Tips Traveling Hemat Budget Bagi Millennial

5/18/2021 09:35:00 PM

 


Siapa yang pengen jalan-jalan murah (low budget) keliling dunia? Pasti harapan semua orang bisa menikmati suasana baik dalam negeri maupun luar negeri dengan minim biaya dan bisa dilakukan sendiri tanpa travel guide atau tour operator. Setelah pandemi berakhir, pasti orang akan berbondong-bondong melakukan perjalanan ke luar negeri karena sudah beberapa lama dilakukan pembatasan. Oh iya, selain budget, yang perlu diingat adalah low season atau high season. Kadang kala, kita terjebak dengan libur panjang yang berbarengan dengan libur sekolah atau event tertentu yang mengakibatkan melambungnya harga tiket dan akomodasi atau lainnya. So, kamu juga perlu melihat kalender di Indonesia bahkan negara lain yang akan kamu tuju nantinya. 

Sebelum melangkah ke tips traveling hemat budget (jalan-jalan murah), saya mau menceritakan kenapa saya suka traveling. Kalau dilihat dari sejarah hidup, saya pertama kali naik pesawat tahun 2009, dan pertama kali ke luar negeri tahun 2011. Jadi, sudah sekitar 10 tahunan saya menjelajah beberapa bagian di Indonesia dan luar negeri. 

Pertama kali naik pesawat, jujur saya nervous banget. Apalagi waktu itu teman sampai bilang kalau sudah sampai kabin, sandal atau sepatu harus dicopot.

“Man, kalau udah di dalam pesawat, sepatunya di copot ya.”

Saya tertawa antara percaya atau tidak percaya. Namun, saya juga was-was kalau memang harus membuka sepatu dan ditegur oleh pramugari. Ternyata, pengalaman pertama naik pesawat inilah yang membuat saya ketagihan. Melihat awan yang bergerak, langit biru, pemandangan pulau dari atas dan menikmati waktu untuk lebih mendekat kepada Yang Maha Kuasa, apalagi pada saat terjadinya turbulence. Sensasi-sensasi inilah yang membuat saya ingin kembali naik pesawat di kesempatan lain, terutama berlibur dan menikmati waktu sendirian. 

Pun, kali pertama ke luar negeri, sensasinya tiada beda, selalu membuat berdebar-debar apalagi saat di imigrasi. Negara pertama yang saya kunjungi adalah Singapore. Kata beberapa teman, kalau ingin ke luar negeri, carilah negara dengan budaya dan makanan serta musim yang hampir mirip dengan Indonesia. Dan, pilihan itu jatuh ke Singapore. 

Setelah beberapa kali ke negara lain, saya dapat menyimpulkan kalau beberapa negara ini pantas dijadikan negara tujuan traveling low budget atau hemat budget serta transportasi yang cukup baik. 

Baca juga : Tips Mencari Tiket Pesawat Murah Domestik Indonesia

Negara Tujuan Traveling Hemat Budget


Singapore 

Singapore merupakan negara di ASEAN yang memiliki wisata unik dan menarik bagi warga Indonesia. Apalagi sistem transportasinya yang cukup baik ditambah dengan negaranya yang sangat teratur membuat Singapore ini layak dikunjungi. Masalah hotel atau penginapan pun banyak sekali menawarkan hotel murah dengan harga 100 ribu rupiah (kurang lebih) per malam dan makanannya pun masih sama dengan Indonesia. 

Malaysia

Negeri Jiran sama dengan Singapore yang memiliki sistem transportasi terkoneksi kemanapun sehingga gampang sekali keliling ke tujuan wisata. Dan, untuk urusan makanan banyak sekali kemiripan dengan makanan Indonesia terutama nasi lemak dan nasi gorengnya. Untuk hotel pun masih relatif terjangkau dengan range mulai 100 ribuan (kurang lebih) per malam.

Thailand

Sawadee Krab! 100 baht ! 100 baht! Setiap melintas di suatu pasar atau pusat perbelanjaan, maka suara ini tidak asing ditelinga. Thailand merupakan surga belanja dan surga makanan, apalagi wisatanya yang banyak sekali menyajikan keindahan kuil-kuil serta pantainya. Negara ini merupakan salah satu favorite saya, dan setelah pandemi selesai, saya akan berkunjung ke negeri gajah putih ini. Hotelnya pun sangat murah, kamu masih bisa menjumpai hostel dengan harga 60 atau 70 ribu per malam.

Hongkong 

Sama dengan Singapore, Hongkong merupakan negara kecil namun sangat tertib dan sangat teratur. Negara ini juga banyak WNI yang bekerja sebagai asisten rumah tangga sehingga di beberapa pasar, bisa dijumpai makanan khas Indonesia seperti nasi kucing atau nasi pincuk dengan lauk pauk sambal goreng ati, orak-arik tempe dan lauk lainnya. 

Negara lain yang bisa dijelajahi dengan budget tidak murah namun bisa disiapkan dari jauh-jauh hari antara lain 

Korea Selatan

Negeri Ginseng yang mendunia melalui K-Pop dan Drakor ini memang mampu menarik perhatian banyak orang terutama dari Indonesia. Alhamdulillah saya sudah pernah mengunjungi negara penghasil skincare ini. Banyak yang beranggapan bahwa hotel atau penginapan di Korea Selatan lumayan mahal, padahal harganya masih ada yang mulai dari 100 ribuan per malam pada saat low season. Untuk makanan jangan khawatir karena banyak street food yang masih murah atau fast food yang banyak dijumpai.

Jepang

Setelah Thailand, inilah negara yang paling saya sukai. Kenapa suka dengan Jepang? Entah kenapa namun negara ini memiliki daya tarik tersendiri mulai dari budaya dan kesopanan orangnya, serta kedisiplinan dan kerja kerasnya yang membuat saya salut. Memang menurut banyak orang Jepang memiliki biaya hidup yang tinggi, namun setelah beberapa kali bolak-balik sebagai tour guide disana, saya menemukan banyak cara untuk menghemat biaya makan dan transportasi serta biaya penginapan. 


Tips Traveling Hemat Budget Bagi Millennial



Setelah berkeliling di beberapa negara, inilah beberapa tips yang harus dilakukan pada saat traveling untuk menghemat budget baik transportasi, hotel/penginapan, makanan, tempat wisata dan lain-lain. 

Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Mungkin inilah sebabnya banyak orang yang salah perencanaan sehingga budget tidak sesuai dengan kenyataan bahkan membengkak melebihi apa yang sudah dianggarkan. Selain itu, perencanaan juga membuat mudah menentukan tanggal cuti, pekerjaan yang harus diselesaikan dan beberapa kesibukan yang mesti diselesaikan sebelum liburan. Jangan sampai pekerjaan atau urusan lain mengganggu liburanmu sehingga tidak enjoy dan kehilangan momen. 

Riset Harga dan Buat Budget (Anggaran) Liburan

Kalau kamu tipikal yang go show dengan duit yang tidak terbatas, maka harga dan budget tidak akan menjadi masalah, namun sebaliknya kalau kamu tidak memiliki anggaran yang banyak, maka membuat budget adalah sebuah keharusan. 

Sebelum membuat budget, kamu terlebih dahulu survey harga mulai dari harga hotel, transportasi, makanan, tempat wisata dan lainnya. Selain itu, berapa lama atau durasi jalan-jalan juga menentukan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. 

Memilih Hostel Bukan Hotel

Hostel dan Hotel memiliki perbedaan terutama dari segi harga. Jika kamu ingin menghemat budget, usahakan untuk memilih hostel. Hostel sebetulnya sama dengan hotel namun hanya berbeda dari segi model kasur dan perlengkapan, hostel lebih mirip ke dormitory atau asrama dengan share kamar mandi dan fasilitas lainnya. Namun, walaupun sharing tetapi juga tetap nyaman seperti hostel di Jepang atau Korea Selatan. 

Hindari Musim Liburan (Pilih Low Season)

Hal yang harus kamu hindari pada saat traveling adalah musim liburan. Jangan sampai kamu bepergian pada saat musim liburan dan menyebabkan terjadinya lonjakan harga terutama tiket pesawat dan hotel. Usahakan untuk memilih low season sehingga harga-harga tidak terlalu mahal dan sesuai dengan budget yang direncanakan. 

Gunakan Transportasi Publik

Taksi atau transportasi online biasanya sangat membantu pada saat di Indonesia, namun jika bepergian di Jepang atau negara lain, harga taksi akan sangat mahal sekali. Gunakanlah transportasi publik sehingga bisa meminimalisir budget, dan juga bisa melihat kondisi jalan atau aktivitas warga di sekitar melalui transportasi publik.

Pergunakan Promo Tiket Pesawat Atau Hotel

Biasanya, banyak online book yang setiap periode mengadakan promo dengan harga yang lumayan bisa sampai separuh harga. Manfaatkan promo dari maskapai, online booking dan beberapa grup hotel yang sedang mengadakan diskon. Sebelumnya, kamu pastikan sudah menjadi member dari online book atau maskapai dan hotel yang sering memberikan diskon. Setelah menjadi member, kamu akan mendapatkan notifikasi pada saat ada promo. 

Bawa Makanan dari Indonesia

Kadang kala, makanan di luar negeri tidak selalu cocok dengan lidah kita. Nah, salah satu solusinya adalah membawa makanan kering atau cepat saji dari Indonesia. Biasanya saya juga membawa rendang atau paru kering yang sering saya jadikan teman nasi pada saat sarapan atau makan siang. Selain menghemat, juga bisa mengobati rindu makanan dari Indonesia. 

Meminimalisir Belanja 

Yes, mungkin kamu akan kalap ketika berada di luar negeri dan menemukan banyak barang yang tidak ada di Indonesia. Jangan sampai kalap atau terlalu berlebihan dalam belanja ya, biasanya inilah yang menyebabkan over budget sehingga akan menyesal pada saat pulang ke Indonesia. Bijak saja pada saat belanja, apa yang perlu dan apa yang tidak perlu dibeli.

Menabung Mulai Saat Ini 

Setelah membuat budget dan riset harga secara online, sekarang sudah saatnya mewujudkan mimpi kamu bisa traveling bersama teman atau keluarga. Nah, kalau urusan nabung itu emang nggak gampang dan biasanya perlu komitmen lebih. Oh iya, biasanya dulu gue butuh 1 rekening untuk keluar masuk duit entah itu dari gaji, penghasilan lain dan nabung untuk masa depan, tapi kayaknya kok jadi susah banget untuk memanage semua hal dalam satu rekening, apalagi ada tambahan keinginan untuk traveling. Kalau kamu punya pengalaman ribet dalam mengelola rekening yang tercampur antara tabungan dan daily transaction maka kamu tidak sendiri.



Jika kamu mengalami kendala seperti itu, kamu wajib mencoba salah satu solusi menabung secara online dari TMRW by UOB. TRMW ini bisa mewujudkan mimpi kamu jalan-jalan keliling Indonesia bahkan keliling Dunia. Tabungan online ini membantu mengatur keuangan secara lebih terkontrol misalnya memisahkan antara tabungan dengan daily transaction, sehingga tabungan kamu buat masa depan atau misalnya mau nabung buat jalan-jalan bisa dilakukan tanpa terganggu dengan transaksi harian/bulanan lainnya. 

Apalagi proses membuka tabungan TMRW bisa secara online melalui face detection, jadi kamu tidak perlu repot-repot datang ke teller bank. Proses pembuatannya pun cukup mudah hanya menyiapkan KTP dan data diri lengkap, kemudian akan diverifikasi oleh customer service

Yang menjadi point penting dari menabung di TMRW ini adalah bebas biaya administrasi, bebas biaya transfer dan bayar tagihan apapun, ketiga fitur ini membantu banget bagi yang pengen mengatur keuangan secara lebih mandiri atau kamu membuka tabungan khusus buat jalan-jalan atau kebutuhan lain yang membutuhkan rekening tersendiri. Dengan adanya fitur bebas biaya transfer, maka kamu bisa memanage keuangan lebih simple dan terkontrol dengan baik.

Jika selama ini menabung itu terlihat tidak menarik dan membosankan, kamu harus cobain City of Tomorrow, salah satu fitur dari TMRW yaitu rekening tabungan dengan bunga sangat tinggi sekitar 4% p.a dan didesain sedang dalam sebuah games yang menarik. City of Tomorrow ini mengibaratkan tabungan kita sebagai sebuah pulau, semakin besar tabungan yang kita maka luas pulaunya pun akan terlihat sangat luas dengan pemandangan yang sangat memukau.

Kalau sudah mencapai target tabungan yang direncanakan misalnya untuk traveling, biasanya saya ngasih reward atau bonus ke diri sendiri. Seringnya, saya akan memberi hadiah berupa pergi pijat atau spa di tempat paling bagus, atau beli baju yang selama ini dipengenin, atau dinner di restoran dengan makanan terlezat di kota tujuan pada saat traveling. So, dengan begitu menabung jadi habit yang mudah dan seru buat pecinta travelling kaya gue!

So, apapun rencanamu, pastikan hitung budget dengan teliti, sehingga pada saat liburan nanti mengganggu momen kebahagiaanmu. So, Happy Holiday guys!


You Might Also Like

18 Comments

  1. Thank you kak Salman, tipsnya berguna banget buat aku yg belum pernah liburan ke luar negeri hehe

    Pertama kali naik pesawat taun 2011 ya? kalo aku baru 2017 kemarin wkwk. Pernah juga diboongin tmeen buat lepas sendal selama di pesawat untung nggak ketipu wkwk. Pengen deh liburan ke Jepang (kalo pandemi udah kelar)

    BalasHapus
  2. Hahah nyindir gw inimah judulnya, bedanya belum ada nyali kalau urus ini itu sendiri lain hal kalau masih single kali yaa...sofar travelling luarnya kalau ada sponsornya ajah :)

    BalasHapus
  3. tipsnya mosltli sudah saya terapkan semua, negara-negaranya juga, seru memang ya ala backapcker itu, banyak pengalaman tak terduga

    BalasHapus
  4. Mantab, lengkap banget tips travelling nya meskipun masih Pandemi Covid-19. izin keep tipsnya yah mas!

    BalasHapus
  5. Aduh jadi kangen traveling tipis-tipis

    BalasHapus
  6. Terima kasih tipsnya...
    Semangat nabung ah, supaya kalau pandemi udah beres, dana travelingnya udah siap :D

    BalasHapus
  7. Lengkap bangeeet tips nyaa Ka Salman. Thank you!! :D

    BalasHapus
  8. Saat ini liburan adalah hal istimewa yang sulit sekali direalisasikan. Padahal saya juga pingin mengunjungi negara-negara itu. Singapore, Malaysia, Hongkong, Korea Selatan. Duh ya, kapankah pandemi ini segera berlalu?

    Baiklah. Daripada menunggu-nunggu pandemi usai, mending mah sambil nabung aja. Biar nanti bisa langsung action saat dunia sudah baik-baik saja. Nabungnya di TMRW ya kak. Oke deh.

    BalasHapus
  9. Wah....jadi pingin jalan-jalan lagi📷😎. Semoga pandemi segera berakhir🙏

    BalasHapus
  10. Walopun msh blm bisa jalan2 ke LN lagi, tapi aku msh rutin juga mas nabung budget traveling. Udh niat banget mau balas dendam kalo pandemj selesai hahahahah. Jepang lagi pastinya dan New Zealand, nth kenapa aku cinta memang Ama 2 negara ini. Ntr pengen bisa eksplor 3 Minggu ke Jepang pake jr pass 21 hari bareng keluarga, dan 2 Minggu NZ pake campervan :D

    Makanya aku nabung dr THN lalu. Biar bisa lgs cuuuuus :p. Tapi sebelum pandemipun, aku selalu prepare budget traveling jauh2 hari. Minimal setahun. Itinnya aku lgs bikin lengkap. Ga pernah suka traveling tp tanpa itin. Buang2 waktu menurutku.

    Aku jg baru sekali pake travel, pas ke Korut, itupun Krn Korut ga ngizinin turis pergi mandiri.

    Sisanya aku slalu jalan berdua suami ato keluarga. LBH seru pas bikin itin, prepare budget, packing dan semuanya itu :D. Isssh, kangen bangeeeet mau traveling lagi :(.

    BalasHapus
  11. Menurutku, selian negara-negara Asia Tenggara di atas, Jepang adalah yang paling mahal. Tapi tentunya tergantung juga skill kita dalam membuat budget dan menyusun itinerary ya. Jepang kalau mau dimahalin ya mahal. Pasti ada juga space untuk traveler budget hemat :)

    BalasHapus
  12. setuju, semuanya memang harus diatur dan dihitung jauh jauh hari, bahkan kalau lagi ekstrem bisa merencanakan satu tahun sebelumnya sekalian hunting tiket murah hehehe

    BalasHapus
  13. Ah setuju dengan Jepang ... bilin penasaran pengen lihat langsung budaya dan kesopanan orangnya, serta kedisiplinan dan kerja kerasnya. Terus memang harus pandai2 berhemat budget. Gpp kan ya anak kolonial meniru tips milenial? :D

    BalasHapus
  14. Belum kesampaian ikut turnya Salman keburu pandemi semoga nanti bisa ikutan ke Korsel ya Man kalau situasi aman, sekarang nabung duluuu...

    BalasHapus
  15. Bang Salman makasih banget tips kecenya, aku kudu ikutin nih biar bisa traveling kayak kamu ke mana-mana nggak mikirin duit karena udah nabung duluan

    BalasHapus
  16. Boleh juga nih tipsnya Bang. Saya kira penginapan di luar negeri itu pada mahal2 ternyata ada juga ya yang terjangkau dan pastinya bisa bikin kita lebih hemat.

    Noted nih kalau ada kesempatan jalan-jalan keluar negeri pilih penginapannya kudu yang hostel ya bukan hotel. Saya tertarik ke Korsel hehe. Ternyata penginapannya ada yang mulai dari harga 100ribuan ya..

    BalasHapus
  17. lengkap banget sih bahasannya , saya termasuk yang selalu memperhitungkan budget traveling soalnya terbiasa backpackeran sih. pesen tiket pesawat aja terkadang setahun sebelumnya

    BalasHapus
  18. Saat pandemi seperti ini selain uang, fisik juga paling penting dijaga saat mau travelling ya...
    Makasih tips kerennya...

    BalasHapus