GERMAS : Cara Praktis Bergaya Hidup Lebih Sehat

1/18/2017 10:30:00 AM

salmanbiroe.com : GERMAS (Gerakan Masyarkat Hidup Sehat)

Hal-hal besar dapat dilakukan dengan satu langkah awal. Langkah awal inilah yang mungkin sulit dilakukan, namun percayalah apabila satu awalan ini dilakukan, selanjutnya akan lebih mudah bahkan akan selalu menyenangkan. Begitu pula untuk mengawali hidup sehat, langkah-langkah kecil sangat perlu dilakukan, apabila ditunda, maka bukan tak mungkin akan sangat fatal dan berujung di rumah sakit.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali mengiatkan GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Minggu lalu, tepatnya Jumat, di Kementerian Kesehatan dilakukan olahraga bersama seperti senam, lari, jalan sehat dan tenis meja. Selain olahraga, Kementerian Kesehatan juga membuka peluang usaha yaitu petani-petani dari beberapa daerah untuk menjual hasil kebun berupa sayuran, buah, tanaman dan makanan yang tentu saja sehat.


Pada kesempatan ini, kami sempat berbincang bersama Ibu Nila Djuwita Moeloek tentang bagaimana GERMAS ini dapat diterima oleh Masyarakat. Ibu Menteri menyebutkan bahwa program ini adalah wujud partisipasi masyarakat dengan harapan seluruh warga ikut aktif dan secara bersama-sama mewujudkannya. Langkah kecil yang dilakukan adalah olahraga bersama di Kantor-kantor kementerian dan instasi swasta. 

Dahulu kita mengenal hari Jumat sebagai hari olahraga disetiap kantor bukan hanya pemerintahan namun kantor swasta, sekolah dan fasilitas publik secara aktif mengadakan olahraga bersama. Bahkan, dulu di sekolah kami melakukan senam SKJ (Senam Kesehatan Jasmani) yang selalu dinanti-nantikan oleh murid di sekolah saya. Atau setiap hari minggu di fasilitas publik diadakan olahraga bersama yang membuat warga sekitar terpacu untuk bergaya hidup lebih sehat.

Saya sempat menanyakan, apakah perlu seorang public figure yang dijadikan sebagai role model dalam GERMAS ini? Secara tegas Ibu Menteri menjawab bahwa GERMAS adalah gerakan secara bersama-sama menjadi lebih sehat. GERMAS tidak membutuhkan role model perorangan, justru kitalah yang menjadi role model (agent of change) untuk masyarakat sekitar kita. Saya terkesan dengan jawaban Ibu Menteri, sudah saatnya mengubah midnset bahwa harus ada seseorang yang membuat kita hidup lebih sehat, namun motivasi dalam dirilah yang harus diperkuat dan menginspirasi orang lain untuk hidup sehat.

3 Langkah Bergaya Hidup Sehat (GERMAS)

salmanbiroe.com : GERMAS (Gerakan Masyarkat Hidup Sehat)

Mau Hidup Sehat? Mau Sehat menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari? Tapi tidak tahu bagaimana cara memulainya? Eits, jangan khawatir saya akan membeberkan 3 langkah mudah yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya tambahan atau tanpa ribet alias praktis.

Ini dia 3 langkah praktis bergaya hidup lebih sehat :
1. Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari dengan olahraga
2. Makan buah dan sayur secara rutin
3. Periksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali

Nah, mudah bukan 3 cara untuk hidup lebih sehat. Selanjutnya saya akan bedah lebih lanjut bagaimana melakukan ketiga hal tersebut secara efektif berserta tipsnya.

Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari 


Setiap harinya, secara tidak sadar kita melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, naik sepeda, membersihkan rumah dan lainnya. Nah, melalui GERMAS, kita dituntut untuk lebih aktif dan melakukan kegiatan fisik secara rutin. Alangkah lebih baiknya kita melakukan olahraga rutin setiap hari, namun disaat kesibukan dan dealine menyerang. waktu terasa sempit dan malas melakukan kegiatan fisik. 

Untuk menghindari kemalasan dan waktu yang sempit, usahakan untuk berjalan ke arah kantor atau berjalan ke pasar bagi ibu-ibu yang sering naik ojek. Atau kalau anda penguna busway atau angkutan umum, bisa dicoba untuk berhenti satu halte lebih jauh dari halte sebenarnya dan berjalan kurang lebih 15 menit, maka pulang pergi akan tercapai aktivitas fisik ini. Mudah bukan? Tidak harus meluangkan waktu khusus namun bisa disiasati dengan berjalan lebih banyak dari biasanya.Apabila waktu kebih luang, usahakan untuk melakukan olahraga ringan  atau membereskan rumah yang telah berantak misalnya menjadi nilai plus dan sehat. 

Makan buah dan sayur secara rutin


Makan buah dan sayur menjadi momok bagi sebagian orang. Namun, buah dan sayur memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan. Apalagi biaya rumah sakit yang kian meningkat menjadi pengingat kita bahwa sakit jauh lebih mahal daripada menjaga kesehatan. Memang buah dan sayur menambah budget belanja harian, namun apabila keluarga sehat, biaya rumah sakit tidak akan digunakan. 

Bagi yang tidak suka buah dan sayuran, cobalah makanan dengan campuran antara daging dan sayur atau makanan olahan yang terbuah dari sayuran dan buah untuk variasi sehingga jauh lebih sehat. Buah dan sayur memiliki vitamin lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh untuk meregenerasi sel-sel tubuh sehingga tubuh lebih fresh.

Periksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali


Percayalah bahwa sakit itu lebih mahal dari sehat. Tanamkan dalam diri bahwa biaya rumah sakit mahal dan akan lebih mahal daripada kita membeli tambahan buah untuk keluarga kita. Ibu-ibu harus mulai pandai menyuguhkan masakan yang kandungan gizinya seimbang dan lebih sehat dengan tambahan buah. 

Sebagai bagian untuk menjaga kesehatan, dibutuhkan pemeriksaan rutin selama 6 bulan sekali. Kita tidak akan tahu penyakit apa yang menimpa kita dalam kurun waktu beberapa tahun, apabila kita tidak rutin mengecek kondisi kesehatan. GERMAS mengalakan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar terhindar dari satu penyakit berbahaya. Setiap kali kita memeriksa kesehatan, maka segala hal akan dicek, misalnya gula darah, kolesterol, asam, dan lainnya. 

Sudah saatnya menjalankan GERMAS ini sebagai bagian dari hidup dan gaya hidup. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? 

Informasi lengkap mengenai GERMAS 

Website Kementerian Kesehatan 
http://www.depkes.go.id/

Social Media 
Twitter : https://twitter.com/KemenkesRI

You Might Also Like

12 Comments

  1. nice pos mas, Bermanfaat sekali. mempeung masih muda dan sehat harus selalu menerapkan pola hidup yang sehat. Jangan nunggu sakit- sakitan baru sadar.

    BalasHapus
  2. banyak makan buah biar sehat pokoknya mas :)

    BalasHapus
  3. Betul banget kalau pemikiran menjadi sehat emang harus dibentuk.. Saya setuju dengan penerapan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli sayuran dan buah karena melihat biaya rumah sakit sangat mahal..

    BalasHapus
  4. Gerakan Masyarakat sehat seperti ini sudah mulai diupayakan oleh kampung saya, tiap hari Jumat pagi ibu-ibu melakukan senam pagi bersama di depan rumah Pak RT masing2

    BalasHapus
  5. kalau gaya hidup seperti ini kebanyakan dari negara luar, mereka lebih sukan bergaya hidup sehat. mohon komentar baliknya om untuk kerja sama

    BalasHapus
  6. Secara tidak sengaja saya telah melakukan ketiga langkah praktis tersebut, Mas. Jauh sebelum adanya gerakan yang bernama Germas.
    Ketiga langkah praktis itu saya rasa memang sangat diperlukan, apalagi bagi saya yg sudah kepala 5 ini...

    Salam,

    BalasHapus
  7. Makan makanan sehat udah
    rutin cek up udaahh

    tpi yang olahraga tiap hari 30 menit itu lho.. duh susahnyaaa, semacam tubuh ini tidak ingin bergerak kwkkww

    BalasHapus
  8. PAda poin "Periksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali" itu kayaknya jarang saya lakukan.

    BalasHapus
  9. Sehat memang gak harus mahal.
    Olahraga ga harus nge-gym. Asal jalan kaki tiap hari secara rutin. Itu juga dapat menyehatkan tubuh.

    BalasHapus
  10. Terima kasih sekali mas infonya, sangat bermanfaat tentunya...
    Semoga semakin banyak masyarakat kita yang menjalankan gaya hidup sehat :)

    BalasHapus
  11. bisa dicobalah tips diatas, tapi kadang sering lupa karena belum ada yang ngingetin..

    BalasHapus
  12. sdh melakukan tips2 yg di share di artikel ini. Tq

    BalasHapus