Serunya Menyaksikan Pembukaan Asian Games 2018

  • 8/22/2018 06:36:00 AM
  • By Salman Faris
  • 5 Comments


Siapa sih yang ngga kepengen nonton pembukaan perhelatan akbar se-Asia di Jakarta dan Palembang? Saya termasuk diantaranya yang pengen banget menyaksikan pembukaan Asian Games tersebut. Mungkin inilah momen seumur hidup sekali yang bisa dirasakan, apalagi Jakarta kali ini menjadi tempat Opening Ceremony Asian Games ke 18 ini. Kebetulan banget pembukaannya dilaksanakan pada tanggal 18 bulan delapan tahun 2018, wah memang tanggal yang sangat cantik banget kan? 

Saya ingat betul ketika Sea Games 2011 diadakan di Jakarta dan Palembang, pada waktu itu saya tidak berkesempatan menonton pembukaannya karena dilaksanakan di Palembang, tepatnya di Stadiun Jaka Baring. Dan, pada saat itu tidak bisa sekalipun menonton pertandingan apapun yang ada di Jakarta, padahal waktu itu saya sedang di Jakarta. Sangat menyesal karena tidak bisa menyaksikan secara langsung pertandingan bulutangkis yang menjadi salah satu olahraga yang saya sukai.



Kesempatan emas tidak datang dua kali, inilah saat yang pas dan tepat untuk menyaksikan secara langsung pembukaan Asian Games 2018. Saya ditemani oleh Aris dan Mba Tuty, dan beberapa teman media lain mendapatkan kesempatan langka ini. Sehari sebelumnya, saya sempat curhat di Socmed, kenapa saya tidak mendapatkan kesempatan untuk nonton seperti teman saya. Eh, dasar memang sangat beruntung, saya dikontak seseorang dan memberikan tiket gratis kepada kami bertiga. Wah, sungguh sebuah kebetulan yang sangat tidak disangka-sangka. 

Mungkin, dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, saya adalah satu dari diantara ribuan orang yang bisa menonton secara langsung dari Gelora Bung Karno. Beberapa tahun nanti, saya bisa cerita dengan bangga, bahwa saya pernah menyaksikan secara langsung acara terakbar ini. 

Sore itu sekitar pukul 5 sore, saya dan beberapa orang lain menyusuri jalan setapak di kawasan Gelora Bung Karno yang telah dipercantik sehingga sangat nyaman dan bersih. Sebelumnya kami berkumpul di FX Sudirman untuk meeting pointnya. Pengamanan acara pembukaan sangatlah ketat, bahkan terdapat beberapa pemeriksaan berlapis yang membuat kami selalu menyiapkaan tas untuk diperiksa di beberapa lokasi seperti di pintu masuk kawasan GBK dan pada saat dipintu masuk stadion GBK. 



Sebelum acara inti, terdapat acara hiburan diluar dari artis utama yang akan mengisi acara pada pembukaan Asian Games. Nah, setelah acara hiburan, kemudian masuk kepada acara inti dengan masuknya motor yang dinaiki oleh Presiden Jokowi. Kemudian, Pak Jokowi masuk ke tribun kehormatan dengan tamu-tamu dari berbagai negara di Asia. Setelah itu disambut dengan tarian dari Provinsi Aceh, yaitu tari Bugong Jeumpa dan ditarikan masal oleh ribuan orang dengan membentuk formasi yang sangat apik dan cantik. Saya sangat terpukau dengan formasi yang dibuat oleh penari-penari yang dengan cepat dapat mengganti pakaiannya dalam hitungan detik.

Suatu kebanggaan, tari daerah dapat naik tingkat ke level Asia dan ditonton milyaran pasanga mata di seluruh kawasan Asia. Bahkan, kecepatan gerakan yang ditampilkan tidak nampak kelelahan atau melambat, malah justru semakin cepat dan sangat cepat.



Setelah pembuka yang sangat cantik kemudian dilanjutkan dengan parade atlet dari seluruh negara Asia yang mengikuti perhelatan olahraga terbesar di Asia bahkan Dunia. Diawali dengan Afganistan dan negara-negara lain sesuai abjad serta diakhiri dengan parade dari tuan rumah, Indonesia. Selama parade, penonton selalu mendukung seluruh negara tersebut tak terkecuali dari Palestina.

Setelah parade atlet kemudian dilanjutkan dengan acara seremonial seperti sambutan, janji atlet dan lainnya. Setelah acara seremonial tersebut dilanjutkan dengan penampilan Via Vallen dengan lagu Meraih Bintang dan ditutup dengan lagu Bright As The Sun, yang dinyanyikan oleh Ariel, Sheryl dan Rian D'massive.



Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa, bisa menyaksikan pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta ini. Mungkin, peristiwa ini akan menjadi sejarah yang manis, dan belum tentu akan diulang dalam beberapa tahun kedepan. Sukses dan selamat bertanding atlet Indonesia. 


You Might Also Like

5 komentar

  1. Upacara pembukaan asean games 2018 tidak akan pernah terlupakan, dan pastinya bangga menjadi orang Indonesia :)

    BalasHapus
  2. Saya saja sampai sekarang kalau melihat kembali pambukaan asean games, masih kagum banget sama penampilan para penari :)

    BalasHapus
  3. Bangga banget Indonesia menjadi tuan rumah asean games 2018 :)

    BalasHapus
  4. Walaupun hanya melihat dari layar TV saja, saya sudah kagum banget sama pertunjukan yang di tampilkan di pembukaan. Bagaimana jika melihat secara langsung ya, wah pasi tidak bisa berkata-kata lagi :) hehe

    BalasHapus
  5. Pengalaman yang tak terlupakan ya bisa menonton secara langsung pembukaan Asean Games 2018 :)

    BalasHapus