Listrik untuk semua

Listrik merupakan kebutuhan primer masyarakat. Tanpa listrik, kehidupan akan berjalan tak beraturan, bahkan akan cenderung berantakan. 

Listrik yang mempunyai peran sangat penting ini membutuhkan penanganan yang sangat profesional dan berkelanjutan. PLN dalam hal ini telah menangani litsrik di Indonesia dengan cukup baik. Namun, masih saja terdapat kendala maupun masalah klasik yang banyak terjadi seperti pemadaman listrik, kesulitan infrastruktur untuk beberapa bagian di Indonesia serta menurunnya cadangan atau sumberdaya yang digunakan oleh PLN dalam memproduksi atau memperoleh listrik.

Saya dalam Blog ini ingin menyampaikan gagasan yang 'semoga' bisa diterima oleh berbagai pihak. Gagasan ini sebenarnya telah digunakan atau diaplikasikan pada beberapa daerah, namun masih sedikit yang menyadari kegunaan yang dapat diperoleh dari teknologi maupun inovasi tersebut.


Pemerataan listrik untuk semua masyarakat Indonesia

Idenya sangat sederhana, yaitu dengan meratakan Listrik dengan beberapa cara, yaitu :


  1. Pembangunan infrastruktur yang memadai untuk beberapa daerah yang belum mendapatkan listrik.
  2. Program kampanye 'Hemat Listrik' di daerah yang mendapatkan banyak pasokan listrik.
  3. Program Subsidi silang, yaitu Harga listrik untuk daerah yang mendapatkan banyak pasokan listrik bisa dihargai lebih sedikit berbeda atau lebih mahal dibandingan dengan daerah yang kurang mendapatkan pasokan listrik.
  4. Program Donasi, yaitu masyarakat di daerah banyak pasokan listrik dapat menyumbangkan beberapa 'watt' atau satuan listrik kepada masyarakat di daerah kekuarangan pasokan listrik.

Seperti kita ketahui bersama, dengan "Luas" nya jangkauan listrik ke berbagai penjuru Indonesia dapat meningkatkan pemerataan yang didamkan oleh masyarakat Indonesia. Dengan, adanya pembangunan infrastruktur yang baik, kampanye hemat listrik, dan program subsidi silang antara daerah yang kaya listrik dengan daerah yang tidak mendapatkan serta program Donasi.


Pemanfaatan Energi Matahari


Ide ini sangat ideal untuk Negara kita, karena Indonesia sangat melimpah dengan Sinar Matahari, dan satu hal yang sangat penting adalah 'Energi Matahari' tersebut Gratis dan bersifat kekal. 

Terdapat beberapa alat maupun teknologi yang memanfaatkan Energi Matahari, yaitu :

  1. Panel Tenaga Surya
  2. Lampu 'Botol' Tenaga Surya 
  3. Lampu Tenaga Surya

Panel Tenaga Surya

Panel Tenaga Surya - Sumber (greenlifestyle.or.id)


Panel Tenaga Surya merupakan lempengan yang memiliki sel surya yang dapat merubah cahaya menjadi listrik. Dan, di Indonesia belum banyak yang mengunakan teknologi tersebut. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari Panel Tenaga Surya, diantaranya adalah menghemat biaya listrik untuk janga lama, Bebas dari pemadaman listrik, serta bisa memberikan kesempatan pada daerah yang kekurangan pasokan listrik sehingga bisa ikut memeratakan listrik ke pelosok Indonesia.


Lampu "Botol" Tenaga Surya 

Lampu Tenaga Surya - Sumber ( http://www.forumsains.com)
























"Murah" adalah satu kata yang ingin saya sampaikan kepada anda semuanya. Iya karena hanya berbekal dengan botol kosong bekas minuman berkarbonasi tersebut, anda bisa menikmati lampu yang dapat menyinasri anda pada siang maupun malam hari.

Cara memanfaatkannya adalah dengan botol bekas serta cairan pemutih yang bisa didapat dimanapun di sekitar rumah anda. Cara membuatnya pun terhitung sangat mudah, hanya mengisi air kemudian mendapurkan pemutih dan kemudian direkatkan pada atap rumah anda, dan setelah itu anda bisa menikmati sinar lampu sepanjang hari. 

Kesimpulan dari pemanfaatan botol bekas ini adalah anda dapat menghemat listrik sepanjang siang hari, serta membuatnya sangat mudah.


Lampu Tenaga Surya 

Teknologi ini mengadopsi Panel tenaga surya yang telah saya jelaskan diatas, yang membedakan hanya teknologi pengubah sel solar tersebut langsung menyalurkannya pada lampu. Lampu tenaga surya ini tentu saja sangat menghemat listrik.


Program "HEMAT LISTRIK"

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, "Hemat Listrik" dapat mengurangi beban listrik pada daerah pasokan listrik di lingkungan anda. Manfaatnya akan sangat terasa sekali. Lalu, apa yang dapat saya lakukan untuk menghemat listrik.

  • Mengurangi pemakaian lampu pada siang hari
  • Mematikan alat listrik yang tidak digunakan, maupun alat yang dapat menyerap listrik dalam jumlaah yang besar
  • Mengunakan teknologi tenaga surya untuk beberapa alat listrik

Begitulah beberapa ide sederhana yang bisa saya sumbangkan untuk perbaikan perlistrikan di Indonesia.

Sumber :









Listrik untuk semua Listrik untuk semua Reviewed by Salman Faris on 10/17/2014 11:33:00 PM Rating: 5

10 komentar:

  1. boleh juga ide-idenya. tapi, gw tertarik sama yg botol tenaga surya. itu tuh murah meriah banget dan sepertinya bisa di aplikasi pada waktu mati lampu. bener ga? kapan-kapan kita praktek yuk yg botol tenaga surya. tertarik banget itu :)

    BalasHapus
  2. Yup, Botol tenaga surya ini hampir dipastiin ngga bakalan menguras kantong, dan bisa diamplikasikan di rumah kita, ayo mba kita bisa praktekin juga sama2 hehehe

    BalasHapus
  3. itu yang dari botol bagi tutorialnya donk, penasaran nih, hehehe
    salam kenal mas,,
    ditunggu kunjungan baliknya, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Lupa Nama, untuk tutorialnya bisa di lihat secara detail di http://alternatifmasadepanpras.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-lampu-botol-tenaga-matahari.html , nanti saya mampir ke blognya ya

      Hapus
  4. Eh beneran tuch botol bekas ama cairan pemutih bisa menghasilkan cahaya lampu ??? #penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Cumilebay, beneran kok Mas, malah itu bisa hemat energi pada siang hari :), selengkapnya mengenai lampu dari botol bisa ke link ini http://alternatifmasadepanpras.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-lampu-botol-tenaga-matahari.html

      Hapus
  5. llampu botol, kayak menarik bg, mau lah coba bikin di rumah, biar biaya kos-kosan bisa lebih ngirit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha wajib di cobain deh, soalnya hemat listrik banget :)

      Hapus
  6. Smoga menang ya brooo :) surya gue setuju banget, sayang banget negara ga mau ngembangin,pdahal eco - friendly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin2, memang bagus banget sih tenaga surya ini. tapi memang perlu investasi yang agak lumayan untuk infratrsuktur di awalnya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.