Memang Bisa Diet Dengan Donor Darah ?

  • 9/21/2018 09:42:00 AM
  • By Salman Faris
  • 0 Comments


Your body and soul is yours. Ketika stress melanda, maka tidak sadar badan akan merespon dengan sebuah tanda seperti mual, muntah, penyakit asam lambung dan lainnya. Badan dan jiwa itu merupakan dua sejoli yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Pernah merasakan bolak-balik ke kamar mandi ketika interview pekerjaan? Atau badan panas dingin ketika hendak Ijab Qabul pada saat pernikahan ? Itulah koneksi kuat antara badan dan jiwa kita.

Setelah jiwa kita tenang dan badan kita lebih sehat, maka melakukan aktivitas apapun akan terasa ringan dan menyenangkan. Namun, kadang kala badan membutuhkan sesuatu yang menyehatkan, jangan sampai karena gaya hidup dan pekerjaan yang sangat padat malah membuat kita melupakan kesehatan badan atau tubuh. Apalagi kehidupan Ibukota yang setiap hari selalu memberikan tingkat stress tinggi. Saya termasuk yang sangat mudah stress dan kemudian malah memilih makan sebagai pelampias emosi tersebut. Beruntung yang memilih olahraga apapun sebagai pelampias stress yang dialami.



Lalu bagaimana dengan cara lainnya? Apakah ada kegiatan yang membantu orang lain sekaligus membuat kita sehat dan terhindar dari stress atau penyakit lainnya? Ternyata donor darah adalah jawaban dari semua kerisauan, hahaha. Selama ini saya ngeri setiap diminta donor darah dengan berbagai alasan, terutama takut anemia dan takut jarum suntik. 

Setelah beberapa kali ke puskesmas untuk menerima vaksin meningitis karena pada saat itu saya hendak melakukan ibadah umroh, maka saya sudah tidak terlalu takut dengan jarum suntik. Justru saat ini yang saya takutkan adalah kondisi badan saya yang semakin lama semakin tidak sehat karena terlalu gemuk. Lalu apakah donor darah itu sangat berpengaruh dengan kesehatan? Apakah yang menyebabkan donor darah harus dan disarankan untuk dilakukan? 


Jangan takut melakukan donor darah karena justru dengan donor darah dapat meningkatkan peredaran darah dan metabolisme tubuh pun lebih lancar, nah inilah beberapa manfaat yaitu :

Kesehatan Jantung 

Jantung itu merupakan pemompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi ini menjadi sangat vital sehingga jika terjadi ketidakberesan dengan jantung, maka tubuh akan sangat terpengaruh. Salah satu manfaat donor adalah menyehatkan jantung karena memperlancar aliran darah.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Jika darah yang lama atau kotor tersebut didonorkan, maka sel darah merah akan mereproduksi dan akan terbaru kan kembali sehingga tubuh menjadi sangat fresh dan sehat.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang mengalami kegemukan, tidak usah melakukan kegiatan apapun untuk menurunkan berat badan, cukup dengan rutin melakukan donor darah saja. Donor darah dipercaya akan menurunkan berat badan karena kalori yang dikeluarkan pada saat donor darah sangat banyak.


Manfaat donor darah bagi Kesehatan psikologis

Seperti hal lainnya, donor darah merupakan kegiatan menyumbangkan darah untuk kehidupan orang lain yang sangat butuh darah seperti pasien di rumah sakit. Perasaan menyumbangkan itulah yang membuat jiwa kita merasa senang dan sangat bermanfaat bagi orang lain. 

Mendeteksi penyakit


Sebelum melakukan donor darah, biasanya darah akan diperiksa untuk menentukan kelayakan, apakah bisa donor darah atau tidak. Dalam pemeriksaan darah awal, biasanya akan terdeteksi penyakit apa saja yang ada dalam diri kita. Nah, dari situ kita dapat menjaga resiko penyakit yang lebih berbahaya dan bisa mencegahnya sedini mungkin.


Pemeriksaan kesehatan gratis

Selain mendeteksi penyakit, maka akan diketahui juga kondisi lain seperti kada gula, kolesterol dan lain-lain sehingga bisa diketahui secara keseluruhan apa yang terjadi pada tubuh kita selama ini.

Nah, banyak juga kan manfaat dari donor darah yang luput dari pemahaman kita selama ini. Jangan terlalu takut dengan jarum suntik, tapi takutlah terhadap penyakit yang belum terdekteksi di tubuh kita. 












#AksiSehatCeria  merupakan rangkaian acara yang digagas oleh Dokter Sehat bekerjasama dengan Indodax, Ciputra Medical Center dan Blood4lifeID.  Dalam kegiatan kali ini diadakan Aksi Sehat Ceria sebagai salah satu bentuk kepedulian akan kebutuhan darah di Indonesia yang hanya terpenuhi sekitar 4 juta kantong dari 5 juta kantong yang seharusnya dipenuhi. Blood4LifeID merupakan komunitas yang mengusahakan kebutuhan darah yang harus dipenuhi dengan dukungan dari masyarakat. 

Sedangkan Indodax merupakan pusat perdagangan bitcoins berbasis rupiah tercepat di Indonesia. Dan, Ciputra Medical Center merupakan klinik rawat jalan dengan perlengkapan yang sangat canggih dan bisa dibilang paling lengkap salah satunya alat mendeteksi penyakit gila atau hilang ingatan serta lainnya. 

Lomba Blog  #AksiSehatCeria


Tidak sempat hadir ke acara #AksiSehatCeria? Tenang saja karena kamu masih berkesempatan memenangkan hadiah total jutaan rupiah lewat lomba blog #AksiSehatCeria!

Submit artikel di blog pribadimu mengenai pola hidup sehat ke www.bit.ly/BlogSehatCeria sebelum 16 Oktober 2018.

Info lengkapnya silahkan  langsung klik aja https://doktersehat.com/blogsehatceria 

You Might Also Like

0 komentar