Tips Menggali Bakat Dan Minat Melalui After School

11/02/2023 01:12:00 PM

 

Bakat dan Minat seseorang itu bisa diasah semenjak bangku sekolah. Memang benar bahwa bakat dan minat itu kadang bisa dipakai di pekerjaan atau tidak digunakan sama sekali, namun dengan menggali bakat dan minat tersebut akan membantu seseorang dalam memahami dirinya sendiri. Bayangkan jika seseorang yang sangat mahir dalam renang dan atletik, namun tidak menonjol dalam bidang lainnya, dan akhirnya menjadi atlet. Atau seseorang yang pintar dalam akademik namun tidak terlalu pandai dalam olahraga, maka dia akan memilih menjadi seorang dokter. 

Tanpa disadari, menggali minat dan bakat itu sangat penting sejak dini, dan dilakukan melalui tes sehingga benar-benar menggambarkan bakat dan minat yang sesungguhnya. Setelah melalui tes tersebut, berikan fasilitas yang mendukung seperti properti dan bimbingan. Lebih baik lagi jika anak mendapatkan bimbingan dari ahlinya. 

Tips Menggali Minat Dan Bakat Melalui After School

Menggali minat dan bakat melalui kegiatan di luar jam sekolah adalah langkah penting dalam perkembangan diri seseorang. Berikut beberapa langkah yang dapat membantu Anda atau anak Anda dalam mengidentifikasi dan mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan di luar jam sekolah:

Amati dan Diskusi

Amati dan perhatikan apa yang menarik perhatian Anda atau anak Anda. Apakah itu seni, olahraga, musik, sains, atau bidang lainnya? Setelah menemukan kesukaan anak tersebut, diskusikan minat dan keinginan dengan anak Anda. Mintalah mereka berbicara tentang apa yang mereka sukai dan apa yang ingin mereka pelajari atau lakukan di luar sekolah. 

Eksplorasi Beragam Kegiatan

Coba berbagai kegiatan ekstrakurikuler atau klub yang ditawarkan di sekolah atau di komunitas setempat. Ini bisa mencakup klub olahraga, klub seni, klub musik, atau kegiatan sejenisnya. Setelah itu, jangan lupa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan membantu Anda atau anak Anda untuk mengeksplorasi minat yang beragam. Bisa melalui sekolah atau diluar sekolah, atau bahkan dilingkungan rumah yang dekat dengan pantauan orang tua.

Pertimbangkan Keterampilan dan Bakat

Identifikasi keterampilan atau bakat yang sudah ada. Misalnya, jika seseorang memiliki bakat musik, pertimbangkan untuk mengembangkannya melalui pelajaran musik atau pertunjukan musik. Dengan pengembangan bakat tersebut, maka anak akan menikmati dan belajar lebih banyak tentang bakat dan minat yang dimiliki. Ekosistem yang ada dalam keterampilan tersebut sangat membantu berkembang lebih jauh.

Jika seseorang memiliki minat dalam sains, pertimbangkan untuk mengikuti kelas atau klub ilmiah. Dengan mengikuti club tersebut, selain mengasah minat bakatnya, bisa mengasah kemampuan lain seperti manajamen oraganisasi, sosialisasi dan aspek-aspek lain yang bisa ditemukan dalam club tersebut. 

Dukung Pendidikan Formal dan Non-Formal

Selain aktivitas sekolah, pertimbangkan untuk mengikuti kursus atau pelatihan non-formal yang relevan dengan minat dan bakat yang ingin dikembangkan. Melalui pendidikan non-formal, sejatinya menambah value dan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak didapatkan melalui pendidikan formal. 

Meski demikian, pendidikan formal juga sangat penting, maka dari itu perhatikan pengembangan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan formal, seperti kuliah atau jurusan yang sesuai. Selesaikan dan priorotaskan pendidikan formal terlebih dahulu, sebelum mengambil pendidikan non-formal sehingga kedua pendidikan tersebut bisa mendukung kebutuhan pendidikan. 

Berikan Dukungan Orang Tua

Orang tua memiliki peran penting dalam mendukung anak-anak mereka untuk mengejar minat dan bakat. Berikan dorongan dan dukungan, baik secara finansial maupun emosional.

Biarkan anak Anda merasa bebas untuk mengeksplorasi minat mereka dan memberikan mereka kesempatan untuk mencoba hal-hal baru.

Ingatlah bahwa menggali minat dan bakat memerlukan waktu dan usaha. Penting untuk memberikan fleksibilitas dalam pengejaran minat dan bakat seseorang karena minat dan bakat dapat berkembang seiring waktu. Jangan lupa untuk selalu memprioritaskan kebahagiaan dan kepuasan pribadi dalam proses ini.

Bincang Pentingnya After School Bersama Sinotif 

Dalam webinar bersama Sinotif dan Erafno, dijelaskan bahwa bakat dan minat itu harus digali sejak dini. Dan salah satu caranya adalah dengan after school yang ada. Saat ini after school sangat banyak pilihan sehingga sebagai orang tua dan anak harus bisa memilih dna menentukan after school yang diikuti agar tidak menggangu jam sekolah dan pelajaran sekolah. Nah, kebetulan banget ada Sinotif, salah satu pembelajaran interaktif yang sangat terkenal dalam bidang eksakta. Biasanya anak akan memilih Bimbel Matematika atau Les Private Matematika, nah Sinotif ini bukan hanya sekedar les private namun lebih dari itu.

Sinotif adalah spesialis bimbingan belajar ilmu eksakta dan khususnya di bidang matematika, fisika dan kimia. Sinotif resmi didirikan pada 25 Maret 2000 dan telah berkembang menjadi bimbingan belajar online dengan konsep “live dan interaktif” sejak pandemi tahun 2020. Hingga saat ini, Sinotif telah berhasil melayani lebih dari 30.000 pelajar dari seluruh Indonesia.

Selama lebih dari dua puluh tahun, Sinotif terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa dari berbagai sekolah nasional dan internasional, mulai dari SD, SMP, SMA hingga mahasiswa semester satu di perguruan tinggi. Menggunakan metode online langsung dan interaktif, Sinotif menawarkan pengalaman belajar “personal online” dengan beragam pilihan program untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan setiap siswa.


You Might Also Like

0 Comments