Tips Mendapatkan Penghasilan Bagi Blogger Pemula

1/29/2021 08:39:00 PM

 Penghasilan-Blogger-Pemula

Berapa sih rata-rata penghasilan blogger dalam sebulan? Atau apakah blog itu dapat menghasilkan uang yang cukup banyak? Begitulah kira-kira pertanyaan-pertanyaan yang muncul Ketika akan mulai membuat blog. Bagi blogger pemula, tentu saja hal ini lumrah, karena beberapa orang memiliki tujuan menulis blog sebagai hobi, Sebagian lain bertujuan mendapatkan tambahan pundi uang. 

Pengalaman beberapa tahun terakhir ngeblog, saya mendapatkan fee dari menyebarkan rate card ke agency dan brand. Namun, sebelum lebih jauh mengenai rate card blogger dan penghasilan, saya akan mulai mengulas sumber penghasilan dan tips mendapatkan penghasilan. Semoga dapat membantu teman-teman yang sedang ingin terjun langsung karena memiliki bakat dalam menulis atau curhat secara online. 

Sumber Penghasilan Blogger 

Pendapatan utama blogger sebetulnya bukan hanya dari iklan saja, melainkan banyak banget jasa ditawarkan dapat mendatangkan uang.

Dari Iklan

Adsense atau iklan yang ditampilkan di dalam blog kita merupakan salah satu sumber penghasilan blogger yang harus diakui bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Banyak blogger yang mendapatkan penghasilan tetap dari iklan ini melalui artikel yang bermanfaat dan banyak dibaca oleh orang lain. Dibutuhkan konten yang cukup banyak dan berkualitas agar google menempatkannya pada page one.

Endorsement

Beberapa brand yang terkenal biasanya mengenalkan produk terbaru dengan cara endorsement di blog. Blog yang sesuai dengan kriteria brand akan diminta review mengenai produk, selain mendapatkan produk kita juga akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan harga yang telah di tawarkan sebelumnya. 

Content Placement

Selain menulis artikel secara organik, bisa juga menerima tulisan dari luar yang sesuai dengan tema blog. Blog yang secara umum memiliki konten bagus dan sangat mudah dinikmati biasanya mengundang agency untuk menawarkan content placement ini. Content placement ini biasanya ditulis oleh pihak lain dan ditempatkan dalam blog kita, saya biasanya akan merubah sedikit banyak artikel agar sesuai dengan ciri khas blog sebelumnya. 

Afiliasi

Afiliasi semakin marak belakangan ini, terutama semenjak boomingnya marketplace dan belanja online belakangan ini. Sistem afiliasi biasanya dihitung berdasarkan transaksi yang dilakukan dari link yang disebar di dalam blog. 

Jasa Penulisan 

Selain itu, biasanya karena tulisan di blog banyak yang menarik perhatian, biasanya beberapa pihak akan menawarkan kepada kita untuk menuliskan artikel dengan bayaran tertentu dan tema tertentu. Biasanya pendapatan yang dihasilkan cukup banyak, so jangan lupa mengasah keahlianmu dalam merangkai kata-kata ya. 

Masih ada beberapa sumber penghasilan lainnya seperti penjualan produk, webinar, kelas online, dan lainnya yang bisa dikolaborasikan dengan blog. 

cara-mendapatkan-penghasilan-blogger

Cara Mendapatkan Penghasilan Bagi Blogger

Sebelum mendapatkan penghasilan, biasanya blogger pemula akan lupa bahwa dibutuhkan banyak hal sebelumnya. Dibutuhkan konten yang berkualitas, belajar menulis yang bagus, komunikasi dengan blogger lain, mengikuti perkembangan tren dunia blogger dan lainnya. 

Beberapa Langkah yang bisa dilakukan agar mendapatkan penghasilan terutama bagi blogger pemula. 

Buat Konten Berkualitas 

Tulisan yang sudah kita buat sebetulnya merupakan investasi berharga. Seperti etalase dalam toko online, konten yang dihasilkan haruslah yang terbaik atau sebaik mungkin. Kadang kala memang tidak semua konten kita merupakan yang paling bagus, namun setidaknya tidak mengecewakan dan bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Konsisten Menulis 

Sebelum membahas penghasilan, saya selalu mengingatkan bahwa menulis secara berkala apalagi bagi blogger pemula merupakan sebuah keharusa. Jika sudah memiliki banyak konten yang sesuai dengan niche yang dipilih, maka penghasilan akan mengikuti. Misalnya, dalam sebulan targetkan membuat 4-8 konten agar terbaca oleh google. 

Share Kontenmu

Setelah menulis banyak konten yang berkualitas, langkah selanjutnya akan share kontenmu di social media. Selain menunjukan eksistensi blog, pembaca juga akan penasaran kemudian mendatangkan pembaca setia kemudian berhubungan dengan traffic. 

Bergabung dengan Komunitas

Jika kamu blogger pemula dan belum mengetahui banyak hal, bergabung dengan komunitas membuka banyak peluang. Selain bisa belajar bagaimana menghasilkan konten terbaik, komunitas juga memberikan peluang mendapatkan penghasilan dari tawaran kerjasama penulisan di blog. Selain itu, biasanya komunitas akan memfasilitasi blogger agar kontennya berkualitas dan saling melakukan blogwalking. 

Bergabung dengan Platform 

Selain komunitas, agency kini memiliki platform online yang bisa dimanfaatkan bagi blogger. Dari platform ini, blogger sebagai penerima pekerjaan dan brand atau pihak lainnya sebagai pemberi kerja. Platform ini sangat membantu menghasilkan pendapatan jika diseriusi. Buatlah protofolio dari pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya, apabila baru memulai, perlihatkan artikel terbaik yang telah kamu buat dengan traffic bagus. 

Kolaborasi dan Kerjasama 


Jika belum memiliki penghasilan dari blog, maka bisa bekerjasama dengan brand dengan cara menuliskan brand tersebut. Jika konten kita sangat menarik dan sangat berkesan, bukan tidak mungkin akan diajak bekerjasama dengan jika ada peluncuran produk terbaru mereka. 

Jangan lupa untuk berkolaborasi dengan blogger lain yang memiliki konten sama dan berkualitas, misalnya dengan saling membuat post yang saling terkait seperti ngobrol bareng tentang hobi atau hal lainnya. 

Jangan Malu Bertanya 


Jangan malu jika kamu tidak mengetahui banyak hal, tanyakan atau tinggalkan komentarmu di blog atau social media jika kamu tertarik dengan bahasan tersebut. Dengan bertanya atau melakukan interaksi dengan blogger lain, maka mungkin saja kamu akan diajak kerjasama, karena banyak blogger yang dipercaya brand untuk mencari blogger lain untuk menuliskan review produknya. 

Nikmati Prosesnya

Untuk menikmati hasil dari blog, butuh perjuangan dan konsistensi serta banyak belajar. Jangan lupa untuk menikmati proses karena memang untuk menghasilkan dari blog ini dibutuhkan perjuangan yang cukup Panjang bukan 1 atau 2 bulan, melain bertahun-tahun. So, jangan berhenti dan menyerah di tengah jalan untuk mendapatkan penghasilan dari blog ini. 

Seberapa pun besar penghasilan yang didapatkan, jangan lupa untuk bersyukur karena dimasa dulit seperti ini masih banyak orang yang sama sekali tidak mendapatkan penghasilan. Jangan lupa bersyukur dan menggunakan kekuatan blog dan social media untuk membantu sesame dalam menyebarkan usaha orang lain seperti yang dilakukan oleh Mgdalenaf dengan program membantu UMKM. Semoga bisa konsisten dan bisa menghasilkan pundi serta bisa berbagi dengan kekuatan sebagai blogger. 

Nah, itu di acara mendapatkan penghasilan dari blog buat blogger pemula. Saya sarankan untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan terlebih dahulu sebelum terjun langsung menjadi full time blogger. Selanjutnya saya akan membahas mengenai cara menentukan rate card bagi blogger dan influencer, nantikan ya. 


You Might Also Like

0 Comments