Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Keluarga (Rumah Tangga) Dengan Gaji Kecil

  • 9/20/2019 01:26:00 PM
  • By Salman Faris
  • 0 Comments


Money can buy everything but not your happiness. Kadang saya mikir apa betul uang itu bisa membeli semuanya namun tidak kebahagiaan. Setelah berjalannya usia dan banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, maka saya bisa katakan kalau melalui uanglah kita bisa bahagia, asalkan tidak terlena dan menjadikan uang itu segalanya (tumben banget kata-katanya pas gitu hahaha). Nah, kalau kamu selama ini bagaimana, apakah bahagia dengan uang yang banyak atau malah sebaliknya? Kalau saya mah pengennya uang banyak dan bahagia karena bisa keliling dunia (Amiiin).

Setelah liburan Lebaran kemarin, saya menyempatkan diri untuk traveling di sekitar Jawa Tengah seperti Lasem dan Blora serta Semarang. Tak lupa setelah itu saya kembali ke Kampung Halaman saya di Pemalang, ini kali kedua setelah Lebaran pun saya menyempatkan mudik sebelumnya. Pada saat di Pemalang, saya perhatikan bagaimana kehidupan rumah tangga adik saya, terutama dalam soal keuangan. Walaupun tidak secara langsung atau spesifik mengenai jumlah uang, namun adik saya selalu menjelaskan bahwa hidup di kampung halaman seperti di Pemalang ini adalah pilihan yang tepat karena lebih hemat.

"Man, kowe anggere gelem bise nang Pemalang bae. Loweh murah mangane."

Adik saya menjelaskan dalam bahasa ngapak yang memiliki arti bahwa kehidupan di Pemalang itu lebih murah dan menawarkan kepada saya untuk menetap di Pemalang. Maklum saya sudah merantau ke Semarang pada tahun 2002 dan kemudian menetap di Jakarta dari tahun 2007. Sangat wajar kalau saya sudah terbiasa dengan kehidupan dinamis Jakarta walaupun macet dimana-mana. 

"Emoh ah, aku wis nyaman nang Jakarta."

Intinya saya menolak ajakan tersebut karena saya telah nyaman di Jakarta. 


Saya berusaha untuk membatasi percakapan mengenai keuangan adik saya, maklum biasanya soal uang dan hal yang berkaitan dengan tersebut membuat timbul masalah baru. Saya malah menjadi persoalan seperti cerminan saya kedepannya, karena saya belum memasuki jenjang pernikahan, namun saya memiliki banyak rambu-rambu. Saya belajar banyak hal dari adik saya dalam hal berhemat dan menyisihkan pendapatan untuk menabung serta pendidikan anak kedepannya. 

"Aku saiki ye nabung,nggo jege-jege."

Adik saya selalu mengatakan harus menyisihkan dan menabung karena dia ingin memberikan wawasan bagaimana cara mengatur keuangan pada keluarga, apalagi keluarga tersebut masih dalam tahap relatif baru dan belum mendapatkan gaji yang besar. 

Bila gaji kecil, bisakah mengatur keuangan layaknya orang kaya yang sering keluar negeri dan punya bisnis di mana-mana?


Karena saya belum memasuki jenjang pernikahan, maka saya selalu mencatat hal-hal penting yang saya rangkum dalam Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Keluarga Terutama Untuk Gaji Kecil.

Rencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Setelah saya menerapkan untuk mencatat seluruh pengeluaran terutama Belanja Bulanan, saya merasakan bahwa saya bisa lebih berhemat karena membeli barang sesuai dengan kebutuhan. Kadang kalau di supermarket, kita sering sekali membeli yang tidak ada di list, dan itu membuat budget belanja membengkak.

Membeli Barang yang Masih Layak

Kadang kala kita gengsi untuk membeli barang second yang masih bagus dan layak digunakan, padahal dengan membelinya kita dapat menghemat budget pengeluaran sampai 75 persen. Barang layak pakai atau second biasanya memiliki harga jauh-jauh lebih murah sehingga bisa dialokasikan untuk lainnya.

Kontrol Kartu Kredit 

Karena merasa tidak membayar saat itu juga, biasanya terlena dengan kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit. Maka mulai saat ini, kontrol pemakaian kartu kredit dengan membatasi limit diri sendiri sehingga tidak berbunga dan mengalami keterlambatan pada saat membayarnya. 


Kurangi Kebiasaan Makan di Luar

Walaupun makan di restoran itu menjadi sebuah gaya hidup yang nyaman, namun kita bisa menguranginya dengan masak di rumah. Tidak bisa masak? Dengan tutorial yang tersedia, kamu bisa jadi koki dadakan dan menyenangkan pasangan dengan kejutan masakan yang enak. Selain melatih hobi memasak, juga dapat menghemat. 

Gunakan Kupon Diskon atau Promo

Jangan lupa untuk menggunakan atau memanfaatkan diskon yang terjadi menjelang hari-hari libur nasional. Diskon akan memberikan penghematan sekitar 50-75 persen sehingga akan menghemat pengeluaran. 

Mulai Memproteksi Diri Dengan Asuransi Jiwa

Kenapa sih harus memproteksi diri dengan asuransi jiwa? Jawabannya adalah karena riwayat penyakit keluarga saya yang memiliki penyakit tidak menular sehingga dibutuhkan proteksi sejak dini. Pada saat nanti membutuhkan biaya rumah sakit yang tidak murah serta naik, maka kita telah terproteksi dengan asuransi tersebut.

Resiko penyakit tidak menular yang sangat tinggi menyebabkan resiko kematian. Jangan sampai pada saat kehilangan, tak hanya kehilangan orang tersayang tapi juga kehilangan segalanya karena tidak memiliki bekal yang cukup untuk keluarga. Penting banget untuk menyiapkan segalanya dengan asuransi jiwa yang membuat kita tenang apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Sebagai keluarga baru hanya suami dan istri, maka ini saatnya mengungkapkan kejutan manis untuk pasangan masing-masing dengan mulai menjaga aset keluarga sekarang juga, jangan ditunda karena merasakan bahwa asuransi tersebut sangatlah mahal.  

Kan asuransi itu mahal banget loh? Kata siapa mahal? Kamu belum tahu kalau saat ini ada Asuransi Jiwa Fleksible. Asuransi Jiwa itu sama sekali berbeda dengan asuransi lain karena menanggung kerugian secara finansial akibat kematian anggota keluarga. Asuransi ini sangat terjangkau untuk pasangan muda dengan harga premi asuransi pertahun hanya sebesar Rp 272.100 saja loh. Wow itu beneran cuman segitu? 


Yes, inilah Flexi Life yang saya temukan dari teman yang merekomendasikan kepada saya tentang pentingnya sebuah asuransi Jiwa. Flexi Life dari Astra Life, sebuah asuransi jiwa murni yang dimana uang pertanggungan dan preminya bisa ditentukan oleh nasabahnya sendiri dan memiliki kelebihan berupa: Perlindungannya bisa dipilih sendiri hingga nilainya 5 Miliar. Terlebih proses belinya sangat mudah karena tidak perlu medical check up dan sepenuhnya online di ilovelife.co.id.

Cukup bayar sesuai risiko saat ini atau usia saat mendaftar. Misalnya, orang usia muda biasanya memiliki risiko yang lebih kecil dibanding dengan orang berusia tua. Sehingga premi bisa dibayar lebih murah dan disesuaikan dengan risiko hidup setiap tahunnya. Polis bisa otomatis diperpanjang hingga usia 85 tahun.

Dapat mengubah premi secara online sesuai kebutuhan dan kemampuan kita, misalnya bulan ini bayar Rp 500.000/bulan namun karena bulan depan harus renovasi kamar mandi,  pembayaran premi bisa diturunkan menjadi Rp 200.000. Pembayaran premi dapat dilakukan sesuai dengan pilihan kita, mulai dari bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, hingga tahunan.



Dengan  Asuransi Jiwa Flexibel ini kita bisa mendapatkan benefit sesuai dengan uang pertanggungan yang akan diinginkan nanti. Nah, bagi yang ingin mendaftarkannya, caranya cukup mudah tinggal akses ke website https://ilovelife.co.id/ dan buka halaman awal dan liha lebih detail. Pada halaman kedua terdapat 'Satu Polis Seumur Hidup" kemudian klik 'Cek Sekarang', Dan mulai mengisi data-data yang dibutuhkan. Saat pengisian biodata yang dibutuhkan itu sangat cepat dan tidak seperti yang dibayangkan lamanya.

Setelah mengisi biodata seperti nama, tanggal lahir dan lainnya, lalu tentukan uang pertanggungan yang diinginkan misalnya 50 juta Rupiah, setelah itu maka kita dihadapkan dengan pilihan pembayaran premi seperti tiap bulan atau tiap tahun. Pilihlah sesuai dengan kemampuan finansial, lebih disarankan setiap bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan ngopi setiap bulan saja setelah dihitung-hitung lebih dari 700 ribu, sedangkan premi asuransi ini hanya sebesar 200 ribuan saja per tahun tapi dapat membuat hidup lebih nikmat dengan mengkonsumsi kopi bikinan sendiri di rumah. 

Kemudian, pada proses akhir maka akan terdapat beberapa penawaran pembayaran, jika ingin mendapatkan bonus maka bisa masukan referral code BLOGSALMAN3 ya.

Nah, itu dia pengalaman menyenangkan melakukan proteksi diri dengan menggunakan Asuransi Astra Life yang melindungi sesuai dengan kemampuan keuangan dan bisa diatur pilihan uang pertanggungannya. 

Kalau bukan sekarang, kapan lagi untuk memproteksi diri kita.

You Might Also Like

0 komentar