Dibalik Layar Musikal Khatulistiwa

10/25/2016 10:57:00 AM

 

Dibalik sebuah Drama Musikal pastinya banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Dibalik sebuah produksi "Drama Musikal" pasti terdapat orang yang sangat berperan namun tidak akan nampak dalam layar. Lalu apa saja sisi-sisi unik dalam sebuah proses menuju sebuah pementasan terutama Drama Musikal? Kemudian, siapa saja sih yang berperan dalam menyukseskan Drama Musikal ? Dan apa saja yang perlu disiapkan? Ternyata banyak sekali pertanyaan yang timbul dalam benak kita kan tentang 2 hari pementasan Drama Musikal.

Seperti halnya Film atau Sinetron, untuk memproses satu adegan saja dibutuhkan waktu cukup banyak, apalagi satu episode sinetron atau bahkan satu film dengan durasi sekitar 120 menit, dibutuhkan banyak waktu, tenaga, pikiran, ide dan lainnya. Makanya kita wajib menghargai jerih payah tim dibalik layar dengan mengapresiasi karyanya dengan menonton secara bijak dan tidak sembarang mengupload ulang di youtube karyanya. Kalau sekilas dan cenderung promosional sih tidak masalah hehehe.

Khatulistiwa, sebuah drama Musikal yang mengangkat sejarah Bangsa Indonesia dengan kemasan yang sangat berbeda pun memiliki sisi-sisi unik pada saat proses dibalik layarnya. Saya seperti dibawa masuk dan berada dalam suasana Musikal ketika saya melihat secara langsung Behind The Scenenya. Selain perasaan senang, saya pun merasakan bagaimana seluruh pihak dalam Khatulistiwa sangat berkerja keras demi kesuksesan acara bulan November.

Dari Balik Layar


Sutradara pasti selalu dalam sebuah karya, ibarat dalam mobil, pengemudilah yang akan membawa kita sampai pada tujuan, seperti itu pula tugas seorang sutradara yang membawa pertunjukan menuju kesuksesan. Namun ternyata bukan hanya seorang sutradara saja yang berperan dalam sebuah Drama Musikal, melainkan banyak pihak yang turut mendukung dari balik layar. Sebut saja Penulis Naskah, Penata Multimedia, Penata Musik, Penata Lighting, Penata Kostum, Koreografer dan masih banyak lainnya. Dan sekarang saya sadar bahwa dibalik sebuah karya terdapat tim solid yang bekerja dengan tangan dinginnya dibalik layar.

Seperti menonton Vlog Raditya Dika pada saat memproduksi film terbarunya Hangout, rasanya saya diajak untuk mengenal lebih jauh teknis pelaksanaan Drama Musikal Khatulistiwa. Saya harus menyebut Raditya Dika sebagai salah satu orang yang turut andil mengenalkan saya pada urusan teknis proses produksi sebuah film. Dengan gambaran Vlog itu, saya menjadi tahu betapa panjangnya sebuah produksi film. Salut dengan Vlog Raditya Dika yang memberikan pengetahuan film dengan gayanya yang kocak dan menghibur. Behind The Scene Drama Musikal Khatulistiwa ini pun memberikan gambaran yang sama. 

Mari kita berkenalan lebih dalam dengan Tiara Josodirdjo, Melvi Tampubolon, Adjie N.A, Nataya Bagya, Ifa Fachir dan Auguste Soesastra. 


Tiara Josodirdjo merupakan pengagas Drama Musikal Khatulistiwa atau Produser Eksekutif. Tiara memiliki pengalaman selama 21 mengelar event mulai dari pernikahan, eksibisi dan perhelatan lainnya. Tiara memiliki ketertarikan untuk mengemas sebuah pertunjukan yang memuat konten lokal seperti "Kampung Anak Indonesia" dan "Bawang Merah dan Bawang Putih".

Tak jauh berbeda dengan Tiara, Melvi Tampubolon, Produser, pun memiliki kecintaan yang hampir sama. Melvi menyukai pertunjukan 'Broadway'. Berangkat dari kecintaan inilah, Melvi bercita-cita menghadirkan konsep broadway yang diangkat dari cerita-cerita Indonesia.


Adjie N.A, sosok yang sederhana, namun pemikirannya tak sederhana yang dibayangkan. Adjie memiliki pengalaman yang mumpuni dibidang pertunjukan atau film. Adjie sering menjadi sutradara pertunjukan teater dan menjadi acting coach dalam beberapa film sepeti Guru Bangsa Tjokroaminto, Cahaya dari Timur, Filosofi Kopi, Surat Cinta Dari Kartini dan lainnya.

Ifa Fachir dikenal sebagai anggota dari band Maliq and the Essential. Selain itu, Ifa terkenal sebagai Composer, Music Director dan Produser. Pernah mendengar Jatuh Hati milik Raisa? Ya, Ifa adalah orang dibalik lagiu ini. Jauh sebelum berkiprah dalam musik Indonesia, Ifa telah mengenal lebih dahulu musik-musik populer di New York, tempat Ifa belajar musik pertama kalinya. Maka tak heran apabila Ifa sangat tepat menemoati posisi Music Director pada Khatulistiwa.  


Tak lengkap sepertinya jika tidak mengenalkan bahwa dibalik bagusnya kostum pertunjukan terdapat seorang desainer handal. Auguste Soesatro, pria yang menempuh pendidikan Arsitektur di Sydney, ini membuktikan bahwa apapun background pendidikan, passion menjadi desiner pun bisa diwujudkan. Setelah dari Sydney, Auguste mempelajari mode pakaian di Paris dan New York. Bagi Auguste, dalam Khatulistiwa inilah untuk pertama kalinya memproduksi kostum pertunjukan untuk ratusan orang sekaligus.

Wah, ternyata dibalik sebuah pementasan terdapat orang-orang dengan dedikasi dan melakukan semuanya dengan passion dan hati mereka. Kalau kamu? Apa yang menjadi panggilan jiwamu?

Artis Dan Ratusan Talent


Selain orang-orang yang berperan dibalik layar, pendukung utamalah yang nantinya akan menjadi pusat perhatian pada pementasan nanti. Tak banyak yang tahu bahwa Drama Musikal selalu menyajikan cast yang banyak dari bervariasi dari usia dini sampai yang telah senior. Dan bukan hanya dalam hitungan jari, pemeran musikal kali ini mencapai angka ratusan orang. Makanya dibutuhkan waktu latihan sampai berbulan-bulan untuk menghasilkan pementasan dua hari tersebut.


Rio Dewanto adalah salah satu aktor yang mendukung Khatulistiwa kali ini. Selain itu terdapat Kelly Tandiono, Sita Nursanti, Tika Bravani, Ade Firman Hakim, Epy Kusnandar, Gabriel Harvianto, Haikal Baron dan masih banyak lainnya.

Mau tahu seperti apa suasana dibalik layar Drama Musikal Khatulistiwa. Ini dia videonya untuk kamu semua.


Jangan lupa nonton Drama Musikal Khatulistiwa pada tanggal 19-20 November 2016 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

You Might Also Like

13 Comments

  1. Wah bacanya pas udah lewat, huhu

    BalasHapus
  2. issshhh, nuansa black and white pada fotonya kece. *salah fokus yak gue hahaha.
    btw.. nonton dong kita yaaaa

    BalasHapus
  3. Pass banget, mau nonton ah nanti :)

    BalasHapus
  4. Sepertinya seru banget tuh drama musikalnya...

    BalasHapus
  5. Keren2 ya orang2nya yang di balik layar.. luar biasa nih pasti orang2nya, hanya tahu namanya beberapa aja nih yang terlihat..

    BalasHapus
  6. Gak sabar nunggu film ini rilis..pengen nonton sama temen2

    BalasHapus
  7. Orang-orang di baliknya keren-keren euy. Drama musikal sih emang lebih ribet dibanding teater drama biasa ya. Harus ada penyelarasan musik dan latihan timing gitu. Ehehe.

    BalasHapus
  8. Ngga bisa kebayang gimana kerennya pas lagi berlangsungnya acara, dimana2 drama musikal nggak ada lah yg namanya ngga bagus, pasti bagus semua

    BalasHapus
  9. Memang dibalik karya yang sophisticated, ada sebuah persiapan yang mantap pula.

    BalasHapus
  10. Menyatukan banyak kepala itu susah banget lho, semoga nanti pertunjukan nya sukses

    BalasHapus
  11. Ternyata orang di balik layar keren-keren ya.....
    Pasti seru tuh drama musikalnya

    BalasHapus
  12. Kayaknya bakal jadi film yang popular nih, kita tunggu saja..

    BalasHapus
  13. Pasti seru nih filmnya, ditunggu ah..

    BalasHapus