7 Tips Liburan Murah, Menyenangkan dan Anti Galau

4/25/2016 05:38:00 PM


Mau liburan tapi ngga punya banyak uang atau tabungan makin lama makin menipis? Eits, jangan sedi, berkecil hati atau galau kemudian stress dan akhirnya bunuh diri, uhhh ngga jaman deh sekarang kayak gitu. Saya punya 7 tips liburan murah tapi menyenangkan dan pastinya anti galau. Untuk menikmati liburan dengan budget yang minimalis, tentunya ada beberapa strategi yang harus direncanakan dan dimusyawarahkan apabila ingin liburan dengan mengajak anggota keluarga.

Destinasi Wisata Murah  

Sebelum mendalami apa tipsnya, saya akan membahas terlebih dahulu destinasi yang sangat terjangkau sehingga bisa menghemat dari segi destinasi atau tempat wisata yang akan dikunjungi. Indonesia memliki banyak sekali wisata dan inilah beberapa kota atau destinasi wisata yang sangat terjangkau :

Kepulauan Seribu


Gugusan kepulauan di utara Provinsi DKI Jakarta ini merupakan 10 Bali Baru, destinasi yang diharapkan akan menjadi seperti pulau Dewata, Bali. Keistimewaan dari kepulauan seribu adalah pulau-pulau wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Wisatawan dalam negeri menyebut kepulau seribu sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Jakarta karena selain murah, fasilitas yang ditawarkan pun cukup hemat dimulai dari paket wisata keliling tiga pulau seperti onrust, cipir dan kelor dengan harga sekitar 100 ribu rupiah kemudian paket-paket lain yang tak lebih dari 500 ribu per orang.

Yogyakarta


Bagaimana tidak jatuh cinta dengan Yogyakarta? Tradisi Jawa yang masih kental, keramahan warga dan kota ini bisa dibilang sebagai salah satu kota favorite wisatawan asing selain Bali. Berbagai destinasi wisata terkenal seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Keraton Yogyakarta, Malioboro dan Goa Pindul semuanya ada di Yogyakarta. Masalah makanan, jangan khawatir  karena saya pernah membeli makanan termurah berkisar antara 5.000 sampai 15.000 satu porsi, sangat murah bukan? 

Cirebon


Berjarak sekitar 3 jam lebih dan ditempuh dengan kereta api, Cirebon menjadi satu magnet baru bagi pelancong untuk sekedar mengunjungi keraton kanoman, keraton kasepuhan, tamansari sunyaragi atau masjid pajunan. Cirebon juga menjadi salah satu utama di jalur pantura, apalagi semenjak tol cipali dibuka, jarak tempuh dari Jakarta menuju ke Cirebon pun sangat cepat. 

kuliner Cirebon juga tidak kalah dengan kuliner daerah lain. Bahkan salah satu kuliner khas Cirebon empal gentong menjadi kesukaan saya. Selain empal gentong, nasi jamblang atau nasi lengko juga bisa menjadi pilihan yang pas setelah berkeliling keraton atau sunyaragi.

Inilah tiga kota atau destinasi yang termasuk dalam kategori murah atau terjangkau. Beberapa kota lain yang termasuk dalam kategori ini adalah Bandung, Surabaya, Malang, Solo dan Semarang.

7 Tips Liburan Murah

Sudah ngga sabar apa saja tipsnya? Ini dia 7 tips liburan murah, menyenangkan dan anti galau.

1. Booking / Pesan Tiket Transportasi (Pesawat, Kereta Api, Bus) Jauh-Jauh Hari



Tips pertama ini sangatlah mujarab apabila dipraktekan. Saya sudah membuktikannya sendiri manfaat booking tiket pesawat atau kereta api dari jauh-jauh hari. Saya pernah terbang ke Jepang hanya dengan 1,9 juta pulang-pergi, kemudian pergi ke korea hanya dengan 2,3 juta dan yang paling terbaru yang saya rasakan adalah pergi ke bali hanya dengan 300 ribu pulang pergi.

Usahakan untuk membeli tiket paling maksimal 6 bulan sebelum keberangkat karena banyak sekali maskapai penerbangan mempunyai program promo yang sangat mengiurkan pada 6 bulan sebelum keberangkatan.

Oh iya, jangan lupa untuk menjadi anggota/member dari maskapai-maskapai karena biasanya pada email newsletter inilah promo-promo ini disebarluaskan. Dan saat yang sangat tepat untuk berburu tiket adalah pada minggu malam atau senin dini hari karena beberapa maskapai melakukan promo saat awal minggu.

2. Buatlah Itenerary 

Walau kelihatannya sepele, namun membuat itenerary atau rencanan perjalanan saat liburan bisa menghemat budget kamu sampai beberapa ratus ribu atau bahkan jutaan rupiah. Rencanakan perjalanan kamu dengan memuat semua destinasi atau tempat wisata, harga tiket masuk, biaya makan dan biaya hotel setiap harinya.

Untuk solo traveler tentunya sangat berguna apabila bepergian ke berbagai negara dalam waktu yang sangat lama. Bagi traveler yang berpergian bersama keluarga mencatat semua rincian dalam sebuah itenerary sangatlah membantu pada waktu hari H liburan.

3. Survey Online dan Bantuan Teman 

Ada baiknya sebelum liburan dimulai, lakukan survey kecil-kecilan dengan bantuan Mbah Google.Carilah informasi sedetail-detailnya tentang informasi tempat wisata yang dituju mulai dari jam kunjungan, harga tiket masuk, fasilitas dan apa yang unik dari tempat wisata tersebut. Jangan sampai ketika kamu ke tempat wisata sudah tutup atau ternyata tempat tersebut tidak tersedia toilet, hal tersebut bisa di hindari dengan survey online terlebih dahulu.

Punya teman atau saudara di kota yang dituju pada saat liburan? Kamu sangat beruntung. Kamu bisa mendapatkan informasi yang mungkin saja tidak diinformasikan pada website. Bisa saja cerita teman atau saudara kamu justru memperkaya wawasan kamu mengenaik obyek wisata.

4. Tempat Wisata Murah atau Gratis


Mengunjungi tempat wisata yang murah atau gratis? Eh, why not. Tempat wisata yang murah atau bahkan gratis bukan berarti tidak menarik atau kurang gengsinya. Bahkan tempat wisata murah atau gratis justru memberikan sensasi yang berbeda seperti museum, candi atau pantai

Saya suka pantai bukan karena murah atau gratis tapi karena berada di pantai dan memandangi pasir putih serta ombak membuat saya rileks. Apalagi ditemani dengan sepoi-sepoi angin dan bermain-main dengan kerang yang secara bebas bisa diambil dari laut sana.

5. Street Food dan Mini Market

Saya suka street food atau jajanan pasar. Alasannya bukan hanya saja murah tapi rasa makanan atau jajanan sangat lezat dan tak kalah dengan makanan di restoran berbintang. Bahkan ada salah satu street food yang rasanya mengalahkan rasa restoran ternama. Asalkan street foodnya bersih dan halal, makanlah sepuasnya karena haranya yang terjangkau.

Pada saat berliburan ke negara lain, saya sering sekali membeli air minum, makanan dan jajanan di mini market. Selain variasi produk yang sangat banyak, harganya pun sangat rasional bila dibandingkan dengan makan di restoran kelas atas.

6. Menginap di Hotel atau Penginapan Murah 



Salah satu biaya terbesar selain transportasi adalah akomodasi. Salah satu cara memangkasnya adalah dengan menginap dihotel yang terbatas fasilitasnya dan hanya memiliki kasur serta kipas angin saja. Upss, jangan segitu ngirit juga karena bisa juga kok booking hotel murah dengan fasilitas yang oke. Ngga percaya? Hotelnya ini bisa dikategorikan murah tapi ada WIFI gratis, AC, TV Layar Datar, Shower air panas dan air minum gratis. Iya ini dia Airy Rooms.

Airy Rooms kini hadir dengan lebih dari 1.000 kamar siap huni dan sudah ada di 13 kota besar di Indonesia. Airy Rooms menjamin kenyamanan setiap kamar dan fasilitasnya juga dijamin. Cara pemesanannya juga mudah hanya tinggal whatsapp dan telpon langsung. Untuk metode pembayarannya bisa dilakukan dengan mentransfer sesuai dengan harga yang tertera di webiste Airy Rooms dan tidak perlu kartu kredit.

AiryRooms Syariah Bandara Juanda ( www.airyrooms.com) 
Sebagai gambaran saya pilihkan Airyrooms Syariah Bandara Junada Sidoarjo dengan harga per malam sekitar 200 ribu. Fasilitas hotel yang nyaman dan lengka ini seperti hotel bintang 5 bukan? hehehe.

7. Local Transport

Dalam setiap liburan, usahakan selalu mengunakan transportasi lokal untuk menjangkau setiap tujuan wisata. Selain bisa menghemat, juga bisa sensasi merasakan obrolan warga lokal dan mengenal setiap transportasi lokal tersebut. Sebelum ke tempat wisata tanyakan setiap rute bus atau transport lainnya yang ada di sekitar hotek tempat menginap.

Semikian tips singkat dari saya. semoga bisa membantu liburan sehingga bisa murah, menyenangkan dan anti galau.

You Might Also Like

19 Comments

  1. Standar murah berbeda-beda untuk tiap orang ya Kan. Dan kalau memang niat banget untuk wisata destinasi yang disebutkan di atas memang tergolong murah. Sudah begitu tempatnya unik dan bakal banyak punya cerita

    BalasHapus
  2. Liburan 'mblangsak' cuma berani kalau rameam. Sendiri mah paling engga cari penginapan hotel bintang 3. Kalau sendirian nginep di hotel ga jelas..takut digrebek wkkwkw. Apadeh..

    BalasHapus
  3. Setuju sama street food ... Kl kyk di Phuket tuh, ada banyak street food. Milih banyak trus kenyang hehe.

    Anyway, jd penasaran sama yg namanya Airyrooms #kode

    haha!

    BalasHapus
  4. booking ke Salman dapet tambahan diskon gak? :)

    BalasHapus
  5. Standar murah tiap orang beda sih, dan standar penginapan yang nyaman juga beda.
    Buat aku penginepan bersih ga pengap itu penting banget

    BalasHapus
  6. wah bisa jadi alternative liburan yang menyenangkan

    BalasHapus
  7. Thanks untuk tipsnya mas! Lumayan untuk pegangan liburanku bulan depan. :D

    BalasHapus
  8. Pas banget apalagi sudah mau musim liburan ya..
    makasih :)

    BalasHapus
  9. thx infonya. layak dicoba dan segera ditindaklanjuti.. ;D

    BalasHapus
  10. Wah artikelnya menarik banget nih, keren deh buat kita-kita yang pengin berlibur terus dengan biaya terjangkau

    BalasHapus
  11. Kayakny mensurvei itu penting deh, saya bingung mau liburan kemana nih ntar, belum nemu tujuan :D

    BalasHapus
  12. Wah thanks buat tipsnya , menurut paling penting tips yang pertama sih.

    Soalnya waktu itu ane pernah liburan beli tiket pesawat di airpaz.com , harga tiketnya lbih murah di banding yang lain menurut ane. Semoga bisa membantu anda mencari tiket pesawat. :D

    BalasHapus
  13. tips menarik, ini artikel yang ditunggu2, mumpung mahu lebaran :)

    BalasHapus
  14. keren banget nih tipsnya,, layak di coba setelah lebaran...

    BalasHapus
  15. tapi yg dikhawatirkan kalo udah booking tiket jauh2 hari tuh kalo ga jadi berangkat hehe... urusannya repot lagi

    BalasHapus
  16. favorit saya jogjakarta. apa apa murah

    BalasHapus
  17. Terima kasih untuk tipsnya mas! Modal buat liburan ni,,

    BalasHapus
  18. keren tipsnya :D ntar saya coba praktekan deh hehehe

    BalasHapus
  19. Keren Tips, pengen mencoba trip yang murah ini

    BalasHapus