Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Tujuan Domestik Di Indonesia

8/23/2019 11:44:00 AM


Siapa yang pengen dapat harga tiket murah dan traveling kemana pun bahkan keliling Indonesia? Siapa yang ngga mau sih, iya kan? Kalau saya sih pengen banget keliling Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Miangas, Rote? Iya Miangas adalah pulau terluar bagian barat sedangkan Rote adalah pulau terluar di bagian Selatan. Beruntungnya saya pernah mengunjungi Pulau Rote yang awanya luar biasa indah. 

"Tiada langit yang tidak sempurna di Rote ini."

Saya selalu mengucapkan kekaguman pada Rote, sebagai salah satu destinasi yang paling favorite. 

"Tiket pesawat sekarang mahal loh."

Iya memang tiket pesawat agak lumayan mahal dibandingkan dengan tahun lalu, tapi masih bisa banget di siasati dengan banyak hal kok. Mau tahu ngga caranya dapat tiket murah seperti tiket pesawat malaysia airlines dan tiket airlines lainnya.


Berikut ini tips mencari tiket pesawat murah tujuan Domestik di Indonesia.

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari


Kadang kita selalu membeli tiket mendadak yang mengakibatkan harganya sudah melonjak naik berkali-kali lipat dari harga normal. Saya pernah mengecek suatu penerbangan, pada waktu itu saya ingin memajukan penerbangan sehari sebelumnya, namun ternyata harganya sudah 2 kali lipat dari beberapa hari sebelumnya. 

Usahakan belilah tiket pesawat jauh-jauh hari sekitar 6 bulan, atau bahkan 1 tahun sebelumnya apabila menemukan promo menarik dan sangat murah. Saya pernah mendapatkan harga penerbangan yang sangat lumayan sekitar 50 persen lebih murah dari harga tiket pada saat promo spesial. 

Perhatikan periode perjalanan, juga hari pergi dan pulang Anda

Kadang kita suka mengabaikan hari pergi dan pulang, karena sangat mengirit cuti. Padahal kalau kita ingin mendapatkan tiket pesawat yang cukup murah, kita sesuaikan dengan waktu yang kurang favorite untuk liburan seperti weekdays. Usahakan stok cuti masih banyak dan tidak terikat dengan waktu, sehingga bisa mengambil hari seperti selasa sampai kamis atau jumat. Misalnya durasi perjalanan satu minggu, maka sebaiknya berangkat pada rabu dan pulang pada hari selasa. Memang ini sangat jarang dilakukan oleh pekerja kantoran, namun saya sangat sarankan jika memiliki cukup cuti.

Kalaupun tidak memiliki cuti, berangkatlah pada jumat dan pulanglah pada hari senin. Atau kombinasi kamis-senin, jumat-selasa, rabu-senin dan kamis-selasa. Kombinasi lainnya juga bisa asalkan memilih weekdays dan menghindari weekend.


Pelajari Tren Promo Maskapai


Yes, kadang kita sering lupa kalau maskapai seperi Mas ini memiliki jadwal promo yang tetap dan sesuai dengan spesial event seperti tahun baru atau musim liburan. Jadi kita harus mengenali terlebih dahulu jadwal promo maskapai yang sudah lama kita incar. Usahakan kumpulkan informasi lengkap tentang promo. Dan, jangan lupakan reminder pada setiap promo maskapai tersebut.

Pilih Penerbangan Dengan Rute Transit 


Kalau rute langsung sangat mahal, cobalah rute transit yang lumayan memotong harga sampai setengah harga. Kalau kita memiliki banyak waktu, cobalah memilih penerbangan yang tidak langsung, dengan durasi perjalanan yang cukup dan tidak terlalu lama. Namun, masalah kenyamanan tidak akan masalah. 


Jangan Memborong Tiket Pesawat


Oh iya, jangan pernah memborong tiket pesawat karena biasanya harganya akan lebih mahal karena harus memilih kursi pesawat yang berdekatan. Jika kita pergi sekeluarga, usahakan untuk membeli sesuai kursi, misalnya 3 -3 atau 3-2-3 atau yang lainnya.

Bagaimana cara pemesanan tiket,  via online atau pas travel fair? Kalau saya sih lebih suka beli tiket pesawat online. Alasannya simple banget karena ngga pakai ribet dan bisa kapan saja ngga tergantung pada waktunya. Biasanya saya pesan tiket melalui pegipegi. Mengapa memilih pegipegi karena tinggal pesan melalui aplikasi dan bisa membayar melalui transfer bisa, via atmbisa,  kartu kredit juga bisa, dan berbagai macam fitur pembayaran lainnya.

Nah, itu tadi tips mencari tiket pesawat murah tujuan domestik di Indonesia. Selamat berburu tiket pesawat murah ya.




You Might Also Like

0 Comments