Baca Buku Gratis Di iJakarta Digital Library


Saya kebetulan menghadiri peluncuran Aplikasi iJakarta (Jakarta Digital Library) pada minggu lalu di Balai Agung Kantor Gubernur DKI Jakarta. Kebetulan sekali saya tidak ada kegiatan yang berarti di hari tersebut, jadi sekalian saja mampir ke kantor Gubernur DKI Jakarta. Hitung-hitung saja bisa sekalian wisata ke keliling gedung Gubernur DKI Jakarta yang telah di buka untuk umum pada jam tertentu di hari kerja. 

Wisata keliling atau bisa disebut walking tour keliling Gedung Gubernur DKI Jakarta menyuguhkan seluk beluk kantor yang selama digunakan menyambut tamu-tamu agung dari luar Jakarta bahkan dari luar negeri. Apalagi selain free alias gratis, kamu bisa berfoto-foto ria dengan replika foto Bapak Ahok jika tidak sempat menemui Bapak Ahok yang asli. 


Selain replika Bapak Ahok, di dalam gedung terdapat catatan sejarah Gedung yang dahulunya Balaikota Jakarta berada di wilayah Kota Tua sampai dengan gedung sekarang berada di jalan Merdeka Selatan. Selain catatan sejarah, terdapat catatan rencana pembangunan jangka panjang seperti Busway, MRT dan pelebaran Banjir Kanal.

Jadi bagi siapa saja yang penasaran dengan markas Bapak Ahok silahkan meluangkan waktu sekitar satu sampai dua Jam untuk melihat dan berfoto-foto atau selfie ria.

Penghargaan Pustakawan 


Selain peluncuran aplikasi iJakarta, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta juga memberikan penghargaan kepada pustakawan berprestasi terbaik yang lombanya telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dan terpilihlah beberapa pemenang dari masing-masing kategori yang di perlombakan.

Saya secara pribadi sangat mendukung kegiatan pemberian penghargaan kepada pustakawan, karena dari merekalah nyawa perpustakaan dipertaruhkan. Apalagi kondisi minat baca di beberapa daerah perkotaan cenderung menurun, sedangkan di daerah-daerah lain yang minat bacanya mulai naik justru tidak merasakan pemerataan buku.

Semoga dengan hadirnya Digital Library, daerah yang belum merasakan pemerataan buku, bisa menikmati kemudahannya. Sebuah alternatif yang dapat dijadikan sebuah solusi distribusi buku yang masih kurang tersebut.
iJakarta Digital Library 
Tampilan Website iJakarta dan ternyata bisa di unduh dan digunakan di PC 
iJakarta Digital Library ini bisa diakses melalui PC atau komputer loh? Ah masa sih? Boleh percaya atau tidak tapi harus tetap yakin bahwa kemudahan mengakses aplikasi iJakarta bisa diunduh melalui IOS, Android dan Komputer. Jadi terbayang kan kalau iJakarta ini sangat mengakomodasi kebutuhan semua orang baik yang mobile dan super sibuk maupun ibu-ibu rumah tangga yang stand by di rumah bisa mengaksesnya. 

Untuk lebih mengenal aplikasinya secara menyeluruh dan sejelas-jelasnya, saya akan bahas fitur-fitur apa saja yang dapat dimanfaatkan sehingga dapat mempermudah saat membaca koleksi buku di iJakarta.

Tahapan Registrasi dan Fitur iJakarta

Registrasi


Untuk mengunakan aplikasi iJakarta dibutuhkan registrasi pada saat awal dengan melengkapi data-data seperti User ID, Email, Nomor Handphone dan Passwod. Kemudian klik tombol Sign Up dan regstrasi kamu sudah selesai.

Tampilan Home, Colletion dan Book Detail



Setelah melakukan registrasi, maka akan terlihat tampilan Home yang berisi aktivitas User iJakarta lainnya. Misalnya saya telah menjadi teman kamu, maka aktivitas saya meminjam buku traveling juga terlihat oleh kamu. Kamu bisa memberika tanda like untuk menyukai aktivitas meminjam buku yang telah saya lakukan. Selain itu, bisa memberikan komentar di kolom yang telah disediakan.

Selanjutnya ada Fitur Collection, yang memberikan informasi buku apa saja yang bisa dipinjam oleh User iJakarta berupa koleksi terbaru, koleksi populer, rekomendasi dan koleksi lainnya. Saat ini koleksi iJakarta mencapai ribuan buku dan akan terus ditambah. Sedangkan koleksi buku berasal dari penerbit yang telah melakukan kerjasama dengan Aksaramaya (Pengembang Aplikasi Moco). Penerbit seperti Gramedia, Elex Media Komputindo, Agro Media Group, Mizan dan penerbit lainnya menyatakan dukungan terhadapa palikasi iJakarta ini.


Nah, kalau mau lihat tentang detail buku, tinggal klik bagian buku yang akan di pinjam, kemudian akan tampil judul buku, penerbit, summary buku dan informasi lain mengenai buku.

Fitur ePustaka Package


Selain buku, iJakarta juga menampilkan fitur ePustaka Package yaitu  perpustakaan yang dimiliki oleh perseorangan atau User iJakarta sehingga pribadi pun nantinya dapat memiliki perpustakaan yang dapat dipinjam oleh user lain. Konsep ini layak dapat dukungan karena keterbatasan seperti pemerataan buku dan jarak tempuh untuk menjangkau daerah bisa dikurangi dengan fitur ePustaka Package ini. 

Messenger dan Profile User 



Selain koleksi buku dan informasi detail lainnya, fitur lain yang menarik adalah Messenger. Bisa saja dengan fitur chat ini kamu menemukan jodoh, pacar, gebetan, teman lama, temen komunitas, pengemar buku sama, teman trip atau masih banyak lainnya. 

Dan tentu saja Profile User yang membantu kamu mengetahui informasi singkat teman baru yang memiliki buku yang sama sehingga fitur sangat memudahkan untuk saling share, bisa disebut sebagai social media dalam aplikasi iJakarta.



Informasi lebih lengkap mengenai aplikasi iJakarta bisa mengunjungi langsung website resminya di www.iJakarta.id sedangkan informasi pengembang aplikasi bisa langsung menghubungi Mas Indra (email indra@aksaramaya.com) atau ke website resmi www.aksaramaya.com

Narsis bareng dua badai dan Si Ochoy 

Baca Buku Gratis Di iJakarta Digital Library Baca Buku Gratis Di iJakarta Digital Library Reviewed by Salman Faris on 10/21/2015 11:56:00 AM Rating: 5

16 komentar:

  1. Eh, saya juga suka baca buku pakai aplikasi iJakarta, lho. Asyik, bisa baca di mana aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mba Nunik, hahaha iya Mba koleksinya juga banyak banget bukunya

      Hapus
  2. Kalo yg bayar ada ngak ??? aku agak ngak enak kalo gratisan mulu hua hua

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bang Cumi, silahkan ke toko buku aja Bang Cum kalau mau beli Mah hahaha

      Hapus
  3. moga dengan perilisan aplikasi ini, bisa memudahkan warganya untuk mengakses informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nissa, sangat bermanfaat banget aplikasinya :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. @Arie, hahaha iyalah heratiss ini Mah :D

      Hapus
  5. wah enak ya bisa baca buku gratis, jadi kemana2 ga perlu ribet, di hp tinggal instal aja app nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Defa, sangat praktis hehehe, silahkan download ya :D

      Hapus
  6. oops aku belum posting :) asyik ya aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mba Lidya, hahaha masih ditunggu katanya Mba, hehehe praktis banget dan banyak koleksinya

      Hapus
  7. Musti kudu punya nih klo gratisan begini. Makasih infonya mas ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Melly Feyadin, hahaha harus punya dan dibagikan infonya hehehehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.