Tips Membelanjakan THR (Tunjangan Hari Raya) Secara Bijaksana

  • 5/28/2018 04:09:00 PM
  • By Salman Faris
  • 2 Comments


Lebaran sebentar lagi
Berpuasa sekeluarga
Sehari penuh yang sudah besar
Tengah hari yang masih kecil
Alangkah asyik pergi ke mesjid
Solat tarawih bersama-sama

Ini adalah lagu lebaran sebentar lagi dari Bimbo yang menandakan bahwa lebaran akan datang dalam hitungan setengah bulan lagi. Yes puasa udah memasuki minggu kedua, itu artinya sebentar lagi akan ada yang datang nih. Nah, loh siapa sih yang akan datang sih man? Itu loh THR ataua kepanjangannya adalah Tunjangan Hari Raya. Yes, karyawan setiap perusahaan akan mendapatkan tunjangan ini sesuai dengan masa kerjanya, biasanya tunjangan hari raya akan dibagikan 

THR itu seperti buah simalakama bagi yang menerimanya. Iya, kita akan dibuat kebingungan karena biasanya seluruh THR akan dihabiskan dalam waktu yang sangat cepat bahkan untuk hal-hal yang sebetulnya kurang begitu penting. Bagi bujangan atau yang masih single tentu saja tidak akan kerepotan karena dibelanjakan untuk kebutuhan pribadi, sedangkan bagi yang sudah berumah tangga pastinya akan sangat kerepotan mengaturnya. 


Lalu sebetulnya bagaimana yang harus dilakukan untuk mengatur seluruh kebutuhan yang akan datang pada saat lebaran nanti? Jangan khawatir saya memiliki cara dan tips untuk mengatur pembelanjaan THR nantinya. 

Alokasikan 10 persen - 20 persen untuk tabungan

Habiskan THRmu diawal untuk memudahkan pembagian proporsi selanjutnya seperti tabungan. Alokasikan sebesar 10-20 persen dari total THR. Trust me, apabila sudah dialokasikan maka akan lebih mudah daripada dialokasikan dari sisa THR nantinya.

Keperluan pakaian baru, perlengkapan ibadah, serta zakat

Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya, tak punya pun tak apa-apa. Nah, baju baru untuk ana-anak dan keluarga pun harus diperhitungkan. Tips dari saya adalah belilah kalau ada diskon besar-besaran seperti online shop atau supermarket. Kemudian jangan lupakan perlengkapan ibadah dan zakat fitrah pada akhir ramadhan, semuanya harus dialokasikan dengan baik.


Jamuan Lebaran dan mudik

Opor dan ketupat serta sambal goreng ati itu, sajian yang harus ada pada saat hari lebaran. Pengeluaran makanan dan minuman pada saat lebaran pun harus diperhitungan dengan baik dan benar, jangan sampai terlewat sedikit pun. Kemudian, apabila ingin melakukan mudik, jangan lupa untuk mengeposkan jauh-jauh hari agar pembelian tiket dan lain-lainnya lebih mudah. 

Mengalokasikan THR bagi pekerja di rumah dan angpao

Jika memiliki pekerja rumah dan saudara usahakan untuk mengalokasikan dana angpao bagi mereka. Karena bagaimana pun kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk memberikan sebagian penghasilan kepada merek yang membantu kita selama dirumah dalam beberapa tahun terakhir.


Sisa alokasi THR untuk melunasi utang berjalan dan atau investasi

Sebagian besar telah diposkan dalam pos masing-masing jangan lupakan  untuk membayar hutang atau kalau masih ada sisa lagi jangan lupa untuk berinvestasi. Kalau masih ada jangan lupa untuk membayar asuransi.

Jangan sampai terjadi pada saat lebaran kita kehabisan dana dan cenderung menyajikan ala kadarnya sedangkan dana THR sudah habis tak bersisa.

THR ala Keluarga Surya


Yes, kalau masih bingung dengan cara membelanjakan THR dengan baik, Sunlife ID punya sitkom webseries yang kocak dan lucu di Channel Youtube dengan judul Keluarga Surya. Keluarga yang terdiri dari bapak Surya, Ibu Mentari, Fajar dan Cahaya. Keluarga kecil ini menyajikan banyak sekali drama dan pembelajaran tentang THR serta segala permasalahan seputar apapun.

Oh iya jangan lupa untuk ikutan kuis dari Sunlife ID pada tanggal 31 Mei 2018 di www.instagram.com/sunlife_id. Yuk enjoy webseriesnya di channel youtube dibawah ini.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ikhh Gunawan makin bisa aja nih, nabung u tuk membina runah tangga yapp. Semoga si A baca nya biar saat menyatakan langsung bilang yes

    BalasHapus
  2. Video sitkomnya lucu, tapi membawa pesan yang bagus tuh. Kudu pinter atur keuangan supaya gak lebaran pake nasi goreng xixixixi

    BalasHapus