Tips Traveling (Backpacker) Asik Dan Murah Tanpa Khawatir Ninggalin Rumah

  • 1/03/2019 03:40:00 PM
  • By Salman Faris
  • 0 Comments


Kalian sudah pernah jalan-jalan atau traveling kemana saja? Jakarta, Bogor, Bandung, bali, Jogja (Yogyakarta), Malang, Papua, Komodo, atau kota atau pulau lain di Indonesia sudah pernah di jelajahi? Nah kalau Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapore, Thailand (Bangkok) dan India sudah pernah belum? Pastinya ada yang sudah pernah dan ada juga yang belum pernah sama sekali kan? Tenang, jangan khawatir karena saya akan membagikan tips traveling (backpackeran) yang asik dan murah. 

Sebelum bahas jalan-jalaannya, kalian pernah ngga rumah tetangga kemalingan atau kerampokan karena ditinggal pemiliknya jalan-jalan? Pasti pernah dengar kan. Nah, jangan sampai kan rumah kita  bernasib sama atau bahkan bahkan lebih tragis lagi dari itu, amit-amit banget deh. 

Ngomongin masalah rumah, kemaren pas tahun baru 2019, saya nonton youtubenya Ria Ricis yang syukuran rumah barunya. Wow, kece banget ya, Ria Ricis sudah bissa beli rumah dan dibagusin sampai ada kolam renang bahkan bisa main pakai mermaid gitu. Oh iya, kalau kalian suka yang kayak apa? Mau yang mewah atau sederhana atau minimalis atau apapu juga yang penting mah kalau sudah rumah sendiri rasanya bakalan bersyukur banget. Amiiin2, semoga tahun ini bisa nyicil atau punya rumah baru sebagai bagian dari resolusi 2019 ini. 


Rahasia terbesar biar jalan-jalan atau traveling itu murah adalah planning (rencana perjalanan) yang matang. Sebagai banyak orang melewatkan tahap ini karena merasa memiliki budget lebih. Oke sah-sah aja sih kalau misalnya memiliki budget yang sangat banyak untuk traveling, tapi kalau kita dari kalangan menengah ke bawah, maka planning itu perlu banget. 

Oke ini dia tips traveling (backpacker) yang asik dan murah :

Hitung Budget Dan Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Biasanya kita suka mendadak liburan, akalu kita punya duit lebih atau baru dapat bonus dari kantor sih ngga papa. Tapi, kalau kita hanya punya duit pas-pasan, maka itu bunuh diri namanya. Hitunglah budget secara terperinci berdasarkan itinerary. Semakin banyak hari dan tempat-tempat yang akan kita kunjungi maka akan semakin besar pula budget yang diperlukan. 

Pesan Tiket Terlebih Dahulu

Tiket itu kunci untuk traveling. Pada saat ke Korea Selatan bareng-bareng, kami setidaknya sudah beli tiket 9 bulan sebelum kami traveling. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kaami serius dan benar-benar traveling ke tempat tersebut. Dan, biasanya saya bisa mendapatkan banyak promo atau harganya tidak semahal pada saat membeli dadakaan beberapa minggu sebelum perjalanan. 


Menginap Di Hostel

Hostel itu semacam hotel kelas menengah ke bawah. Tapi jangan salah, hostel ini fasilitasnya juga ngga kalah dengan hotel berbintang. Yang membedakan hanya tempat tidurnya yang gabung dengan orang lain. Kalau misalnya liburannya bareng-bareng atau rombongan, maka di jamin bakal menyenangkan banget. Mengenai harganya biasanya kisaran 100-150 ribu per malam tergantung daerahnya ya kalau di Indonesia. Kalau diluar negeri biasanya 100-250 ribu per malam. 

Transportasi Umum

Kalau pengen murah, jangan pakai taksi atau sewa mobil, pakailah transportasi umum. Kecuali kalian pergi berlima atau berenam dan akan sangat hemat kalau memakai mobil sewaan. Transportasi umum di Indonesia atau bahkan di luar negeri kadang juga menimbulkan banyak cerita baru yang ngga kita dapetin sebelumnya. 

Street Food 

Makanan pinggir jalan kadang merupakan pilihan menarik. Banyak sekali street food yang enak dan bersih tentunya. Dan yang paling penting adalah murah serta tidak kalah dengan masakan restoran. Kadang malah makanan jalanan ini lebih lezat daripada di restoran. 

Jangan Khawatir Ninggalin Rumah 


Nah kalau kita traveling kan suka takut ninggalin rumah dalam keadaan kosong. Sekarang sudah saatnya hal itu ditepis saja dengan happy home. Happy home adalah asuransi rumah terutama dari kebakaran dan resiko yang lain. Dengan happy home maka meninggalkan rumah pada saat traveling akan jadi hal yang tidak beresiko sama sekali.

Informasi mengenai happy home bisa dilihat secara lengkap di https://www.happyone.id/happy-home/product-info . 

Nah itu dia tips traveling (backpacker) asik dan murah tanpa khawatir ninggalin rumah. So, happy traveling ya, jangan lupa bawa oleh-oleh buat  saya ya. 


You Might Also Like

0 komentar