Film Review : Bulan Terbelah Di Langit Amerika


"Apakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam?"

Sebuah pertanyaan yang membuat hati bahkan batin terguncang, bukan karena saya muslim, namun lebih kepada kenapa dengan Islam yang saya pegang teguh ini? Apa yang salah dengan agama ini. Tidak ada. Semua agama di Dunia ini pun sama dan saling menghormati, yang salah dalam peristiwa atau pertikaian adalah manusianya yang tidak memiliki kesempurnaan seperti agamanya.

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika ini mengangkat tema kontroversial peristiwa 9/11 yang menguncang Amerika Serikat pada 11 September 2001. Namun, bukan merupakan pembelaan Muslim atas tragedi tersebut melainkan mengangkat sudut pandang atau angel berbeda dalam peristiwa tersebut. Kalau selama ini banyak berita beredar mengenai 9/11, justru di film inilah perspektif berbeda akan disuguhkan kepada penonton.

Trailer


Sinopsis

Adegan pertama dibuka dengan sebuah Video dari Sarah Hussein yang menyatakan bahwa Ayahnya adalah seorang monster yang menyebabkan terjadinya tragedi 9/11 di WTC beberapa tahun silam. Hanum (Acha Septriasa) yang menerima email dari remaja belia tersebut merasakan gejolak batin yang luar biasa. Bosnya dari sebuah kantor berita di Wina memberikan tantangan tersendiri untuk membuat artikel bertajuk "Apakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam".

Secara kebetulan, Rangga (Abimana Aryasatya), suami Hanum, mendapatkan tugas mewawancarai pengusaha kaya asal New York sebagai bagian dari persyaratan S3. Di New York nanti, Rangga akan ditemai oleh Stefan (Nino Fernandez) dan secara langsung akan mengatur pertemuanya dengan Philipus Brown.

Berangkatlah Hanum dan Rangga ke New York, dibekali dengan berkas dan catatan pertanyaan serta koresponden yang ditaruh dalam satu berkas berwarna kuning. Namun, malang Hanum harus kehilangan berkas tersebut. Rangga telah berusaha menelpon taksi yang ditumpanginya sebelum ia sampai di alamat Stefan, namun usahanya gagal.

Belum satu masalah terselesaikan, Rangga pun tak dapat menemui Mr. Brown karena subtansi yang ditanyakan sangat lazim dan sudah banyak ditanyakan, sampai-sampai ia harus meminta waktu lagi agar dapat menemui Brown.


Sementara itu, Hanum akhirnya mendapatkan alamat Azima Husein (Rianti Cartwright) ketika Jasmine (Hannah Al Rashid) menelpon bagian museum dan menyebutkan bahwa anaknya, Sarah mengalami kecelakaan. Azima sebelumnya menerima kehadiran Hanum dengan penuh persahabatan, namun ketika bagian museum mengkonfirmasi tentang anaknya yang mengalami kecelakaan, sontak saja Azima berusaha keras mengusir Hanum. Tetapi, Hanum tak menyerah dan membuktikan bahwa niat baiknyalah yang mengantarkan dirinya menemui Azima.

Setelah kejadian itu, kemudian beberapa peristiwa terjadi, Hanum terjebak dalam sebuah kerusuhan demonstrasi penolakan pembangunan masjid di ground zero. Kemudian, Rangga pun mencarinya ke lokasi, namun malang, keduanya tak dapat bertemu. Sampai kemudian, Rangga menemukan sebuah fakta mengejutkan tentang Ibrahim Hussein dan mengirimkannya ke Brown.

Apakah yang terjadi selanjutnya? Apakah Hanum dapat bertemu Rangga kembali? Dan, apa yang akan di lakukan oleh Philpus Brown? Nah, silahkan tonton di bioskop pada tanggal 17 Desember 2015.

Pendapat Tentang Film




Secara keseluruhan film ini cukup mengambarkan tema yang diangkat yaitu Islam sebagai agama yang cinta damai. Kemudian setting tempat juga sangat menawan mata dan berkaitan dengan asal kejadian 9/11 yaitu Amerika Serikat. Namun, konflik yang dibangun seakan terganggu oleh kurang detail dan smoothnya dalam beberapa adegan seperti targedi kerusuhan penolakan pembangunan masjid di ground zero dan peristiwa 9/11. Jalinan cerita yang dibangun sudah bagus, namun alangkah lebih baiknya apabila ditambah lagi bumbu-bumbu lain yang dapat memberikan variasi dalam cerita

Cast

Sutradara : Rizal Mantovani
Produksi : Maxima Pictures
Pemeran : Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Nino Fernandez, Rianti Cartwright, Hannah Al Rashid
Penulis : Hanum Rais, Rangga Almahendra, Alim Sudio, Baskoro Adi
Tayang Perdana : 17 Desember 2015

Film Review : Bulan Terbelah Di Langit Amerika Film Review : Bulan Terbelah Di Langit Amerika Reviewed by Salman Faris on 12/16/2015 03:23:00 AM Rating: 5

18 komentar:

  1. aku yang agak kecewa dengan 99 cahaya di langit eropa jadi agak ragu nonton film ini. kurang 'niat" dikit lagi...
    but...bisa deh ditonton ngisi weekend..tunggu reviewnya juga di blog saya yah...hhahah(promo gratisan)

    BalasHapus
  2. Betul, ada beberapa adegan yang kurang detail. Pling enak lihat pemandangannya aja.

    BalasHapus
  3. wajib nonton soalnya..apalagi bintangnya lumayan unyu unyu ini kak :)

    BalasHapus
  4. Menarik untuk di tonton ini film mana ada nino fernandez lagi ihhh <3<3 hihihi

    BalasHapus
  5. aaah pingin nonton, besok ya tayangnya

    BalasHapus
  6. Aku udah ga sabar pengin nonton sama misusa!

    BalasHapus
  7. mantap. indonesia berani juga bikin film dari tragedi yang sebenernya cukup "sensitif".

    BalasHapus
  8. Dari awal peluncuran trailernya di youtube, saya begitu menggebu ingin segera menontonya, tapi dipenayangan nya perdana hari saya belum berkesempatan menonotn.
    Jujur saya sebagai penikmat film, masih sangat dan tergiur dengan film yang mengangkat tema seperti ini, pun yang berkaitan dengan nuansa religi, apapun itu agamnya.
    Semoga bisa kesampaian nonton film ini. Thanks review nya Mas Salman,,,

    BalasHapus
  9. Tema film nya berat juga ya Masm, tentang 9/11...
    Penasaran saya jadinya. Bagaimana meramu tema berat itu dlm film Indonesia.

    Salam,

    BalasHapus
  10. Belum sempat nonton filmnya sih, tapi udah dengar pendapat beberapa teman dan sekarang baca liputan Salman di sini. Jadi penasaran pengen nonton ...

    BalasHapus
  11. Kisah yang menarik :) terima kasih sharenya mas

    BalasHapus
  12. Kalo lihat dari trailernya keren nih film, sekarang masih diputar gak ya di bioskop, pengen nonton gara-gara baca reviewnya

    BalasHapus
  13. wah asyik yaa seseru novelnya, sayang kurang detil ya mas salman

    BalasHapus
  14. sejak kecewa dengan ayat2 cinta yang difilmkan, saya belum berani nonton film indo yang diangkat dari novel. kayaknya termasuk yang ini mending namatin novelnya aja dulu deh

    BalasHapus
  15. Menarik untuk di tonton ini film mana ada nino fernandez lagi ihhh <3<3 hihihi

    BalasHapus
  16. wah sepertinya bagus nih filmnya..
    cuman baca2 aja sudah tertarik pengen lihat..

    BalasHapus
  17. bener bener gak sabar nih pengen nonton..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.