Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

1/27/2021 12:41:00 AM

 

mulai-bisnis-online

Memulai sebuah usaha pastinya banyak banget modal yang dibutuhkan, apalagi jika berhubungan dengan penjualan produk, tapi apa benar bisa memulai bisnis tanpa modal sekali pun? Apa sih yang dibutuhkan? Pasti butuh gaji karyawan seperti kasir, beli mesin kasir, dan beli bahan pokok kalau misalnya usaha restoran misalnya. Dan, saya sudah membukti bahwa tanpa modal pun saya bisa membuka usaha dan masih bertahan hingga saat ini. 

Pasti banyak penasaran apa saja yang mesti dilakukan untuk memulai bisnis online dari nol tanpa modal? Untuk menjawabnya saya yakinkan terlebih dahulu bahwa modal utama dari bisnis adalah niat dan kegigihan, semua ada jalannya apalagi teknologi sangat mendukung bisnis secara online. Kalau dulu untuk membuka bisnis dibutuhkan modal usaha cukup banyak karena membutuhkan toko untuk display barang dan stok barang, sekarang hal ini tidak mutlak dibutuhkan karena bisa dijalankan tanpa toko secara fisik bahkan gudang untuk menampung stok barang sekalipun tidak dibutuhkan. 


Jenis Bisnis Tanpa Modal 

Sebelum membuka bisnis, cari tahu terlebih dahulu apa saja sih bisnis yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Berikut ini beberapa bisnis yang tidak memerlukan modal atau hanya membutuhkan sedikit modal saja.

jenis-bisnis-tanpa-modal


Tour Travel 

Salah satu jenis usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali adalah tour travel. Iya, usaha jenis ini yang dibutuhkan adalah keahlian dalam mengatur perjalanan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Pengalaman jalan-jalan merupakan modal utama dari usaha ini. Saat ini sedang marak tour online yang hanya membutuhkan modal internet dan alat seperti zoom meeting saja. 

Reseller atau Dropshipper

Pernah mendengar reseller atau dropshipper? Nah, bisnis ini dijalankan bekerjasama dengan produsen yang memiliki produk. Jika terjadi pembelian, maka reseller akan mengontak produsen untuk mengemas barang kemudian produsenlah yang akan mengirimkan barang pada pembeli. 

Jasa Video atau Fotografi

Punya kamera menganggur? Punya keahlian bikin video atau hobi foto? Kamu bisa menggunakan keahlianmu untuk menawarkan jasa foto atau pembuatan video. Saat ini banyak sekali dibutuhkan jasa foto atau video seperti wedding, perusahaan dan foto produk untuk bisnis online. Kamu bisa memanfaatkan teman yang membutuhkan jasa ini supaya bisa berkembang. 

Web Designer 

Punya hobi ngotak-atik web dari nol hingga bisa diakses dengan fitur yang canggih? Kamu bisa menjadi web designer dengan bayaran cukup menggiurkan dari jutaan sampai puluhan juta per bulan dari keahlian satu ini. 

Agen Properti 

Semua orang membutuhkan rumah, apalagi pengantin baru atau orang yang baru pindah dari kota lain. Properti itu bisnis yang menggiurkan karena tidak akan pernah surut sampai kapan pun. Nah, kamu bisa menjadi agen properti dengan menawarkan rumah dimana pun dan akan mendapat komisi yang cukup menggiurkan banget loh. 

Nah, itu dia beberapa jenis bisnis tanpa modal, sebetulnya masih banyak lainnya seperti freelance writer, design grafis, penerjemah, dan masih banyak lainnya. 


Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal 

Bagaimana tipsnya untuk mulai bisnis karena masih awam dengan dunia ini dan masih bingung dengan jenis bisnis yang akan digeluti nanti. Tenang, saya akan membagikan tips yang sangat relevan dan mudah diikuti karena merupakan pengalaman sendiri dan disertai dengan beberapa referensi dari mbah google. 

cara-mulai-bisnis

Cari Tahu Jenis Bisnismu

Sebelum mulai bisnis, ada baiknya mencari tahu apa yang kamu sukai dan memiliki pasar tersendiri. Misalnya kamu hobi jalan-jalan, kamu bisa mulai menanyakan apakah traveling ini memiliki pasar yang cukup banyak, dan jawabannya iya. Kemudian, kamu memiliki pengalaman traveling dan mengatur perjalanan secara mandiri? Jika kamu memiliki keahlian dibidang itu maka kamu siap memulai bisnisnya. 

Carilah banyak referensi melalui online, bertanya teman dan keluarga, kemudian cari inspirasi dari media apapun termasuk media sosial seperti instagram, twitter dan lainnya. 

Mulai Aja Dulu

Mungkin terkesan sangat klise, namun memang sangat benar sekali kalau untuk sukses berbisnis kamu harus memulai terlebih dahulu. Dengan mulai kamu belajar banyak hal termasuk menjual produk dan memasarkannya. 

Saya membuka bisnis tour travel dan hasilnya saya mampu menjual satu paket tour sebelum pandemi. Walaupun hanya satu paket, namun saya tetap mencatatnya sebagai prestasi yang luar biasa. Saya belajar untuk menjalankan bisnis dan berpromosi melalui media yang gratis yaitu instagram dan facebook. 

Promosi Gratis Melalui Social Media

Dahulu, untuk beriklan di sebuah surat kabar dibutuhkan biaya yang sangat mahal. Kini, promosi secara gratis di social media sangat mudah dan sangat efektif. Apalagi saat ini jika pasarnya adalah kaum milenial dan socialita, maka media seperti Instagram dan Facebook sangat tepat. Pelajari jenis social media dan gunakan secara berkala sehingga bisa berinteraksi dengan follower. Gunakan bahasa yang santai namun informatif sehingga bisa menjangkau banyak orang. 

Buka MarketPlace 

Beberapa aplikasi market place sudah sangat banyak dan mudah diakses melalui smartphone, ini tentu saja memudahkan bisnis kita terutama yang bergerak dalam reseller atau dropshipper. Seperti social media, kita harus menampilkan display yang sangat bagus sehingga menarik perhatian pembeli. Jangan lupa untuk menampilkan keterangan sejelas-jelasnya agar pembeli akan tertarik dan kemudian melakukan order. 

Gunakan Aplikasi Online Mesin Kasir 

Setelah terjadi transaksi, dibutuhkan sebuah aplikasi online seperti mesin kasir untuk memantau penjualan yang masuk sehingga tidak dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencatat melalui handphone. Saat ini banyak sekali aplikasi online seperti post.app. Selain mengetahui penjualan, aplikasi ini bisa mengetahui stok barang yang terjual dan tersisa saat itu juga. Tentu saja aplikasi seperti ini sangat membantu sekali dalam bisnis ini. 

Pisahkan Rekening Bisnis dan Pribadi

Sering kali, setelah mendapatkan keuntungan, beberapa saat kemudian sudah habis karena rekening bisnis disatukan dengan rekening pribadi. Jangan lupa untuk memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi. Ini saangat penting karena untuk memantau pertumbuhan bisnis dan keuntungan yang telah diraih dalam bisnis ini. 

Setelah memisahkan rekening, kita bisa mengaji diri sendiri sebagai bagian dari kerja keras yang sudah dilakukan selama ini. 

Komitmen Seperti Bekerja di Kantor 

Kadang kala kita lupa kalau sebetulnya bisnis pun dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Aturlah waktu bekerja seperti di kantor misalnya jam kerja, waktu istirahat dan buatlah target penjualan seperti target bulanan dan tahunan serta target pasar yang akan dicapai. Dengan adanya komitmen, maka bisnis ini bisa berkembang dan melebih gaji pada saat dikantor atau bahkan menjadi pelengkap jika kamu memilih ini sebagai bisnis sampingan. 

Nah, itulah cara memulai bisnis tanpa modal yang sangat dibutuhkan komitmen dan kerja keras sehingga bisa berkembang dan maju sangat pesat. 

You Might Also Like

0 Comments