Cara Mudah Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

1/28/2021 05:32:00 PM

 

mewujudkan-resolusi-tahun-baru

Setiap tahun baru, masyarakat berbondong-bondong mengucapkan doa dan harapan sebagai resolusi. Setelah pesta usai, maka sirnalah sudah resolusi yang telah diucapkan pada malam pergantian tahun baru. Padahal resolusi tahun baru merupakan momen yang sangat tepat, ketika semangat dan harapan pun digaungkan pada semesta dan Tuhan. Namun, setelah kembali ke rutinitas, seolah semuanya tak terjadi apapun, dan resolusi hanya tinggal ucapan belaka. 

Pun demikian, saya mengalami kejadian serupa dengan kebanyakan orang. Setiap malam pergantian tahun, saya mengucapkan banyak doa dan harapan. Namun, selang beberapa bulan bahkan hanya dalam hitungan minggu semuanya hanya terkenang di memori, tanpa ada sebuah tindakan untuk mewujudkannya. Ibarat kata, saya sudah berjanji pada diri sendiri untuk berubah kearah yang lebih baik, namun ternyata hanya bersifat sementara. Dalam beberapa hari kemudian, saya mengulangi kesalahan yang sama, dan mengingkari janji saya terhadap diri saya sendiri. 

Faktanya, sebuah studi yang dilakukan oleh Richard Wiseman dari Universitas Bristol  menunjukkan bahwa 88% dari mereka yang memiliki resolusi tahun baru gagal mewujudkannya. Padahal, 52% dari responden yakin pada awalnya bahwa mereka akan berhasil mewujudkannya.

Ya, dan saya bukan satu-satunya yang gagal mewujudkan resolusi tahun baru, masih ada 88 persen penduduk di dunia ini yang melakukan kesalahan yang sama. Bayangin aja kalau penduduk di bumi ini sekitar 7 milyar, maka sekitar 6 milyar orang yang tidak berhasil mewujudkan resolusi, sebuah angka yang cukup banyak banget kan.

Kemudian timbul pertanyaan, bagaimana cara mewujudkan resolusi tahun baru? Karena sangat banyak yang tidak berhasil mewujudkannya. 

Sebelum saya membagikan tips, saya sedikit menyinggung tentang momen awal tahun dalam hidup saya. Iya, saya lahir tanggal 4 Januari, sehingga momen inilah yang membuat saya sangat termotivasi untuk membuat resolusi sekaligus kado bagi diri saya sendiri. Dan, inilah saat yang tepat untuk membuat resolusi sehingga bisa terwujud satu per satu. 

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal 

Kenapa Resolusi tidak Berhasil Diwujudkan? 

Jika melihat bintang di langit, maka bukan hanya satu atau dua bintang saja, melainkan banyak sekali. Seketika saat melihat bintang, rasanya ingin memiliki semua bintang tersebut. Sama dengan halnya mimpi dan harapan, rasanya banyak sekali hal yang ingin digapai dalam hidup, namun tidak melihat apa yang sebetulnya dibutuhkan dalam waktu dekat. 

Resolusi itu baik, namun jika terlalu banyak, pun tidak membuatnya semakin baik, malah membuat diri terbebani dengan target yang telah dibuat. Selain itu, banyak yang menuliskan resolusi yang kadang sangat sulit diwujudkan dalam waktu dekat seperti memiliki rumah dan mobil. 

Selain itu, banyak yang memiliki anggapan bahwa hidup itu mengalir seperti air, sehingga tidak memerlukan resolusi atau target dalam waktu satu atau dua tahun ke depan. Dan, sebetulnya pilihan masing-masing, dan saya memilih untuk menuliskan resolusi yang menjadi target dalam setahun ke depan. Tujuannya tidak lain adalah sebagai motivasi sekaligus pengingat bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. 

tips-mewujudkan-resolusi


Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

Lalu bagaimana mewujudkan resolusi sedangkan banyak orang hanya mengucapkan dan menuliskannya sebagai bagian dari ritual tahun baru saja, yang kemudian terlupakan?  

Nah, saya akan membagikan tips mewujudkan resolusi berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa sumber informasi dari beberapa website. Semoga tips ini membantu kamu yang sedang merencanakan sesuatu yang sangat besar tahun ini. Semoga terkabul ya semua doa dan harapan kalian semua, Amiiin. 

Tuliskan Resolusimu

Sebetulnya jika menyebut tuliskan resolusimu, pasti akan sangat mudah. Namun, ternyata hal ini tidak dilakukan banyak orang. So, kamu harus memulainya dengan menuliskan apa yang ingin kamu capai. Resolusi ini sebetulnya tidak ada patokannya, namun saya berpendapat kalau apa yang kalian tulis harus realistis dan bisa dipenuhi dalam waktu yang cukup singkat hitungan bulan (sekitar 12 bulan). 

Apa saja yang bisa dituliskan sebagai resolusi? Oke, saya biasanya akan menuliskan mulai dari hobi saya, misalnya ingin jalan-jalan ke Jepang. Kemudian, kamu juga bisa menuliskan target pribadi seperti memiliki subscriber di youtube sebanyak 10 ribu misalnya atau kamu ingin naik jabatan di kantor. Tuliskan semua target dan keinginan dalam selembar kertas kosong. 

Resolusi yang Realistis

Kadang karena terlalu ingin menggapai semua impian, maka kamu menuliskan banyak hal. Boleh saja kamu menuliskan banyak harapan namun harus dipisahkan mana yang bisa diwujudkan dalam waktu dekat dan mana yang bisa diwujudkan dalam waktu 2 atau 3 atau bahkan 5 tahun kemudian. So, tuliskan resolusi tahun baru ini dengan sangat realistis dan sesuai dengan target yang ingin dicapai tahun ini. Misalnya, saya ingin menurunkan berat badan 10 kilogram tahun ini, resolusi ini bisa menggantikan resolusi saya ingin kurus. 

Resolusi yang Spesifik 

Kenapa tidak berhasil mewujudkan resolusi? Mungkin ini salah satu kesalahan yang terjadi saat menuliskan resolusi, terlalu umum dan tidak spesifik. Misalnya seperti resolusi ingin kurus namun tidak dibarengi dengan spesifikasi misalnya ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram, atau ingin memiliki banyak follower sebaiknya bisa menuliskan target follower misalnya 10 ribu. 

Kenapa harus spesifik? Kadang otak akan merekam angka dengan lebih cepat daripada hanya kata-kata saja, sehingga resolusi dengan kata dan angka akan lebih terekam lebih baik. 

Jabarkan Resolusimu

Setelah menuliskan resolusi, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Oke, setiap resolusi sebaiknya dijabarkan dalam lini masa sehingga lebih jelas. Misalnya ingin menurunkan berat badan 10 kilogram, maka dalam setiap bulan harus turun berat badan sekitar 1 kilogram. 

Jika dijabarkan dalam waktu tertentu, maka target resolusi kita akan terasa sangat ringan dan bisa diwujudkan dalam waktu satu tahun atau kurang. 

Mulai dari Sekarang

Inilah bagian yang tersulit dalam mewujudkan resolusi, iya kapan mulai resolusi itu sendiri. Maka, jika tidak memulainya dari sekarang, akan berakhir sama dengan yang lainnya. Resolusi hanya akan tinggal catatan saja tanpa ada kemauan untuk mewujudkannya. 

Mulailah dengan Langkah kecil setiap hari, minggu, dan bulan sehingga prosesnya akan terasa dan akhirnya akan terwujud secara perlahan. Semangat untuk membuat harapan yang lebih baik inilah yang menjadi motivasi bagi saya dan kita semua. 

Akhirnya, saya hanya bisa memberikan tips sederhana yang bisa menjadikan resolusimu semakin bisa terwujud. Selebihnya, semuanya adalah keinginan dari dalam diri sendiri yang bisa mewujudkan semua resolusi. 

Semoga semua resolusi bisa terwujud, Amiiin!



You Might Also Like

0 Comments