Ngintip Bareng Blogfam

Suka dengan fotografi?

Iya, banget

Kenapa suka dengan fotografi?

Kenapa ya, hmmm, soalnya menarik.

Menariknya? 

Hmmm apa ya yang menarik, kayaknya foto diri saya deh yang menarik hahaha

Senyuman itu tiba-tiba menjadi kering dan garing, segaring pengetahuannya tentang fotografi yang pendek dan tak mendalam. Hal itu dapat terjadi pada siapa saja, tidak hanya si pelaku wawancara itu (sebut saja mawar). 

Ada satu solusi jitu untuk mengurai masalah anda tentang fotografi yaitu dengan ikutan #ngintipbareng blogfam. Sebuah trobosan baru bagi siapa saja yang masih amatir dalam fotografi namun ingin sekali mahir dan berprofesi sebagai fotografer (baca : ahli foto-foto).

Alhasil, 4 Januari 2014, dan bertempat di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, acara ini sukses digelar, horeee loncat-loncat.

Suasana Taman Menteng 

Belajar dari awal

Di #ngintipbareng Blogfam ini, kita sharing ilmu fotografi yang kita miliki. Dengan sharing dan berbagi, maka ilmu-ilmu fotografi yang siapapun miliki bisa dishare dengan siapapun tanpa terkecuali. Karena dalam program ini kita sama-sama belajar bersama.

Ngomong-ngomong belajar dari awal, saya memulai fotografi dari tahun 2006, waktu itu saya memiliki handphone dengan kamera yang lumayan bagus kala itu. Ada perasaan senang, karena gambar diri bisa di pajang dimana-mana, ada perasaan penasaran kala foto yang saya hasilkan terlihat tidak maksimal, dan ada rasa campur aduk ketika semua foto itu kini menjadi sebuah koleksi yang berharga (lap air mata pake handuk, hehehe lebay).

Foto Jadul tahun 2006 (by Handphone Camera)

Dan kini, jeng-jeng, saya memiliki kamera DSLR, kamera poket dan kamera handphone, saya memiliki segalanya loh, namun motivasi untuk terus berkarya dengan alat-alat fotografi tersebut beralun-alun kian menipis. Entahlah, karena terhambat waktu, atau pekerjaan tetap yang saya jalani ataukah hanya kebuntuan tentang fotografi itu sendiri. Pada hari itu, 4 Januari 2014, saya kembali terbuka mata dan pikiran (halah lebay lagi) untuk memulai belajar lagi mengenai fotografi. Bagai gayung bersambut, ternyata ada program dari Blogfam yang bernama #ngintipbareng , dan inilah gerbang saya menuju fotografer profesional (Khayalan tingkat tinggi hahaha).

Step by step

Yang menarik di #ngintipbareng adalah learning step by step. Jadi langkah pertama adalah saling sharing pengalaman fotografi yang teman-teman miliki, dan kemudian saling bertukar informasi mengenai fotografi. Setelah saling tukar infiormasi, kemudian kita mulai praktek memoto dengan kamera masing-masing dengan bantuan beberapa orang yang telah berkecimpung dalam dunia fotografi (aka Mas Bengsin dan Mas Gajahpesing). Dan jepret-jepret kita mulai memoto dengan dengan topik pertama yaitu angel.

Angel

Dalam fotografi, sebuah objek yang kita foto akan menjadi sebuah mahakarya karena sudut pengambilan gambar yang bagus sehingga membuat objek yang kita semakin terlihat bagus. Teknik fotografi yang pertama kali kami lakukan adalah Angel (bukan malaikat ya hehehe).

Saya pun membidik objek yang telah ditetapkan yaitu Mba Dahlia dan Mba Injul agar terlihat lebih singset dari aslinya (alias langsing). Dan hasilnya bisa terlihat diatas. Memang tidak terlihat selangsing yang diinginkan, namun saya sudah berusaha ya, jangan salahkan saya hehehe.
Model : Mba Dahlia dan Mba Injul























Melawan Mentari Senja

Apakah mentari senja itu indah?

Iya, sangat indah

Mau kah kau foto dengan ku?

Mau.

Jepret. Dan hasilnya hanya bayang-bayang sepasang manusia dikala mentari senja. 

Hal itu tidak akan terjadi bila kita mampu meyiasatinya dengan teknik fotografi. Ya, bisa saja kita mengunakan teknik flash, atau teknik menaikan ISO untuk kamera DSLR.

Nah ini dia foto dengan Flash dan Non Flash :
With Flash

Non Flash

Dan ini dia beberapa foto belajar saya di #NgintipBareng :





So, mau kan join bareng #ngintipbareng Blogfam ?





Ngintip Bareng Blogfam Ngintip Bareng Blogfam Reviewed by Salman Faris on 1/09/2014 06:21:00 PM Rating: 5

8 komentar:

  1. Saia pengen join, gimana caranya?

    BalasHapus
  2. Hadooohhh... ga kebagian photosession yang ini nihh :'((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang kan Rie, hehehe, makanya next ikutan ya :)

      Hapus
  3. oh iya... soal flaah dan non flash itu aku lupa! kalau pakai flaah, si matahari semjanya ngga bubar jalan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya Mba, kalo Flash lebih soft sih tapi masih gagal fotonya hehehe

      Hapus
  4. saya juga pengen join seperti mas fayas, gimana dong caranya, agar saya juga bisa motret ciamik

    salam
    http://jarwadi.blogdetik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Jarwadi, join aja mas, next kita akan belajar fotografi di Ngintip Bareng tanggal 2 feb 2014 di taman Universitas Indonesia Depok, jam 10 pagi, follow @ngintipbareng untuk info lengkapnya ato join grup FB blogfam ya Mas

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.