Tips Memulai Bisnis Merchandise Dengan Modal Kecil Untung Besar

2/09/2021 11:30:00 PM

 

peluang-bisnis-merchandise

Seorang kawan lama tiba-tiba menghubungi saya melalui Whatsapp, isi pesannya menanyakan bagaimana melakukan promosi bisnis percetakannya yang semakin sulit di masa pandemi. Tantangan terberat dari sebuah bisnis adalah melakukan promosi dengan konten yang sudah disiapkan sebelumnya dan konsisten menyajikan informasi mengenai bisnis serta memberikan solusi dari masalah dengan produk yang kita tawarkan. 

Pun demikian, setahun silam sebelum pandemi, saya memutuskan membuat sebuah usaha travel orginizer, sebagai sebuah solusi bagi banyak orang yang tidak sempat memikirkan dan melakukan perencanaan perjalanan ke beberapa negara seperti Korea dan Jepang. Namun, dikarenakan wabah mendunia, maka bisnis ini terpaksa dipending terlebih dahulu. 

Dan, sehari lalu saya sempat berbincang dengan seseorang yang ternyata memiliki bisnis yang sama dalam bidang tour & travel dan kemudian beralih ke bisnis merchandise dan kuliner. Yang menarik, justru pada saat pandemi inilah, ide-ide bisnis yang selama ini tidak terpikirkan atau anti mainstream tercetus. Mungkin, karakter manusia yang sudah kepepet akan cenderung lebih memiliki ide brilian ketimbang yang masih dalam zona nyaman. 

Nah, dari obrolan teman saya inilah kemudian saya menemukan bisnis yang bisa dilakukan dari rumah selama masa pandemi ini. 

Baca juga : Tips Mendapatkan Penghasilan Bagi Blogger Pemula

Jenis Bisnis Merchandise

jenis-bisnis-merchandise

Merchandise ternyata banyak sekali ragamnya, sehingga saya kelompokan menjadi beberapa kategori sehingga bisa memudahkan jika ingin melakukan bisnis yang sama.

Pernak-Pernik Mug dan Piring 

Mug atau cangkir kecil yang biasanya digunakan untuk membuat kopi atau teh pun tambah semakin cantik jika ditambah dengan tulisan yang membuat semangat untuk memulai hari. Selanjutnya, piring pun sama dengan mug, bisa ditambahkan logo atau tulisan dari brand sehingga menarik dan berwarna ketika melakukan makan siang bersama teman atau keluarga. Nah, kamu bisa membuat mug dan piring menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dengan memanfaatkan kreativitasmu. 

Barang-Barang Promosi 

Banyak kegiatan dan rencana biasanya membuat lupa jika tidak dicatat dalam sebuah buku kecil atau notes. Dan, untuk menuliskannya dibutuhkan pulpen. Kedua barang ini sangat sering digunakan brand untuk menampilkan logo atau pesan brand sehingga selalu diingat oleh penggunanya. Selain itu terdapat beberapa barang lainnya seperti payung, jam dinding, flash disk dan lainnya.

Casing Handphone 

Selain barang promosi, kamu bisa juga membuat casing handphone menjadi sesuatu yang sangat unik dan sangat bernilai. Bahkan, saat ini banyak sekali permintaan membuat casing handphone secara custom sehingga tidak pasaran atau sangat personal. Nah, bisnis ini juga sangat mengiurkan banget. 

Sablon Kaos dan Jaket

Banyak sekali brand, komunitas, organisasi atau bahkan perseorangan membuat kaos yang bertuliskan sesuai dengan keinginannya, tujuannya biasanya adalah ingin terlihat berbeda dan memiliki ciri khas. Nah, ini sebuah peluang yang harus dimanfaatkan sehingga bisa membuat kaos atau jaket yang terlihat biasa menjadi luar biasa dengan tambahan kata atau gambar yang menarik. 


Cara Memulai Bisnis Merchandise 


Setelah melakukan bisnis beberapa tahun dan mengarungi dunia content creator serta memahami manajemen dari pengalaman ngantor, maka inilah ramuan mujarab untuk memulai bisnis yang sukses. Oh iya, saya jadi ingat dulu di SMA saya pernah jualan kartu nama dan hasil jualan ini saya gunakan untuk membeli buku bacaan. Intinya, sebelum membuka bisnis kita mau mempelajari lebih dalam apa yang kita jual. 

Yuk, kita intip apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis merchandise. 

Belajar Lebih Tentang Merchandise 

Sebelum membuka bisnis, sebaiknya kita memiliki pengetahuan umum dan lebih mendalam mengenai marchandise. Kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh pebisnis adalah tidak mengetahui secara mendalam bisnis yang akan dijalaninya. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah bagaimana bisnis ini bisa menjanjikan di masa mendatang. Jika masih hijau dan belum paham, coba tanya kepada teman atau saudara yang memiliki bisnis sama. 

Survey Peralatan Seperti Printer 

Salah satu hal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis ini adalah printer. Biasanya terdapat banyak model printer, nah kamu bisa mencari informasinya dari online atau tanya ke teman atau saudara mana printer multifungsi yang bisa digunakan beragam kebutuhan bisnis ini. Saya menyarankan untuk menyewa atau membeli tergantung dari kebutuhan dan skala bisnisnya. Nah, kalau mereknya sepengalaman saya HP adalah salah satu printer terbaik seperti Laserjet Pro M404DN atau  Laserjet Pro M454DN. 

Manfaatkan Aplikasi Gratis di Smartphone 

Banyak sekali aplikasi gratis di smartphone yang memudahkan kita untuk membuat desain. Nah, kamu bisa memanfaatkan untuk membuat desian kaos atau jaket serta pernak-pernik lainnya.  Selain aplikasi desian, banyak juga aplikasi gratis untuk mengatur bisnis dan keuangan. 

Gunakan Social Media dan Market Place 

Saat ini social media adalah salah satu yang sangat powerfull sehingga bisa digunakan untuk menjual atau mempromosikan bisnis. Selain itu, beberapa market place juga bisa digunakan untuk berjualan karena jangkauannya bisa seluruh Indonesia dan luar negeri. 

Bangun Tim Management Bisnis

Jangan lupakan tim bisnis, jika kamu melakukannya sendiri pun usahakan melibatkan teman atau keluarga sebagai penasehat sehingga keputusan yang diambil pun bisa lebih menyakinkan ketimbang memutuskan sendiri. Selain itu, kamu harus merekrut orang yang berpengalaman dalam desain, administrasi dan lain-lain. 

Mulai Bisnismu Sekarang 

Setelah melakukan banyak hal, survey dan menimbang ini itu, ada yang lebih penting dari semua ini, yaitu mulai bisnismu sekarang juga. Iya, beberapa orang menyebutkan terjun aja sekalian ke sungai, nanti setelah tenggelam maka kamu akan tahu untuk berenang dan memainkan gelombang sungai. Sama juga dengan bisnis, jika tidak memulai maka tidak akan tahu bagaimana meraih keuntungan dan kesuksesan nantinya. So, mulai aja dulu. 

Lakukan Evaluasi Berkala 

Setelah memulai bisnisnya kamu akan tahu apa yang sudah dilakukan dan mendapatkan pengalaman berbisnis. Bisa jadi dalam satu tahun misalnya, penjualan masih kurang dan kemudian kamu bisa mengambil langkah-langkah sehingga bisa melakukan inovasi untuk lebih baik. 

Nah, ini dia cara memulai bisnis merchandise dengan modal kecil namun bisa mendatangkan banyak keuntungan. Yang terpenting dalam membuka bisnis ini adalah komitmen dan konsisten serta pantang menyerah sehingga bisnis ini akan semakin berkembang nantinya. Amin. 

 

You Might Also Like

0 Comments