yang satu ini memang membuat saya menelusuri lebih dalam. Ternyata Aquascape itu sederhananya merupakan hiasan atau ornamen yang berada di dalam aquarium. Namun, ternyata lebih dari hiasan atau ornamen saja, Aquascape itu seni mengatur hiasan, tanaman, air, kayu dan lainnya. Seni sangat kental di dalamnya, sehingga bisnis ini membutuhkan seni dan kejelian didalamnya. Nah, bagaimana bila tidak tahu sama sekali bisnis ini namun pengen tahu lebih dalam? Tenang aja, kamu bisa BERGURU dari ahlinya, mas Wendy, eits ini bukan mas Wendy Cagur ya beda orang (hehehe). 

Masa pendemi ini banyak bisnis yang tutup namun ada beberapa bisnis yang justru berkembang dan menuai untung besar. Salah satu yang menuai untung besar adalah bisnis Aquascape. Awalnya memang sempat ragu, apakah bisnis ini akan berjalan dengan baik. Apalagi pandemi ini sejatinya sudah mematikan banyak usaha dan kondisi masyarakat pun masih susah. Namun, ternyata masyarakat membutuhkan hiburan karena ke luar rumah pun bisa dibatasi. Berangkat dari dalam rumah inilah, aquascape diburu pecinta ikan hias untuk mencari rumah terbaik bagi ikan tersebut.



Mas Wendy Kurniawan mengatakan bahwa bisnis apapun jika dipelajari lebih dalam dan berusaha memasarkan dengan cara-cara kreatif maka akan menghasilkan. Jadi, kamu mesti belajar lebih dalam bagaimana cara menghasilkan untung besar dan dimulai dari video yourtube seperti BERGURU ini. Belajar dari youtube pun bisa memberikan hasil yang cukup memuaskan. 

Nah ini dia tips memulai bisnis aquascape :

Belajar Aquascape Terlebih Dahulu 

Belajar dari dasar dan awal dahulu apakah itu aquascape jika belum memiliki basic yang kuat. Jika telah memiliki pengetahuan tentang aquascape, kamu bisa mencari referensi lebih dalam tentang tips dan trik supaya aquascape lebih menarik.

Persiapkan Modal 

Modal yang dimaksud tidak selalu uang , bisa saja modal pengetahuan, relasi dan peralatan yang bisa digunakan membuat aquascape. Persiapakan seluruh modal yang dibutuhkan dicatat dengan baik sehingga tahu apa saja yang sudah tersedia dan apa yang masih dibutuhkan. 

Manfaatkan Relasi dan Teman

Jika memiliki teman atau relasi yang memiliki pengalaman bisnis aquascape, jangan sungkan untuk bertanya-tanya. Manfaatkan waktu untuk bertanya bisnis ini lebih dalam dan catat apa saja yang menjadi poin kelemahan atau kekurangan kamu selama ini. Kamu juga bisa meminta saran apa yang harus dilakukan untuk langkah kamu selanjutnya. Misalnya supplier termurah atau terbaik serta hal lainnya sehingga kamu tidak kekurangan.

Kolaborasi

Kamu juga bisa berkolaborasi dengan teman atau relasi lain. Misalnya kamu memilki kesepakatan, kamu memiliki keahlian yang tidak dimiliki orang lain maka kamu bisa mengandalkan dan ditukarkan dengan yang kamu tidak ahli. Misalnya kamu ahli menganti tanaman hias yang jarang dimiliki orang lain kemudian ditukar dengan keahlian relasi. Artinya, kamu bisa menjual paket yang kamu miliki dan orang lain miliki bersama-sama. Ini akan sangat menguntungkan. 

Pasarkan melalui Teman dan Social Media 

Kamu memiliki teman dekat dan sering berkumpul bersama, maka kamu bisa minta tolong teman kamu untuk menyampaikan kepada teman lain. Dari mulut ke mulut, adalah marketing yang sangat menguntungkan. Selain itu kamu bisa memanfaatkan social media yang sangat powerfull saat ini.

Promo dan Diskon

Jika kamu baru dalam bisnis ini, maka diskon dan promo dijadikan sebagai alat untuk menemukan pelanggan. Dari diskon ini pelanggan kamu akan mencoba service apa saja yang dimiliki, kemudian setelah merasa puas mereka akan kembali karena harga yang cukup miring. Bisa juga diberikan harga spesial bagi pelanggan setia yang selama ini melakukan banyak transaksi. 

Nah, bagaimana sudah tertarik dengan bisnis ini? Oh iya, ngomongin modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini cukup terjangkau karena cukup dengan 2 juta saja kamu bisa memulai bisnis ini. Syaratnya memang kamu perlu banyak belajar bisnis ini lebih mendalam. Nah, cara yang paling cepat untuk BERGURU adalah nonton youtube channel Ninja Express yang kece untuk dinikmati. 

Baca juga : Hunian Ala New York di Meikarta 

BERGURU pada Ninja Express


Belajar buka bisnis dan seluk beluknya itu sangat menyenangkan banget, apalagi belajar melalui youtube dan media lainnya. Selain Obsesinya Delivery, ninjaexpress.co juga memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mengembakan usaha dan mendorong semua membuka usaha dikala pandemi sekalipun justru banyak usaha sangat berkembang melalui usaha online. Lalu, kalau mau belajar dan tidak memiliki biaya bagaimana? Tenang saja seorang Ninja yang melindungi segenap jiwa tidak akan pantang meninggalkan semua orang dalam keadaan menderita. Nah, demi mendukung UMKM terus berkembang maka kamu bisa belajar melalui pelatihan Ninja Academy .

Selama pandemi ini, semakin banyak usaha kecil dan menengah yang membutuhkan pelatihan dan dukungan, Ninja Express pun selalu mendukung dan mengadakan pelatihan secara terbuka bagi yang membuka bisnis baru dan membutuhkan pelayanan pengiriman serta pengembangan bisnisnya. So, bisnis itu merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja dan berkembang semakin pesat jika menggunakan ilmu yang sudah dibagikan dalam youtube channel Ninja Express.   


You Might Also Like

9 Comments

  1. Aquascape memang sedang trending di kala pandemi ini, orang butuh hiburan di rumah, melihat dunia bawah air yang indah dengan segala tanaman dan ikan amatlah menarik perhatian. secara bisnis jadi peluang yang menggiurkan.

    BalasHapus
  2. Akupun Krn hobi traveling, jd bbrp kali bisa bawa temen2ku utk jalan2 dengan aku sebagai guide. Tp memang aku cuma mau bawa yg bener2 aku kenal, sodara ato temen. Klo org2 yg aku ga tau sifatnya, aku blm mau bawa :D. Dan mostly aku LBH seneng bawa org yg mau jelajah tempat baru. Kayak kemarin sebelum pandemi ke Jepang, itu aku pilih kota yg ga biasa. Iwate, hachinohe, Nagasaki, Fukushima, hakodate.

    Gara2 pandemi nih, jd banyak trip ku yg cancel :D.

    Temenku ada yg buka usaha aquascape juga mas. Jd tahu skr, kalo menyusun segala tanaman air utk aquarium itu ga bisa sembarangan. Kata temenku dia juga jd tahu kalo ada bbrp tanaman yg ga bisa sembarangan dipakai Krn bisa meracuni bbrp ikan.

    Tapi so far, aku msh dlm tahap suka aja melihat bbrp aquarium yg disusun temenku. Blm tertarik beli, Krn memang aku ga terlalu suka mlihara ikan :D

    BalasHapus
  3. Adiknya ya kak bisa bisnis untungnya Berlapis, dengan ninja ini pasti keuntungan makin banyak.

    BalasHapus
  4. Mantap banget kak, dari yang tadinya cuman coba-coba backpackeran, trus jadi hobi, selanjutnya malah bisa menghasilkan duit.

    Btw bagus ya pelatihan Ninja Academy. Ngajarin kita berbisnis, terutama di masa pandemi sekarang orang harus pinter2 lihat peluang usaha.

    BalasHapus
  5. Selama pandemi ini, hal-hal yang berhubungan hobby yang bisa dilakukan atau dinikmati.di rumah laku keras. Mungkin karena kita butuh hiburan. Seperti aquascape ini. Kalau saya sih larinya ke tanaman hias.

    BalasHapus
  6. Menurut saya aquascape ini termasuk seni. kalo mau bikin aquascape yang bagus memang harus sering-sering belajar dan praktek...
    Bisnis aquascape ini memang menggiurkan, ada temenku yang hobi bikin-bikin kayak gni dan hasilya cantik banget. Sayang dia menjalaninya hanya sekadar hobby, bukan peluang profesi.. kayaknya aku kasih artikel ini ke temenku itu, biar dia tertarik bisnis aquascape, wqwq

    BalasHapus
  7. Seru yaa...memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kesukaan.
    Travelling dengan mengajak sahabat atau orang lain mengingatkanku sama dramanya Jung Yong Hwa.
    Hihii...

    Inspirasi banget video dari Berguru.

    BalasHapus
  8. Aku udh melirik2 toko2 ikan beberapa bulan belakangan ini. Pgn beli aquarium dgn ikan gemes2. Tp msh mikir2 brp ya costnya, trs gmn cara bikinnya.

    Setelah baca blognya jd terinspirasi jg unt bkn aquascape. Liat ikan bikin kt relax n happy jg soalnya. Ademmm.

    BalasHapus
  9. Suami aku dulu sempet juga mau Bisnis ini kak, hanya saja di Bengkulu susah banget nyari bahan-bahannya. Kalo mau pun harus pesen keluar dulu

    BalasHapus