Finalis Miss Grand Indonesia Menimba Ilmu Perbankan Di BCA Learning Institute


Bagi saya, generasi emas adalah generasi muda yang memiliki semangat luar biasa dan menjadi pelopor perubahan di suatu negara. Bayangkan, jika pemuda mampu memberikan seluruh sumbangsihya bagi Indonesia, maka kita akan menjadi negara yang kreatif, dinamis dan tersohor. Sejalan dengan komitmen inilah, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mendukung secara penuh kegiatan Miss Grand Indonesia 2018.

30 Finalis Miss Grand Indonesia 2018 bersama National Director, Dikna Faradiba pada minggu lalu mengunjungi BCA Learning Institute di Sentul,  Bogor,  Jawa Barat. Seluruh finalis disambut hangat oleh Bapak Jahja Setiaatamdja dan Bapak Santoso. Saya cukup terpesona dengan kecantikan para finalis Miss Grand Indonesia. Setelah cukup lama mengidam-idamkan bisa bertatap muka secara langsung dengan kontes kecantikan di Indonesia,  hari ini rupanya menjadi kenyataan dalam hidup saya. Kesan pertama adalah cantik, kemudian adalah kelihatan sangat cerdas dan tinggi. Saya yang termasuk kategori lumayan tinggi ternyata masih tenggelam diantara deretan para finalis ketika pada sesi coffee break diluar ruangan.



Satu hal yang saya tangkap dalam obrolan dan sharing kali ini adalah mengenai digital banking. Sebagai pelanggan BCA dari tahun 2009, saya tahu betul inovasi-inovasi yang terus dilakukan oleh BCA,  mulai dari mobile banking,  internet banking dan lainnya.

Termasuk, ketika saya kehilangan kartu ATM karena tertelan di ATM bank lain pada saat transaksi di kota kecil di Jawa Tengah. Teller di BCA sangatlah ramah dan sangat responsive dalam menangani nasabah. Tak heran hanya dalam waktu beberapa menit saja, saya sudah bisa menggunakan kartu ATM tersebut. Apalagi pada saat ini saya harus mengurus kartu ATM karena malam harinya saya harus ke Jepang. Kartu ATM BCA dengan logo MasterCard ini bisa digunakan dimanapun tak terkecuali untuk transaksi pengambilan uang tunai di mesin ATM di Jepang. Pengalaman yang sangat luar biasa sekali.



Bapak Jahja semangat sekali menjelaskan secara runtut mengenai teknologi perbankan saat ini terutama mengenai Sakuku. Sakuku adalah sebuah teknologi terbaru karena bisa mengambil tunai di ATM tanpa kartu ATM. Loh,  kok bisa mengambil uang tanpa kartu? Iya dengan aplikasi sakuku, kita bisa mengakses kode-kode yang digunakan untuk mengambil uang tunai tersebut. Jadi,  kalau ketinggalan dompet dan membawa smartphone,  maka tarik tunai di ATM manapun bisa dilakukan dengan aman.

Bapak Santoso juga mengungkapan perihal inovasi BCA yang selalu mengikuti teknologi terkini,  bahkan selalu menjadi yang terdepan dalam hal teknologi. Tidak hanya dari kedua nara sumber,  Finalis Miss Grand Indonesia pun ikut aktif menanyakan beberapa hal terkait perbankan dan teknologi serta era digital saat ini. Apalagi banyak pengguna dan pelanggan perbankan ini menyebar di seluruh Indonesia.



Saya menyukai pertanyaan dari salah satu finalis yang menyoroti apakah dunia digital sedikit banyak mempengaruhi penerapannya bagi pelanggan,  karena tidak semua pelanggan tersebut melek teknologi. Dan, memang benar terdapat pelanggan yang tidak paham mengenai teknologi,  namun tetap dibantu oleh pihak Bank bahkan akan dipandu sampai pelanggan tersebut bisa menggunakan teknologinya tersebut. Sedangkan yang lain menyoroti pemerataan lapangan kerja dalam era digital dan industri kreatif saat ini. Dan, lagi-lagi ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk meningkatkan skill dan kreatifitas sehingga dapat bersaing dengan rekan kerja dan robot.

Pengalaman menggunakan Sakuku juga menjadi poin penting karena merupakan teknologi terbaru yang dapat membantu kehidupan dalam era digital saat ini. Hayo siapa diantara kalian yang punya pengalaman menggunakan sakuku? Ceritakan pengalaman kalian ya di kolom komentar.



Di My BCA,  finalis Miss Grand Indonesia mendapatkan pengalaman secara langsung menggunakan halo BCA dan bisa berbicara secara langsung dengan Customer Service atau Customer Care secara online seperti bertatap muka di layar komputer atau smartphone. Pengalaman menggunakan dan menikmati pelayanan di My BCA ini memang sangat menyenangkan karena sangat mudah mulai dari mengisi kartu Flazz, Pembukaan Tahapan Xpresi,  pengajuan kartu kredit,  KPR dan lain-lain. Sebagai pelanggan,  saya tentu saja sangat terbantu karena kemudahan-kemudahan yang diberikan termasuk pengantian kartu ATM yang pernah saya alami beberapa minggu yang lalu.

Setelah mengunjungi My BCA,  finalis Miss Grand Indonesia 2018 ini melihat lebih dekat sejarah BCA mulai dari awal mula berdiri sampai sekarang ini. Mulai dari teknologi pada saat awal mula sampai teknologi terbaru,  semuanya terdapat di Galeri BCA atau semacam museum.




Saya cukup terkesan dengan Galeri BCA. Di dalamnya terdapat banyak tempat unik seperti

1. Mobil pertama yang digunakan untuk operasional bank BCA.
2. Permainan sepeda onthel yang sangat canggih.
3. Permainan baju teller BCA mulai dari tahun terdahulu sampai sekarang.
4. Susunan kartu baik ATM,  kartu kredit,  flazz dan lain-lain yang membentuk instagramable spot.
5. Mesin EDC mulai dari pertama kali muncul sampai edisi terakhir.
6. Lorong penghargaan yang sangat bagus buat foto-foto.
7. Ruang uang-uang yang membuat kami kaya dalam waktu beberapa menit saja.




Sebetulnya masih banyak spot atau tempat menarik di Galeri BCA ini,  dan pastinya banyak sekali hal yang dapat dilihat disini.

BCA Learning Institute memberikan banyak kejutan terutama di luar lobby terdapat sebuah karya seni berupa patung yang menyerupai Manuscript dan daun lontar.


Tahukah bahwa bentuk benda ini merupakan perlambangan daun lontar dan manuscript. Manuscript merupakan ilmu pengetahuan yang berada di alam semesta kemudian jatuh ke bumi hingga ditanah,  kemudian dengan lontar ilmu tersebut dituliskan sehingga akan terus dapat diteruskan ke generasi selanjutnya. Dahulu,  daun lontar digunakan untuk menuliskan banyak kitab-kitab yang mengubah dunia hingga ditemukan kertas sebagai penggantinya. Filosofi inilah yang melandasi BCA Learning Institute,  Sentul,  Jawa Barat.



Banyak hal yang kita petik dari kunjungan finalis Miss Grand Indonesia 2018 kali ini. Salah satunya adalah bahwa pengetahuan merupakan aspek penting dalam segala hal. Sedangkan Inovasi adalah sebuah perwujudan dari pemenuhan kebutuhan pelanggan di saat ini dan masa yang akan datang.

Kontes kecantikan pun mempunyai peran yang sangat strategis karena sebagai generasi muda sangat dibutuhkan peranannya dalam masyarakat secara nyata. Dengan slogan "Beauty in Diversity", Miss Grand Indonesia menjadi simbol yang menjunjung tinggi ragam dan persatuan di Indonesia.


You Might Also Like

21 komentar

  1. Cantik-cantik banget finalis Miss Grand Indonesia 2018 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget Mba Anisa, hahaha biasanya lihat di TV kayak biasa aja eh pas ketemu langsung cantik banget

      Hapus
  2. Ruang uang nya bisa buat kaya dalam beberapa detik,hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya banget cuman beberapa detik doank

      Hapus
  3. Zaman dulu banget ya,mobilnya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha walaupun jaman dulu tapi tetep kece kan hehehe

      Hapus
  4. Isi galeri nya bagus-bagus semua ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus banget Mba Sasa hehehe, memang harus kesana sih

      Hapus
  5. Punya uang sebanyak itu,bisa jadi kaya mendadak.hehehe :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akuuuu kayaaaa dalam beberapa detik saja hehehe

      Hapus
  6. Udah cantik dapat ilmu banyak paket lengkap deh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes memang paket lengkap banget deh hehehe

      Hapus
  7. Bank BCA ini bikin simpel, saat gak bawa atm bisa tarik tunai juga. Memudahkan sekali, kemajuan teknologinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mudahnya Tis, apalagi bayar apapun gue selalu pakai Klik BCA, praktis banget

      Hapus
  8. Iya bener.. Pakai klik BCA memudahkan bgt. Khusus nya buat saya yg punya bisnis travel yg transaksinya dlm sehari min dari 3 kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget apalagi buat bisnis ya, hehehe, sangat membantu

      Hapus
  9. Asikk tulisannya, enak dibaca dan rapih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih loh komen kamu juga rapi dan enak dibaca

      Hapus
  10. Hebat BCA. Banyak inovasi yang luar biasa keren. Saya juga merasakan banyak manfaat sebagai nasabah BCA. Salah satunya pencairan invoice yang banyaknya melalui rekening BCA, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, memang banyak invoice yang masuk melalui Bank BCA hehehe

      Hapus
  11. Jadi keinget pas buka tahapan xpresi BCA, yg cepet banget dan unik, karena pas di MyBCA, langsung ngobrol sama staf HaloBCA via video call huehe.

    BalasHapus