Financial Influencer yang Wajib Difollow biar Melek Keuangan

7/27/2023 08:30:00 PM

 

Di era digital seperti sekarang, Anda bisa mendapatkan ilmu atau wawasan dengan mudah dan gratis. Bagi Anda yang ingin melek finansial, Anda bisa mengikuti akun media sosial para influencer keuangan. Ada banyak influencer keuangan yang rajin membagikan konten seputar keuangan, baik itu tips mengelola uang, investasi, saham dan sebagainya. 

Berkat keaktifan para influencer keuangan mengunggah konten di berbagai platform media sosial, kini semakin banyak masyarakat yang lebih teredukasi soal finansial. Dengan membaca atau mendengar tips keuangan yang disampaikan influencer tersebut, Anda bisa mengetahui strategi yang tepat dalam meningkatkan keuangan dan mengejar financial goals. 

Salah satu saran yang sering disampaikan oleh influencer keuangan agar terhindar dari kemiskinan dan bisa meraih financial freedom adalah dengan mengelola keuangan secara bijak. Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan, Anda perlu membuka rekening bank. Apalagi saat ini sudah tersedia rekening online yang memungkinkan Anda bisa memantau dan mengatur keuangan secara lebih praktis. 

Mungkin saat ini Anda sedang mencari influencer keuangan yang ingin Anda jadikan rujukan dalam mempelajari soal keuangan. Lantas siapa saja influencer keuangan yang recommended untuk diikuti?

Influencer Keuangan yang Wajib Diikuti

Ada banyaknya influencer keuangan yang bermunculan di media sosial mungkin membuat Anda bingung ingin follow yang mana. Setiap influencer memiliki gaya penyampaian yang berbeda dan fokus pembahasan masing-masing seputar keuangan. 

Berikut ini sejumlah influencer keuangan yang populer diikuti banyak orang di media sosial.


Felicia Putri Tjiasaka

Felicia Putri Tjiasaka merupakan salah satu influencer keuangan yang banyak diikuti oleh anak-anak muda. Perempuan yang kerap disapa Ci Felicia ini kerap membagikan konten seputar keuangan melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Konten-konten Felicia Putri Tjiasaka banyak digemari anak mudah karena cara penyampaiannya yang ringan dan mudah dipahami. Felicia sering menyampaikan edukasi keuangan seputar saham, Reksadana, bisnis dan manajemen keuangan bagi generasi Z.

Perempuan yang saat ini berusia 27 tahun ini memiliki title certified financial planner sehingga ilmu yang dia bagikan sudah pasti sangat bermanfaat. Felicia bersama dua temannya yang juga influencer keuangan, Timothy dan Raymond mendirikan platform belajar investasi yang diberi nama Ternak Uang. 

Prita Hapsari Ghozie

Influencer keuangan lainnya yang namanya sudah sangat populer di telinga netizen Indonesia adalah Prita Hapsari Ghozie. Prita berprofesi sebagai konsultan keuangan dan CEO ZAP Finance. Prita sudah mengenal edukasi keuangan sejak kecil dari ayahnya Dr. Ir. Iwan Pontjowinoto yang merupakan salah satu pelopor Reksadana. Prita juga memiliki kesibukan lain yang juga berkaitan dengan dunia keuangan, yakni menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan pembicara topik investasi di berbagai media nasional. 

Sebagai orang yang sangat berpengalaman di dunia keuangan, Prita bisa dijadikan sosok panutan untuk belajar finansial. Konten-konten keuangan dari Prita bisa Anda temukan di akun media sosial Instagram. Ibu dua anak ini sering membagikan konten mengenai pengelolaan keuangan pribadi maupun keuangan keluarga. Meski sudah berusia 42 tahun, Prita mampu mengemas kontennya supaya menarik di kalangan netizen muda. 

Ellen May

Ellen May juga menjadi salah satu financial influencer yang memiliki banyak pengikut di media sosialnya. Dengan keinginan untuk mengajak masyarakat melek keuangan, Ellen aktif memproduksi konten-konten berisi topik investasi. Ellen juga mendirikan lembaga edukasi bernama Ellen May Institute dan platform Emtrade untuk berinvestasi saham secara bijak. 

Dengan bekal pengalaman pernah menjadi investor saham yang bisa melewati krisis moneter tahun 2008, Ellen mengedukasi masyarakat mengenai cara berinvestasi saham dengan bijak dan cerdas, khususnya pada instrumen investasi pasar modal. 

Melvin Mumpuni

Melvin Mumpuni turut meramaikan skena financial influencer di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Melvin hadir di media sosial membawakan konsep Piramida Perencanaan Keuangan untuk membantu anak-anak mudah lebih mudah memahami pengelolaan keuangan yang bijak. 

Melvin membuat konten seputar keuangan di Instagram dengan pengemasan yang menarik dan gaya bahasa ringan karena target audiensnya memang netizen muda. Melvin juga mendirikan platform keuangan yang bernama Finansialku. Selain perencanaan keuangan, pria berusia 34 tahun ini juga membagikan konten tentang strategi investasi.

Raditya Dika

Banyak orang lebih mengenal Raditya Dika sebagai stand up comedian dan penulis buku fiksi. Namun di sisi lain Raditya Dika adalah konten kreator serba bisa dan memiliki wawasan luas, salah satunya dalam bidang keuangan. Pria yang akrab disapa Radit ini menjadi salah satu financial influencer yang sering membagikan pengalaman pribadinya dalam mengelola uang dan berinvestasi. 

Melalui kanal YouTube dengan jutaan pengikut, Raditya Dika sering mengedukasi banyak orang mengenai literasi keuangan. Radit juga merupakan seorang investor yang menanamkan modalnya di sejumlah instrumen investasi, seperti Reksadana, pasar uang, dan saham. 

Annisa Steviani

Annisa Steviani juga menjadi salah satu financial influencer yang cukup digandrungi  oleh netizen Indonesia. Annisa merupakan seorang ahli perencanaan keuangan yang rajin mengunggah konten seputar manajemen keuangan melalui akun Instagramnya. Sebagai seorang ibu, Annisa menyampaikan pengelolaan keuangan dengan sudut pandang orang tua. 

Dani Rachmat

Dani Rachmat turut bergeliat di media sosial sebagai influencer keuangan. Dani merupakan seorang bankir yang memiliki tiga lisensi, yaitu CSA, CFP dan QWP. Sebagai seorang yang kompeten di bidang keuangan, konten-konten edukasi dari Dani sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Dani menyuguhkan konten dengan pengemasan yang menarik sehingga cocok bagi anak-anak muda yang ingin belajar seputar keuangan. 

Itulah tadi rekomendasi sejumlah influencer keuangan yang wajib Anda ikuti untuk menambah wawasan Anda. Segera menuju ke akun media sosial mereka untuk mengikuti dan belajar dari konten-konten yang sudah mereka unggah. 

Gunakan Rekening Online Agar Memudahkan Pengelolaan Keuangan


Setelah mengetahui nama-nama influencer keuangan di atas, tentunya Anda semakin bersemangat untuk belajar seputar dunia keuangan. Meski konten-konten dari influencer keuangan cukup mencerahkan pemikiran Anda, namun semua keputusan finansial tetap dari keputusan Anda pribadi. Mulailah dengan mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. Untuk memudahkan dalam mengatur keuangan, Anda perlu membuka rekening bank. 


Salah satu rekening online terbaik yang bisa Anda pilih adalah PermataME. PermataME adalah rekening online yang disediakan oleh PermataBank. Buka rekening bank PermataME bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. 


Informasi lebih lengkap mengenai rekening bank PermataME dan prosedur pembuatannya bisa Anda cek di sini.


You Might Also Like

0 Comments