Belajar Bahasa Inggris Online Bersama TBI English Course

5/23/2020 07:27:00 AM


Saya suka belajar bahasa apapun mulai dari bahasa Inggris dan Jepang. Namun dari ketiga bahasa yang saya pelajari, ternyata hanya bahasa Inggris saja yang masih melekat diingatan, sedangkan bahasa Jepang hanya mampu mengartikan kata-kata dasar yang tidak terlalu rumit. Oh iya, karena saya suka dengan Thailand, saya berkeinginan untuk belajar dalam waktu dekat melalui online. Yakin belajar bahasa melalui online? Iya donk yakin banget, apalagi pada saat pandemi sekarang ini, salah satu metode yang banyak dilakukan adalah kelas online baik belajar bahasa Inggris, maupun keahlian lainnya seperti keuangan, IT dan masih banyak lainnya. 

Gayung bersambut ketika Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) mengadakan kelas online bahasa Inggris bersama TBI English Course. Saat itu saya terpikir untuk mengisi waktu pada saat pandemi dengan belajar apapun terutama skil bahasa Inggris yang nantinya akan sering saya gunakan. Iya, saya adalah seorang pemilik Trip Orginizer yang baru membuka usaha beberapa bulan belakangan in dan akan menggunakannya pada saat traveling ke beberapa negara lain seperti Thailand, Malaysia, dan Jepang. 


Yang menarik dari kelas online bahasa Inggris dari TBI English Course ini adalah metode yang digunakan yaitu metode interaktif melalui google classroom dan zoom. Baru kali ini saya merasakan manfaat teknologi terutama google classroom yang mampu menyajikan banyak fitur sehingga kelas menjadi lebih hidup dan interaktif. Sedangkan pada beberapa sesi lain digunakan zoom untuk melakukan diskusi dan materi yang harus disampaikan dengan cara bertatap muka. 

Saya cukup menikmati kelas ini, walaupun memang belajar online memerlukan 2 kali waktu lebih dibandingkan kelas tatap muka. Namun, keuntungannya adalah kita bisa mengerjakan tugas atau kelasnya dimana saja dengan dukungan koneksi internet yang cukup stabil. Namun, lagi-lagi internet di Indonesia memang masih memerlukan waktu menyesuikan gaya hidup di kala pandemi yang semuanya mengandalkan koneksi internet. 


Salah satu materi yang saya sukai adalah pada saat membahas A Travel Blog. Tidak dipungkiri jika materi ini sangat related dengan hobi saya jalan-jalan dan juga saat ini sedang merintis sebuah usaha dibidang traveling. Materinya menjelaskan inspirasi atau awal mulai membuat postingan blog. Dalam diskusinya, beberapa pendapat menyatakan bahwa "Experience is the one of source to make a blogpost. Without the experience, the blog will be the same as media". Intinya adalah pengalaman adalah salah satu sumber dalam penulisan blog, selain itu dibutuhkan reserach atau pengumpulan data yang valid untuk mendukung pengalaman yang telah kita alami. 

Selain itu banyak sekali materi yang mendukung saya sebagai blogger dalam mendalami bahasa Inggris dari prespektif yang lebih kaya lagi, bukan sekedar menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris saja, namun banyak hal yang mesti dipahami. Dan lagi-lagi bukan hanya tenses ataupun vocabuary saja, namun juga pemahaman kita dalam berbahasa Inggris yang baik dan benar. Jika bisa saya simpulakan, bahasa Inggris haruslah dipraktekan terus-menerus sehingga tidak hanya sebatas mengetahui saja namun kita bisa memahami maknanya lebih dalam agar lebih mudah dipahami lagi.

Masih banyak hal yang belum saya pahami dalam berbahasa Inggris yang baik dan benar, namun saya yakin kedepannya akan jauh lebih baik. Beberapa hal yang biasanya saya lakukan dalam mempelajari bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

1. Biasakan melihat drama Korea atau Jepang atau negara manapun dengan subtitle bahasa Inggris
2. Usahakan membaca artikel ringan dalam bahasa Inggris setiap minggu sekali
3. Mulai menulis blog dalam bahasa Inggris sebagai latihan
4. Mulai mempraktekan bahasa Inggris dengan teman yang mau belajar bersama 
5. Mencoba beberapa test bahasa Inggris sebagai bahan evaluasi kita setiap beberapa bulan sekali

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan dari satu bulan belajar bahasa Inggris online bersama TBI English Course. Semoga bisa melanjutkan di sesi lain terutama kelas tatap muka sehingga bisa lebih maksimal lagi. 

Informasi mengenai TBI English Course

Alamat :
TBI - The British Institute - Kuningan
Cohive 101, 10th Floor, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.1, RT.5/RW.2, Kuningan, East Kuningan, Setiabudi, South Jakarta City, Jakarta 12950

Website :
www.tbi.co.id

Telepon :
(021) 50820037



You Might Also Like

1 Comments

  1. selamat hari untuk semua orang di indonesia dan juga untuk semua orang di asia, nama saya mrs. fatimah fahariah, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara indonesia saya melalui ibu yang baik, ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya ganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menginstal MRS KARINA, yang adalah pemilik. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA, jadi saya percaya perjanjian dan hubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan Jaminan dan Jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat persetujuan aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu menyetujui sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH anggotakati

    Akhirnya, saya ingin mendukung Anda untuk semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus