Cantikmu Jaga Lingkungan dan Sejahterakan Masyarakat

2/16/2021 04:46:00 AM

Sumber gambar : salmanbiroe.com

Melihat bunga itu cantik dengan warna-warninya yang cerah membuat mata yang memandang tak lekang ataupun bosan, begitu pula jika memiliki wajah cantik yang berseri-seri setiap pagi, pasti perasaan syukur pun terucap tiap pagi. Begitulah kira-kira manfaat yang dirasakan setelah merawat kulit baik wajah dan seluruh badan. Pastinya, cewek akan memprioritaskan perawatan menggunakan produk yang cocok dengan wajah dan badan. Namun, banyak yang belum banyak mengetahui bahwa produk perawatan tersebut tidak menggunakan bahan alami dan cenderung merusak wajah, bahkan bukan hanya merusak wajah kita saja namun merusak lingkungan.  

Jangan sampai cantikmu merusak lingkungan dan menyengsarakan masyarakat, iya masyarakat juga akan menderita apabila komiditas yang dihasilkan tidak mendapatkan ruang di produsen produk perawatan tubuh. Memang pengaruhnya sebegitu besar kah apabila kita tidak membeli produk dari produsen lokal ? Bayangkan dari seluruh penduduk Indonesia 10 persen saja yang menggunakan produk tidak alami, maka terdapat 26 juta produk dengan total harga sekitar 260 milyar rupiah (jika satu produk harganya 10 ribu rupiah). Bayangkan manfaat ekonomi yang dirasakan oleh produsen dan petani lokal, serta bayangkan saja pengaruhnya terhadap lingkungan apabila menggunakan bahan kurang ramah terhadap lingkungan. 

Tindakan sekecil apapun akan berpengaruh, maka mulailah dari diri sendiri dalam memilih produk perawatan alami dari produsen lokal. Nah, lalu bagaimana cara memilih produk perawatan yang alami tersebut? 

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah dan Tubuh Alami

Ini dia beberapa tips dan cara memilih produk perawatan wajah dan tubuh yang alami dari produsen lokal. 

sumber gambar : unsplash.com


Carilah Produk Berbahan Rempah 

Pernah membuat teh rempah dengan bahan jahe, sereh, madu, kunyit dan bahan rempah lainnya? Pastinya akhir-akhir ini sangat familiar dengan bahan tersebut. Nah, ternyata manfaat rempah bukan hanya dapat disajikan dalam bentuk minuman atau obat, melainkan produk perawatan wajah dan badan. Sebut saja sereh yang mampu membuat badan jadi wangi dengan aromanya yang segar. Kemudian madu juga memiliki manfaat menghaluskan wajah sehingga aman digunakan pada saat mandi dan cuci muka. 

Tanya Teman atau Saudara

Jika tidak mengetahui produk lokal apa yang bagus, kamu juga bisa bertanya teman atau saudara yang sudah menggunakan produk tersebut. Jika teman atau saudaramu sudah menggunakan produknya, kamu bisa mencoba menggunakannya selama beberapa hari, kemudian kamu bisa lihat apakah produk itu cocok bagi kulitmu. 

Beli Di Toko atau Online 

Nah, ini salah satu tips untuk mencari produk perawatan bisa membeli atau memilihnya di toko kemudian selanjutnya bisa di beli melalui online. Bagi yang belum pernah mencoba, kamu bisa bertanya-tanya di toko dan mencoba merasakannya di kulit, bisanya ditoko kamu bisa mendapatkan contoh produknya. Setelah cocok dengan produk tertentu, selanjutnya bisa membeli secara online. 

Produk Alami dan Lokal Nggak Kalah Bagus

Kadang ada yang meragukan kualitas dari produk lokal, padahal kenyataannya malah produk lokal pun banyak yang di ekspor ke luar negeri. Kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk luar negeri, sehingga bisa menjamin wajah dan badanmu akan menjadi lebih cerah dan segar. 

Jaga Lingkungan dan Sejahterakan Masyarakat


Kita semua dalam tahap belajar menggunakan produk lokal dengan harapan lingkungan terjaga dan turut andil memberdayakan masyarakat. Dengan peran kita sebagai konsumen, maka pilihan untuk menggunakanlah yang paling tepat dilakukan. 

Lalu, apa saja dampak yang terjadi apabila kita turut menggunakan produk lokal tersebut? 

Ramah Lingkungan dan Ramah Sosial

Salah satu yang harus digaris bawahi, produk yang kita pakai itu akan berpengaruh terhadap lingkungan. Sadar atau tidak, berapa banyak bahan tidak alami yang akan merusak lingkungan. Bayangkan saja misalnya, kita menggunakan sabun setiap hari, dan tentunya bukan kita saja melainkan banyak penduduk lainnya, sejumlah 260 juta orang. 

Dengan menggunakan produk alami, maka kita turut andil menjaga lingkungan, dan mulai menularkannya kepada orang di sekitar mulai dari keluarga, tetangga dan teman-teman. Bagi yang memiliki social media, gunakanlah sehingga menjadi hal yang bermanfaat secara sosial. 

Memberdayakan Masyarakat Lokal

Secara tidak langsung, masyakat lokal pun akan semangat menghasilkan komoditas lokal dan berkelanjutan untuk memenuhi permintaan dari produsen yang memproduksi produk perawatan wajah dan badan berbahan alami. Manfaat ekonomi akan mengalir ke masyarakat melalui produsen, dan pada akhirnya kitalah yang menentukan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak. 

Bangga dengan Produk Lokal

Sudah saatnya produk lokal pun tidak dipandang sebelah mata, karena saat ini, terdapat produk lokal yang sudah digunakan banyak orang dan kualitasnya tidak kalah dengan produk lainnya. 

Pilih dan pakai produk lokal dengan bahan alami mulai dari sekarang sehingga bisa memberikan dampak sosial yang besar karena kekuatan konsumen Indonesia ini adalah kekuatan yang cukup besar. Kalau kita kompak membeli dan menggunakannya, maka produk lokal akan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Mulai dari saat ini juga yuk beli produk alami dan lokal! Yuk!


You Might Also Like

0 Comments