Bukan Jalan-jalan Biasa

 “One’s destination is never a place, but a new way of seeing things.” – Henry Miller
Sebuah destinasi atau tujuan itu bukan hanya sebuah tempat, melainkan sebuah cara untuk melihat sesuatu dengan pandangan yang berbeda. Saya buka tulisan saya ini dengan sebuah Quote dari Henry Miller untuk mengantarkan atau untuk membuka wawasan kita bahwa sesungguhnya tempat atau tujuan itu bukan sebuah masalah bagi kita, namun yang lebih penting dari sebuah perjalanan adalah perjalanan itu sendiri. Makna dari sebuah perjalanan lah yang dititik beratkan oleh Henry. Bermakna, hanya sekedar saja atau malah sia-sia sebuah perjalanan, kita sendiri yang akan menentukan. Yes, that's right. 

Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu, tepatnya akhir Desember 2014. Saya mengikuti Jambore Anak Tangguh yang diadakan oleh berbagai macam relawan dari berbagai komunitas yang peduli dengan bencana longsor di Banjarnegara. Komunitas yang tergabung antara lain :

  • KMPLHK RANITA Universitas Islam Negeri Jakarta
  • One Day One Service Movement ; ODOSMOV
  • Konsorsium Relawan Indonesia “Sahabat MERAH PUTIH”
  • Gerakan Satu Juta Buku “SAJUBU”
  • Komunitas Fotografi Kamera Lubang Jarum Indonesia (KLJi)
  • Komunitas Literasi One Day One Book
  • Komunitas BLOGFAM
  • Jejaring Penggiat Pendidikan ; SEKOLAH RAYA
  • DPP Syarikat Islam
  • Sobat Kolong

Sumber Gambar disini
Foto menggunakan kaleng dan bermain bersama

Kegiatan Jambore Anak Tangguh sedianya dilaksanakan dua hari, namun mengingat kondisi daerah bencana dan mobilitas anak-anak yang kurang, maka dengan berat hati dilaksanakan dalam satu hari. 

Kegiatan diisi dengan sebuah sambutan dari Kepala Desa Leksana, Karangkobar, Banjarnegara. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan sangat mendukung kegiatan yang sangat positif ini. Kemudian dilanjutkan dengan sebuah acara perkenalan dan pembagian kelompok. Setiap kelompok akan diberikan sebuah kaleng yang disiapkan untuk membuat sebuah foto dari kamera kaleng tersebut.

Dari sebuah kaleng tapi dapat menghasilkan sebuah foto? Iya, sebutan dari kamera tersebut adalah Kamera Lubang Jarum (KLJ). Ddidalam kaleng tersebut tentunya ada film yang dapat menangkap bayangan atau cahaya dari luar sehingga bisa menghasilkan sebuah foto hitam putih. 

Bagaimana cara memotretnya? Caranya hanya membuka tutup kaleng, dan membiarkan beberapa menit di hadapan obyek yang diinginkan, kemudian di cuci cetak di kamar gelap. Mudah bukan? 

kemudian acara di akhiri dengan bermain-main bersama, dan bergembira bersama melupakan sejenak bencana yang mereka alami. Saya sangat senang dan antusias dengan kegiatan ini. 

Pengalaman Pertama 

Jujur saja, Mengikuti sebuah kegiatan kerelawanan dan terjun langsung ke daerah bencana merupakan pengalaman pertama bagi saya. Saya tidak menyangka bisa mengikuti kegiatan yang bermanfaat bagi pemulihan anak-anak secara mental tersebut.

Di kampus dulu saya hanya mengikuti beberapa kegiatan yang bersifat keorganisasian saja, namun tidak pernah sekali pun ikut terjun langsung melihat ke daerah bencana. Saya saya lakukan apabila terdapat bencana seperti dahulu gempa di Yogyakarta, Tsunami Aceh, dan lainnya, saya hanya sekedar mengumpulkan sumbangan dana dari teman-teman organisasi saja, tanpa sekali pun terlintas untuk menjadi relawan langsung. 

Menurut pendapat saya sebagai relawan, kegiatan ini sungguhlah postif. Anak-anak nampak sangat menikmati acara dan bisa melupakan sejenak bencana yang melanda daerah mereka.

Foto -Foto Kegiatan Jambore Anak Tangguh

Sebuah Kamera Lubang Jarum yang dipegang Anak-anak
 
Hasil Karya Anak-Anak

Seluruh Anak-Anak bergembira 

Enjoy the moment 

Referensi :
Travel Quote : http://pursuingmydreams.com/2012/02/08/the-50-most-inspiring-travel-quotes-of-all-time/ 
Bukan Jalan-jalan Biasa Bukan Jalan-jalan Biasa Reviewed by Salman Faris on 1/12/2015 10:23:00 AM Rating: 5

43 komentar:

  1. Ada yang bilang kalau relawan juga termasuk pahlawan tanpa tanda jasa loh, kak! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Like, iya banget, jasa mereka tiada tara *hiks2*

      Hapus
  2. seru yah jadi relawan mas :)

    BalasHapus
  3. @Arie Goiq, bukan seru lagi, malah bikin ketagihan hahaha, kapan2 kalo mau mampir silahkan loh di Sekolah Raya di Bekasi :D

    BalasHapus
  4. Kak .. kalo ikut acara kerelawanan gini di bayar ngak ??? #dikeplak #dilemparBom

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Bang Cumi, hahaha ya ngga lah, Salam tanpa gaji :D

      Hapus
  5. Jadi ingat waktu jadi relawan bencana merapi di Jogja 2010 di muntilan. Dempet ikut di kelompok trauma hilling dan bermain2 bersama anak-anak merapi. Meski akhirnya balik ke tempat semula "Dapur Umum"
    Good Job Amazing.. Hehe
    Salam kenal by adibriza(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Adib Riza, wah pastinya sangat berkesan ya, jangan-jangan Mas Adib ini kenal Anwar, dan Nana? Jangan2 loh ya, soalnya lingkaran komunitas dan relawan kayaknya terhubung satu sama lain :D

      Hapus
  6. Nggak ada salahnya menghibur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fikri Maulana, hahaha bener banget, menghibur yang bermanfaat ya :D

      Hapus
  7. Wah, ada kamera lubang jarum... kayaknya asyik mengenalkan kegiatan fotografi dengan alat sederhana. Salut.... hebat banget Jamborenya... ngalahin Jamnas deh... Eh, salam kenal ya Mas Salman dari Cimahi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Junita Sari Siregar, Aslieee Mba ini seru banget, walaupun pesertanya di bawah seratus orang, namun antusias mereka lah yang bikin rame, salam kenal juga Mba :D

      Hapus
  8. seru sekali yaaaa, main-main bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Astin, seru banget loh Mba, saya aja pengen ngerasain lagi ikut jadi relawan, eh tapi jangan sampe ada bencana lagi deng :D

      Hapus
  9. Wiiih kayaknya enak bgt ikut acara seperti ini ya mas, tak perlu memikirkan gaji, kalau kita melakukannya secara ikhlas, saya yakin kitapun akan nyaman dan senang berada diantara mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Sri Wahyuni, bukan seru lagi tapi banyak happynya Mba, soalnya anak2nya semangat sekali, memang tak memikirkan gaji sih Mba, soalnya memang bener2 seru :D

      Hapus
  10. Anak-anaknya nampak bahagia banget, pengen gabung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mba Dedew, kebetulan ini event yang di Banjarnegara Mba, nanti kalau misalnya ada acara di Semarang atau di Jakarta dan Mba Dedew bisa kami (Sekolah raya) mau aja kok sharing bareng Mba :D

      Hapus
  11. Balasan
    1. @Happy, siaaap, makasih, semangat juga ya kuliah dan mencapai satu per satu mimpinya :D

      masih ngga percaya kalo Om TL itu cowok *tampar2 pipi*

      Hapus
  12. Ada kepuasan tersendiri ya.. Apalagi bisa ngebantu orang lain.. Bayarannya ya pahala aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Beby, bener banget bisa sharing dan bermain bersama itu sungguh luar biasa loh hehehe

      Hapus
  13. Acaranya bagus banget Mas Faris. Membuat anak2 Indonesia bergembira sambil belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mba Evi, sangat positif sekali Mba acaranya, apalagi kalau dilakukan dengan hati, salam tanpa gaji :D

      Hapus
  14. Kalau urusan soal foto, saya pakai kamera digital yang biasa saja deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ridha Harwan, Iya Mas, kamera biasa juga bisa bagus hasilnya :D

      Hapus
  15. Aih, keren deh dari kaleng bs hasilkn foto. .Jambore anaknya juga bermanfaat.. Lanjutkan mas Salman..., hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Eka Fikriyah, Hai Mba Eka, salam kenal ya, Yup bener banget Mba, kebetulan ada komunitas yang mengajarinya langsung yaitu Kamera Lubang Jarum Indonesia (KLJI), dan Jambore memang di gagas bersama oleh beberapa Komunitas juga, banyak manfaatnya :D

      Hapus
  16. Ah senangnya bermain bersama anak-anak yg saya lihat demikian antusias mengikutinya...
    Salut dgn kerelawanannya Mas. Saya belum mampu berbuat seperti Mas Salman ini.

    Salam,

    BalasHapus
  17. Ah senangnya bermain bersama anak-anak yg saya lihat demikian antusias mengikutinya...
    Salut dgn kerelawanannya Mas. Saya belum mampu berbuat seperti Mas Salman ini.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Titik Asa, Alhamdulillah masih bisa berbagi Pak Dhe, semangat Pak Dhe

      Hapus
  18. wess asik tuhh, masih polos,

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Angga Ong, mereka itu masih putih jangan kau nodai hahaha *ngomong apa iki*

      Hapus
  19. happy ya bisa sharing sambil bermain gitu mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Defa, wahaha happy banget nih :D

      Hapus
  20. Keliatan banget kalo ini jalan-jalan luar biasa,
    Seru banget kelihatannya hehe

    BalasHapus
  21. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  22. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.