Dari Hobi Menjadi Pekerjaan Ramah Lingkungan

2/16/2021 11:30:00 PM

 


Sebuah pekerjaan impian bisa memenuhi keinginan sekaligus idealisme yang selama ini diperjuangkan. Iya, saya menyebutnya dari hobi menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menghasilkan pendapatan, siapa yang tidak memiliki keinginan seperti ini? Tentu saja banyak orang berlomba-lomba mewujudkanya termasuk saya. Alangkah bahagianya bisa bekerja sesuai hobi apalagi yang berhubungan dengan green jobs.

Green Jobs merupakan pekerjaan yang mengutamakan lingkungan atau ramah lingkungan terutama berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan dan rendah emisi . Belakangan ini pekerjaan ini mulai naik daun sejalan dengan gaya hidup minimalis dan ramah lingkungan. Saya termasuk yang memiliki cita-cita memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan, entah itu pertanian, perkebunan, peralatan masak dan perangkat lainnya yang ramah lingkungan. 

Seberapa banyak sih pekerjaan yang merupakan green jobs Gleen Croston (2008) melakukan list pekerjaan yang dapat dikategorikan "green". Setidaknya saat ini ada 75 pekerjaan yang masuk kedalam list tersebut. Pekerjaan tersebut berupa pengembangan energi alternatif, pengolahan air dan limbah, hingga produk pertanian organik. Indonesia memiliki hampir semua potensi untuk mengembangan seluruh pekerjaan yang dicantumkan oleh Gleen Croston. Dengan berbagai potensi tersebut, Green Jobs dapat tumbuh subur di Indonesia.

Mengenal Green Jobs 



Seperti yang sudah dijelaskan melalui grafis melalui sumber ILO (International Labour Organization) dari coaction.id, tanpa disadari green jobs sebetulnya telah berada dimasyarakat, namun banyak yang tidak mengetahui itulah pekerjaan yang ramah lingkungan. Dan, dari banyak pekerjaan tersebut, peran generasi muda sangatlah penting dan krusial karena berhubungan dengan teknologi dan pengembangan pengetahuan misalnya urban farming

Urban farming adalah gaya hidup yang belakangan ini mulai bersemi pada saat pandemi mewabah ke seluruh dunia termasuk kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Ternyata pandemi ini membuat sebagian masyarakat sadar bahwa selama ini gaya hidup sehat dan ramah lingkunganlah yang membantu mengatasi permasalahan klasik selama ini. 

Nah,  selain urban farmer,  profesi lainnya yang sangat mendukung gaya hidup lebih sehat adalah Organic Foodpreneur. Profesi ini sangat mengedepankan apapun yang berhubungan dengan organik. Bukan saja sehat,  namun secara dampak terhadap lingkungan pun sangat kecil karena menggunakan pupuk organik. 

Profesi lainnya adalah start up yang bergerak dalam bidang energi,  terutama energi terbarukan. Sejalan dengan dorongan dari forum antar negara yang mengutamakan ekonomi melalui sumber energi terbarukan dan rendah emisi, oleh karena itu pemerintah Indonesia juga mendorong pesatnya energi alternatif melalui start up. 

Manfaat Green Jobs

Setelah mengenal beberapa pekerjaan yang ramah lingkungan tersebut memiliki manfaat yang sangat luas baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Menjaga Kelestarian Lingkungan

Salah satu manfaat dari pekerjaan ini adalah menjaga kelestarian lingkungan. Pekerjaan ini membuktikan bahwa bekerja sesuai denhan hobi dan passion serta panggilan hati pun bisa memberikan kontribusi langsung terhadap lingkungan sekitar.

Menjadi Role Model 

Bagi generasi muda yang belum mengenal green jobs,  maka pekerjaan inilah yang membuat orang lain tergerak dan mengikuti jejaknya. Menjadi role model sehingga lebih dapat menyakinkan orang lain untuk bersama-sama bekerja dan turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Membuka Lapangan Pekerjaan 

Green jobs dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat atau petani lokal yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan atau teknologinya. Dengan profesi ini,  maka peluang untuk membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan masyarakat lokal pun semakin terbuka. 

Menumbuhkan Ekonomi

Dengan adanya lapangan pekerjaan baru dan pemberdayaan masyarakat,  maka roda perekonomian pun dapat berputar dan tumbuh seiring kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat. 

Menjaga Keberlangsungan Kehidupan

Selama ini kekayaan alam atau sumber daya alam yang tidak terbarukan dimanfaatkan secara berlebihan sehingga masyarakat lupa bahwa sumber daya tersebut akan habis. Demi keberlangsungan kehidupan mendatang,  maka sudah saatnya memanfaatkan sumber daya yang terbarukan dan tida merusak alam seperti teknologi listrik dari panel surya. 

Dari Hobi Menjadi Pekerjaan Ramah Lingkungan 



Siapa yang memiliki hobi bercocok tanam atau kewirausahaan? Nah,  saya memiliki hobi wirausaha yang diturunkan dari Ayah saya. Memang masih belum seahli Ayah,  namun saat ini saya sudah memiliki rencana untuk mengembangkan bisnis trip. Bisnis ini sebetulnya bukan hal yang baru,  namun saya memiliki ide untuk menggabungkan antara jalan-jalan dan green jobs yang telah disebutkan sebelumnya.

Banyak yang belum menyadari bahwa pekerjaan yang ramah lingkungan juga harus menyentuh sisi personal masyarakat. Selama ini kenapa masyarakat cenderung mengabaikan apapun yang berbau lingkungan atau keberlangsungan kehidupan? Karena beberapa faktor terutama penyampaian pesan yang cenderung menyalahkan masyarakat. Oleh karenanya, dibutuhkan formula baru dengan kemasan yang menyenangkan namun berisikan pesan bahwa apapun yang mengandung unsur ramah lingkunga bukan untuk tujuan satu dua orang saja melainkam untuk semuanya.

Dari permasalahan inilah,  kedepannya saya akan mengemas sebuah trip di Indonesia atau Luar Negeri dan akan membawanya ke sebuah perkebunan atau pertanian lokal yang menggunakan pupuk organik dan menghasilkan produk yang luar biasa. Unsur lokal dan ramah lingkungan akan saya tonjolkan sehingga selain menyenangkan juga mengedukasi. Setelah itu,  produk pertanian tersebut akan diolah langsung menjadi kuliner khas lokal yang sangat lezat.

Sebetulnya profesi apapun bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa green jobs bisa dilakukan siapapun dan mulai dari diri kita sendiri untuk mulai menggunakan apapun yang ramah lingkungan. Belajar hidup lebih tanggap terhadap sesuatu yang dapat merusak lingkungan.

Untuk menuju kearah besar kita membutuhkan langkah kecil seperti hemat air dan listrik serta menggunakan kantong belanja sendiri pada saat di supermarket pun bisa memberikan kontribusi pada lingkungan. Ayo mulai dari diri sendiri,  bisa melalui hobi dan pekerjaan yang digeluti saat ini. Go Green Jobs!


You Might Also Like

0 Comments