Cara Mudah Mencegah Berita Hoax Dengan PMJ News

11/18/2018 06:08:00 AM

Indonesian Lifestyle Blogger - salmanbiroe - PMJ News

Telah terjadi Bom di sebuah Rumah Sakit di Jakarta dengan menelan korban jiwa sejumlah 5 orang. Kadang saya melihat teman yang menyebarkan berita tersebut di grup whatsapp. Tanpa menyaring berita tersebut, kemudian teman-teman yang lain share berita ke teman-teman lain tanpa melihat  berita tersebut hoax atau bukan. Saya geram dengan tingkah teman saya ini,  kemudian saya mengatakan bahwa apakah berita tersebut bukan hoax? Sontak saja mereka marah dan tidak terima di bilang seperti itu. Beberapa hari kemudian, terbukti bahwa berita tersebut memanglah hoax. Yang terjadi sebenarnya adalah telah terjadi kecelakaan ringan dengan korban luka ringan di rumah sakit tersebut.

Inilah salah satu contoh kasus bahayanya menyebarkan berita tidak benar atau hoax di kalangan masyarakat. Sebagai netijen, kita harus cerdas dan bisa memilah-milah dengan self filter yang akan saya beberkan. Sebagai blogger, saya dituntut untuk menuliskan opini dan peristiwa sesuai dengan fakta tanpa ada embel-embel apapun tanpa dilebih-lebihkan atau dilurang-kurangkan. Apalagi blog ini kan sangat subyektif, namun sebisa mungkin saya akan mengungkapkan fakta dengan pengungkapan secara personal.

Indonesian Lifestyle Blogger - salmanbiroe - PMJ News

Indonesian Lifestyle Blogger - salmanbiroe - PMJ News


Lalu apa saja yang harus kita miliki untuk menyaring berita-berita yang tidak benar? Jawabanya self filter dan PMJ News. PMJ News ini merupakan sebuah portal berita resmi dari Polda Metro Jaya. Secara pribadi,  saya sangat mendukung penuh adanya portal berita resmi yang dapat mengcounter berita-berita hoax diluaran sana.


Ada beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk semuanya. Ini dia beberapa tips mencegah hoax di masyarakat :

Kredibilitas Media

Jangan sampai kita mempercayai media-media yang beredar tanpa melihat kredibilitas medianya. Media itu seperti makanan, kita perlu memilih makanan yang sehat untuk tubuh kita.

Indonesian Lifestyle Blogger - salmanbiroe - PMJ News

Cross Cek Media

Jika kita menerima berita,  sebaiknya kita mengecek kembali di media-media lain,  apakah berita tersebut juga muncul di media-media besar.

Ikuti PMJ News

Nah,jangan lupa untuk menginstal aplikasi PMJ News dan memantau seluruh berita yang terpercaya dan kredible sehingga PMJ News ini akan menjadi sumber berita yang terpercaya.

Sudah saatnya menjadi netijen yang cerdas dan menyebarkan berita yang baik tanpa menyebarkan hoax yang sangat meresahkan masyarakat.


You Might Also Like

0 Comments