Tips Mudah Mengelola Blog Untuk Pemula

3/11/2020 01:48:00 PM

salmanbiroe - Lifestyle Blogger Indonesia - Tips Mudah Mengelola Blog Untuk Pemula

Berbagi kabar, informasi dan konten lainnya di zaman milenial ini nyaris tanpa kendala. Kita hanya perlu mengandalkan jaringan internet dan seperangkat gawai untuk kemudian membuat blog atau website. Kamu mungkin berpikir, peranannya bisa tergantikan oleh ragam media sosial. Tapi rupanya peranan tersebut tak bisa diganti mengingat blog yang bersifat eksklusif, mandiri serta original.

Jadi, marilah bersemangat untuk mulai mengelola blog. Pada awalnya, ini mungkin seperti kegiatan membuang-buang waktu dan kuota. Tapi percayalah, ketika kamu sudah piawai, Kamu bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan dari blog. 

Itu hanya sebagian keuntungan dari memiliki blog. Lebih luas lagi, memiliki blog akan membuka peluang kamu untuk konsisten berkarya, berkontemplasi, syukur-syukur dapat banyak penggemar yang memang meyukai kontenmu.

Kalau bisa dibilang ngeblog itu iseng-iseng yang berfaedah dan bisa mendatangkan banyak keuntungan terutama jika blogmu sudah dipandang sangat berpengaruh dan menjadi sebuah acuan untuk beberapa orang yang melakukan kegiatan atau hobi yang sama denganmu.Misalnya kamu hobi memasak, dan menuliskan semua resep masakan dan tips memasak yang dapat dilakukan oleh siapapun termasuk memasak ala anak kos. Dengan hobi memasakmu yang dishare maka, banyak sekali yang ingin memasak praktis ala kamu sehingga mereka akan tetap menantikan updatean blogmu. 


Pada pembahasan kali ini, saya ingin menyuntikkan semangat untuk berkarya lewat blog, terutama bagi kalangan pemula. Berikut ini tips mudah mengelola blog untuk kamu yang memang masih kategori pendatang baru di dunia konten digital:

1. Pahami Dulu, Apa Itu Blog

Sebelum beranjak ke hal teknis, Kamu sebaiknya memahami dulu apakah yang dimaksud dengan blog. Secara singkat, blog merupakan situs yang memungkinkan Kamu memposting ragam konten dari mulai teks, gambar, video, animasi hingga yang lainnya. Blog juga membuka gerbang diskusi bagi sesama pemilik blog alias blogger. 

Konten dan diskusi tersebut bisa diakses melalui alamat tertentu, atau bisa juga dijangkau dengan penelusuran kata kunci. Ketika Kamu membuat konten secara konsisten, lengkap dan berkualitas, blog Kamu berpeluang dilirik Google untuk direkomendasikan di halaman pencarian utama.

salmanbiroe - Lifestyle Blogger Indonesia - Tips Mudah Mengelola Blog Untuk Pemula

2. Mulailah dengan yang Gratis

Tak ada alasan bagimu untuk tidak membuat blog di zaman sekarang, sebab Kamu bisa memulainya kapan saja bahkan tidak perlu pakai biaya. Asalkan punya konten atau topik yang ingin dibahas, Kamu bisa segera dafar untuk membuat blog. 

Situs WordPress dan Blogger merupakan yang paling populer jika Kamu ingin membuat blog secara gratis. Dua situs ini sudah banyak menaungi para penulis dan pembuat konten kelas pemula, untuk kemudian para pemilik blog itu melepaskan diri dan memutuskan untuk memiliki domain sendiri.  

3. Buatlah Konten yang Spesifik

Kamu sebaiknya sudah memiliki topik dan konsep yang spesifik ketika ingin membuat website. Semakin fokus dan spesifik, maka semakin baiklah blog Kamu. Misalnya, ketika Kamu membuat blog tentang kuliner, fokuslah untuk menyediakan konten-konten yang berkaitan dengan makanan. jangan dicampur dengan konten teknologi, politik sosial dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk menyesuaikan topik yang dipilih dengan passion Kamu. Tujuannya agar Kamu bisa lebih percaya diri dalam berbagi konten, serta selalu bersemangat untuk membuat postingan blog yang berkualitas untuk para pembaca. Jangan terbatas pada hal yang teknis seperti panjang naskah, font dan aturan lainnya. Kamu bisa mengatur semuanya sesuai selera. 

salmanbiroe - Lifestyle Blogger Indonesia - Tips Mudah Mengelola Blog Untuk Pemula

4. Bijak Mencantumkan Referensi

Ketika Kamu membuat konten yang bergizi di blog, mungkin tidak semua hal yang murni berasal dari otak Kamu. Mungkin ada sejumlah sumber rujukan untuk memperkaya tulisanmu, sehingga pembaca yakin dan menganggap kontenmu berbobot. 

Ketika Kamu mengutip teks atau mengambil referensi dari sumber lain, bijaklah dalam menggunakannya yakni dengan mencantumkan sumber tulisan. Jangan sampai Kamu lupa, apalagi sengaja untuk tidak mencantumkan daftar pustaka. Sebab jika hal itu terjadi, berarti kamu telah terlibat praktik plagiat dan itu adalah sebuah tindak kriminal. 

Baca juga : tempat beli hosting terbaik Indonesia

5. Memilih Tema yang Sederhana 

Tema dalam blog adalah seperti rumah atau wadah. Ia merupakan tampilan keseluruhan yang memuat warna, latar belakang, font, ukuran huruf, gambar serta tata letak. Ketika Kamu memilih tema, mungkin Kamu tergiur dengan tema-tema yang semarak dan berwarna-warni. Itu sekilas mungkin menarik. Tapi cobalah dipikir lagi. Justru semakin ramai tema yang Kamu pilih, semakin sempitlah ruang kreativitasmu. 

Jadi, lebih baik memilih tema yang sederhana. Selebihnya Kamu bisa lebih dinamis berkreasi dalam setiap postingan untuk menjadikannya menarik versimu sendiri.

salmanbiroe - Lifestyle Blogger Indonesia - Tips Mudah Mengelola Blog Untuk Pemula

6. Bergaul dengan Sesama Blogger (Komunitas Blogger)

Kamu tidak sendirian ketika memulai aktivitas sebagai Blogger. Di luar sana ada banyak blogger lainnya yang berharap karyanya diapresiasi dengan cara dikunjungi blognya. Karena itulah, selain punya tugas membuat konten yang original serta berkualitas, Kamu juga harus menyempatkan diri berkunjung ke blog lainnya.

Ini bukan hanya sebatas praktik saling dukung dan saling apresiasi. Lebih lanjut, praktik ini bisa mengantarkanmu pada komunitas besar para blogger andal, profesional dan inspiratif. Ini akan sangat menguntungkan untuk membangun jaringan serta mendapatkan banyak ilmu yang berharga seputar pengelolaan blog yang ideal.

Selain itu dengan bergabung dengan Komunitas Blogger, maka kita akan bersemangat untuk memposting terus serta konsisten karena terpacu dengan blogger lainnya. Selain itu kita bisa mencontoh tulisan yang sangat bagus atau konsep ide yag unik sehingga kita bisa menulis dengan banyak ragam baik konten maupun idenya. Trust me, kalau kita banyak mampir ke blog orang lain bisa menjadi sumber inspirasi yang tidak akan habisnya.

Demikianlah informasi seputar tips membuat blog untuk pemula. Ingatlah untuk selalu percaya diri sehingga proses curah kualitas diri melalui posting konten di blogmu berpeluang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu.  

You Might Also Like

0 Comments