Sinarmas World Academy : "Sekolah Lokal Rasa Internasional"

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Salah satu pepatah mengatakan "Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri China", namun pepatah tersebut justru tidak berlaku lagi pada saat saya mengunjungi sebuah sekolah berkurikulum Internasional di BSD City serpong. Sinarmas World Academy sangatlah lengkap untuk ukuran sekolah di Indonesia. 

Saat saya sampai di lobi sekolah, beberapa penjaga melakukan pengecekan ulang terhadap daftar hadir yang sudah tercatat. Tujuan pengecekan ulang ini hanya untuk keamanan setiap pengunjung dan murid-murid yang berada di Sinarmas World Academy. Setelah selesai di cek kami pun memasuki Lobi Utama dan disambut resepsionis yang ramah dengan senyum kecil menuambut kami dan menyampaikan pesan untuk segera ke perpustakaan tak jauh dari lobi utama.

Kesan pertama saya pada saat masuk ke lobi utama, sekolah ini seperti layaknya sekolah di luar negeri saja karena banyak murid dan guru dari luar negeri yang lalulalang di depan saya. Seumur hidup, saya belum pernah diajarin langsung oleh guru dari luar negeri, rasanya ingin sekali belajar bahasa Inggris melalui ahlinya biar bahasa Inggris saya jadi lancar dan cas cis cus.

Perpustakaan terletak di lantai dua, untuk mencapainya terdapat anak tangga penghubung yang cukup klasik dan dapat melihat pemandangan lobi utama dan lotus longue dari anak tangga ini. Ketika saya masuk, telah ada beberapa teman blogger yang akan bersama-sama mengelilingi Sinarmas World Academy yang luar biasa luas ini. Ah, bisa ngga ya jalan-jalan keliling sekolah pakai mobil mini biar ngga capek? Ngarep banget deh hehehe.

Setelah semua siap, saatnya kita keliling sekolah. Ayo! Kita keliling!

Tentang Sinarmas World Academy

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Sinarmas World Academy (SWA) berdiri pada tahun 2008 di BSD City, Serpong, Tangerang. SWA mengadopsi sistem pembelajaran yang digunakan di Inggris melalui sistem Early Years Curicullum. Bahasa Inggris merupakan pengantar dalam belajar sehari-hari dan ditambah dengan mata pejaran bahasa Indonesia dan Mandarin.

Pada saat memasuki Sekolah Menengah kelas 11 dan 12, Murid SWA akan diberikan materi yang mengacu pada International Baccalaureate Program sehingga murid akan siap menghadapi ujian masuk dan menghadapi Universitas bertaraf Internasional.

Dalam waktu kisaran 8 tahun, prestasi akademik maupun non akademik telah diraih oleh Murid-Murid SWA, yang terakhir diantaranya meraih 2 Emas, 2 Perak dan 4 Perunggu pada International Biomedical Quiz dan meraih 5 Medali Emas pada "Strategy and Innovation Award" Robot category di Singapura pada Maret 2016. Wow, sungguh prestasi yang membanggakan.

Selain meraih prestasi, SWA juga menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas di berbagai belahn Dunia diantarnya di Inggris, Tiongkok dan Korea Selatan seperti Cambrige University, Peking University dan Seoul national University.

Fasilitas Sinarmas World Academy


salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Setelah melihat beberapa gedung, saya dapat menyimpulkan kalau sekolah ini sudah layaknya seperti Universitas dengan beberapa fakultas, padahal Sinarmas World Academy hanya diperuntukan bagi Sekolah Dasar dan Menengah saja, namun fasilitas yang tersedia sungguh lengkap. Jadi untuk keliling sekolah sudah ada mobil mini yang disiapkan? Ah, dasar blogger manja kamu hehehe.

Fasilitas sekolah terdiri dari fasilitas pendukung akedemik (Perpustakaan,Laboratorium, Ruang Seminar dan lainnya)  dan non akademik (Workshop seni, fasilitas olahraga dan lainnya). Nah, saya sharing beberapa fasilitas yang telah disebutkan tadi.

Perpustakaan Dengan Banyak Koleksi


salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Tour kami bermula dari Perpustakaan ini. Beberapa rak buku tersusun rapi dan meja-meja serta kursi pun mengenapi ruang yang cukup besar ini. Untuk standar Sekolah Dasar dan Menengah, koleksi buku yang ditawarkan cukup lengkap. Saya yang familiar dengan buku sangat senang berada dideretan buku-buku ini.

Beruntung sekali SWA memiliki koleksi buku yang cukup memadai. Saya ingat dulu pada saat SMA, perpustakaan di sekolah saya tak lebih besar dari ruang kelas berukuran 15 sampai 20 meter persegi dengan koleksi buku yang tak memadai.

Theater Besar Trini Dewi 

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Dengan jumlah murid yang begitu banyak dan kegiatan yang banyak, Sinarmas World Academy menyediakan fasilitas Theater Besar yang multifungsi untuk segala jenis acara. Theater ini setiap tahunnya akan digunakan juga sebagai ruang Wisuda bagi murid-murid yang telah lulus. Trini Dewi Theater begitulah SWA menyebut ruang serba guna yang pada saya ke sana terdapat beberapa murid yang sedang bermain drama. Saya menyapa mereka dengan bahasa Inggris yang standar dan ternyata respon murid-murid sungguh ramah dan bersahabat.


Ruang Seni Musik

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Dengan senyum saya disambut oleh ketiga murid ini yang sedang belajar musik. Gadis kecil ini rupanya pandai memainkan note-note pada piano yang berada tak jauh dari pintu masuk. Sementara dua temannya bermain-main dengan alat musik lainnya dengan gembira.

Tak lama kemudian, kami bercakap-cakap mengenai musik yang dimainkan. Ternyata gadis kecil tersebut memaikan musik klasik yang telah diajarkan oleh gurunya. Wow, sungguh bangga sekali melihat murid pandai bermain musik.

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Selain memainkan musik klasik, murid juga diajarkan lagu-lagu daerah seperti lagu cublak-cublak suweng dari Jawa Tengah dan lagu-lagu anak seperti anak gembala yang sangat terkenal di Indonesia.

Ruang Workshop 

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Ruang Workshop yang saya kunjungi adalah Metal Workshop dan Wood Workshop. Wood workshop merupakan kelas yang mengunakan bahan-bahan kayu sebagai bahannya, sedangkan metal workshop lebih ke bahan-bahan besi dan lainnya. Workshop ini dipersiapkan untuk murid yang berminat pada bidang teknik nantinya.


salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Ruang Laboratorium


salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Laboratorium Biology, Fisikia dan Kimia adalah beberapa Laboratorium yang mendapatkan prioritas dari Sinarmas World Academy. Murid disiapkan secara penuh untuk mempraktekan pelajaran yang telah didapatkan secara materi. Jadi, dengan kata lain, Murid dengan senang dan gembira sambil belajar di laboratorium.

Fasilitas Sport


salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Bukan sekolah lengkap namanya kalau tidak memiliki gedung olahraga sendiri. Untuk fasilitas olahraga mulai dari Basket, Bulutangkis, Renang, Sepakbola, Gym Center dan masih banyak lainnya.

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Ruang Kreasi dan Bahasa


salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Selain beberapa fasilitas tersebut diatas, ruang kreasi juga disediakan sebagai penyaluran bakat murid sehingga segala bakat dan kreativitasnya dapat tersalurkan dengan benar dan pada tempatnya.

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Informasi Lengkap Sinarmas World Academy


salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy

Alamat :
Jl. TM Pahlawan Seribu, CBD Lot XV BSD City.
Tangerang 15322. Indonesia 

Telepon :
+62 21 - 5316 1400

Email :
admissions@swa-jkt.com

Website :
www.swa-jkt.com


Social Media :
Facebook : Sinarmas World Academy 
Twitter : @swa_jkt
Instagram : @swa_jkt

salmanbiroe.com - Sinarmas World Academy


Sinarmas World Academy : "Sekolah Lokal Rasa Internasional" Sinarmas World Academy : "Sekolah Lokal Rasa Internasional" Reviewed by Salman Faris on 6/30/2016 03:00:00 PM Rating: 5

4 komentar:

  1. Ternyata di tengarng ya, saya pikir di Surabaya ...

    BalasHapus
  2. Musholla atau masjidnya ada ga mas ...

    BalasHapus
  3. Wah sekolahnya keren sekali ya. Sayang masih sedikit sekolah seperti ini di Indonesia. Biayanya pun sudah pasti lebih mahal daripada sekolah biasa.

    BalasHapus
  4. Sekolah yang memiliki fasilitas yang lengkap, semoga kelak makin banyak sekolah seperti ini yang sekaligus "membumi"

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.