Belajar dari Samsung di Banjarmasin


Jagad raya itu adalah laboratorium  bagi pikiran yang serba ingin tahu ~ Martin H. Fischer

Alam semesta dan jagad raya itu luas dan tak terbatas, begitu juga bumi ini pun luas. Bagi siapapun yang ingin mengetahui ilmu apapun, sebenarnya Tuhan telah memberikan beberapa sabdaNYA, bahwa alam dan seisinya merupakan tempat pembelajaran yang sangat luas dan tak akan habis jika digali terus-menerus. 

Martin H. Fischer menyebut jagad raya itu sebagai laboratorium, sebagai tempat bagi orang yang ingin tahu. Keingintahuan yang tinggi inilah yang mendasari beberapa penemuan ilmu dan pengembangan ilmu pada era sekarang. Kita tahu bahwa teknologi kini merupakan penyempurnaan dari edisi sebelumnya. Tidak statis namun dinamis dan akan terus menerus diperbaharui.

Secara singkat, belajar bisa dilaksanakan dimana pun, dan oleh siapapun yang ingin menjadi mahir di bidangnya. Dan, hal ini saya temukan pada beberapa hari lalu, tepatnya 28 Mei 2015, ketika saya berkesempatan hadir dalam pembukaan Rumah Belajar Samsung (RBS) di Banjarmasin. RBS saya artikan sebagai laboratorium pembelajaran yang sangat bermanfaat.

Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin   
 

Sebelumnya, Rumah Belajar Samsung telah di resmikan di beberapa tempat, yaitu Jakarta, Cikarang, Medan, dan Tanjung Morrawa (dekat Makassar). Bisa diartikan bahwa Banjarmasin sendiri merupakan tempat kelima RBS tersebut. PT Samsung Electronics Indonesia berkomitmen melalui Corporate Citizenship yang diwujudkan dengan pendirian RBS. Tujuan utama yang ingin dicapai sangat mulia, yaitu mengurangi jumlah angka pengangguran di usia produktif. Usia produktif berkisar antara 17-24 tahun.

Samsung mengandeng beberapa pihak yang ikut berkolaborasi dalam pembukaan RBS tersebut, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), dan SMK Yayasan Pendidikan Teknologi (YPT) Banjarmasin. Selain kedua pihak, pihak Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kota Banjarmasin memberikan dukungan penuh pada peresmian RBS tersebut.

Sebagai pelaksana program Rumah Belajar Samsung, SMK YPT memiliki standar kurikulum dan ISO dengan kualifikasi siswa yang mendukung program tersebut sehingga melahirkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja nantinya. Hal ini sepenuhnya berhubungan dengan komitmen RBS untuk mengurangi pengangguran di usia produktif.

Pada Rumah Belajar Samsung di Banjarmasin ini terdapat Samsung Smart Library. Samsung Smart Library merupakan sebuah media pembelajaran yang disiapkan pada Rumah Belajar Samsung untuk membantu proses belajar. Disiapkan sebanyak 20 Samsung Galaxy Tab untuk mendukung Smart Library yang berisi teori pendukung dan softskill yang dapat dipergunakan baik oleh siswa maupun masyarakat sekitar.

Ibu Siti Masitah, Kepala Sekolah SMK YPT Banjarmasin
Hadir dalam pembukaan Rumah Belajar Samsung, Kepala Sekolah SMK YPT Banjarmasin Ibu Siti Masitah, Vice President PT Samsung Electronics Bapak Lee Kang Hyun, Bapak Agum Gumelar beserta Istri, Perwakilan dari Gubernur Kalimantan Selatan, Bapak Iskandar Irwan dari Yayasan Cinta Anak Bangsa, dan beberapa perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

Pada sambutannya, Pak Lee mengungkapkan bahwa Samsung berkomitmen dalam pendidikan dan pengangguran, hal ini telah direalisasikan dalam "Rumah Belajar Samsung". Para pembicara lain, juga menyatakan hal serupa dan mendukung kegiatan Rumah Belajar Samsung dan diharapkan beberapa perusahaan lain ikut melaksanakan program yang sama. 



Kisah Sukses Almuni RBS 


Bukti bahwa RBS telah berhasil mengurangi angka pengangguran di usia produktif dihadirkan Deri sebagai pembicara dalam sesi tanya jawab dengan media dan blogger. Deri mennyatakan bahwa RBS telah memberikan kontribusi sangat positif terhadap karirnya. Saat ini ia telah memiliki perusahaan kecil yang bergerak dalam bidang jasa perbaikan AC.

Galeri Foto




Belajar dari Samsung di Banjarmasin Belajar dari Samsung di Banjarmasin Reviewed by Salman Faris on 6/07/2015 04:40:00 PM Rating: 5

52 komentar:

  1. mantap samsung, hebat banjarmasin. inovasi dan dedikasi, wow!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @I Jeverson, keren kan hehehe, semoga bisa diikuti sama brand2 lain ya :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. @Mba Katerin, sangat inspiratif dan membuat hati semakin tergugah Mba :)

      Hapus
  3. Wah, pejabat banyak yang datang, ya?

    Hihihi
    Bukan rezeki ikutan Salman ke sana
    Ini masih ada tulisan lanjutan, Man?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anaz, hahaha iya may be next time, yang kemalaysia juga belum rejeki gue hahaha, insyAllah ada lanjutannya hehehe

      Hapus
  4. Setuju banget mas salman, kalau belajar itu bisa dimana saja dan kapapun. Karna hidup ini tidak akan lepas dari yang namanya belajar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Wida, belajar dari siapapun, dan belajar dari mana saja kan? hehehe

      Hapus
  5. semoga rumah belajar seperti ini makin banyak didirikan di Indonesia, terutama di pelosok agar anak2 di sana bisa lebih baik kesempatan belajarnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Jarwadi, setuju banget, ini semacam tangung jawab sosial bagi seluruh lapisan masyarakat :)

      Hapus
  6. jadi sangat wajar jika kemudian kita yang telah mendapatkan banyak ilmu dan manfaat dari yang telah di berikan Samsung kemudian menggunakan produk Samsung untuk semua alat elektronik dengan merk Samsung dong yah.
    beli Hp Samsung ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Cilembu Thea, ini sebuah panggilan buat masyrakat Kang untuk sharing ilmu juga, dan ngga harus perusahaan gede yang melakukannya :)

      Hapus
  7. srunyaaa... di aceh kapan ya ada acara keren seperti ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Liza, seru banget Liza, apalagi ketemu sama murid2 RBS di Banjarmasin

      Hapus
  8. serunya bisa belajar dari samsung, keren nih samsung :)

    BalasHapus
  9. Langkah Samsung ini harus diikuti perusahaan-perusahaan besar lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Goiq, amin2, semoga kedepan perushaan lain juga melakukan hal yang sama ya :)

      Hapus
  10. Persh lain harus ngikutin langkah samsung nih, biar dana CSR mereka bisa dimanfaatin dengan lebih bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas Fahmi, yup bener dan setuju banget Mas, harus diikuti biar pengangguran berkurang

      Hapus
  11. pengen tahu lebih banyak tentang "Kisah Sukses Almuni RBS" kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Bisot, kita siapkan liputan gimana hahaha :D

      Hapus
  12. kereeen ya samsung, sekeren mas salman, bisa ikutan ke banjarmasin..ngiriii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mba Dedew,m keren banget Mba, dan ini salah satu CSR dari samsung yang wajib diikuti sama perushaan lain :)

      Hapus
  13. Mas salman seringnyah dateng ke acara2 seperti ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @winda Phee, Alhamdulillah, ada kesempatan untuk di undang kesini nih hehehe

      Hapus
  14. keren banget ya samsung , kapan ya ada acara belajar dari samsung ke daerah ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Defa, iya mba sangat berguna banget kan bagi sesama

      Hapus
  15. ternyata samsung sekeren ini ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anisah, iya keren banget kan hahaha

      Hapus
    2. gk nyangka.. samsung membuat dobrakan baru..
      keren banget emang samsung ;D

      Hapus
  16. Gokil nih Samsung :3 langkah yang bermanfaat untuk banyak orang :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Febri, keren loh, ini udah Rumah Belajar Kelima yang di bikin sama Samsung :)

      Hapus
    2. Wohooo, kelima? Keren banget ini :3

      Hapus
  17. samsung keren banget (y) di daerah ku belum ada acara gini mas :)

    BalasHapus
  18. Kira-kira bikin proyek apaan yah samsung di Banjarmasin. Bisanaya ada proyeknya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm iya kak...biasanya juga gtu sih :D

      Hapus
  19. ada saya disini, hehe

    http://3.bp.blogspot.com/-m1W2RpnP4zk/VXP-hmsHLOI/AAAAAAAAD5k/fWeayG_KP0Q/s1600/_DSC0442.JPG

    BalasHapus
  20. Waah salut sama Samsung ya. Aku termasuk samsunglovers, 2 hpku samsung semua dan dari pertama kali punya android sampe sekarang pakainya samsung mulu :)

    BalasHapus
  21. RBS itu bukan nya rem cakram buat mobil yaaaa hahaha

    BalasHapus
  22. aku juga salah satu pecinta produknya samsung.. :)
    keren yak, inovatif dan inspiratif banget.. :D

    BalasHapus
  23. waaah... itu event kayaknya seru banget kak ^^ jadi pengen ikutan belajar juga deh :)

    BalasHapus
  24. Wihh samsung keren banget ya...

    BalasHapus
  25. wwhh.. ininiihh keren banget dah kalo buat pertungjukan :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.