Gaungkan Nama Indonesia di World Expo Milan 2015


Bulan Agustus hampir usai, namun getar-getar kebangsaan dan patriotisme untuk tetap mengharumkan nama Indonesia itu masih tetap ada sampai kapan pun. Begitu pula, Artha Graha Network yang menjadi pelaksana dalam mengelola Paviliun Indonesia di World Expo Milan 2015.

Masih ingat dengan Almarhum Didi Petet yang harus bolak-balik ke Jakarta Milan untuk syuting dan mempersiapkan dengan detail Paviliun Indonesia ini. World Expon Milan ini adalah event lima tahunan yang sangat dinantikan. Apalagi peserta yang hadir hampir seluruh negara di Dunia. Untuk membanggakan indonesialah yang membuat seorang Didi Petet rela meluangkan waktunya.

Bubu, Ragam Budaya dan Kuliner 




Bubu bukanlah sebuah nama seseorang yang sering muncul dilayar televisi, bukan pula makanan yang selalu setia setiap pagi saat kita sarapan (itu bubur keles), Bubu merupakan sebutan jaring penangkap ikan yang terbuat dari bambu. Dibeberapa daerah di Indonesia, penangkap ikan masih mengunakan bubu, bahkan saat panen ikan pun bubu masih sering digunakan.

Saat melihat dari luar, Bubu nampak melingkari paviliun Indonesia di World Expo Milan 2015. Dipilihnya Bubu menjadi desain paviliun bukan tanpa sebab. Bubu merupakan benda yang digunakan di hampir seluruh Indonesia, kemudian apabila di bangun salah satu ikon dari suatu daerah, maka daerah lain tidak mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyuguhkan bangunan khas mereka. Maka terpilihlah alat penangkap ikan yang disebut Bubu ini.

Jangka waktu Expo yang panjang sampai akhir Oktober membuat pihak paviliun Indonesia mengatur startegi dengan mengubah-ubah tema paviliun sesuai dengan ragam budaya yang ada di Indonesia. Beruntung sekali keragaman budaya Indonesia bukanlah fiktif belaka namun sungguh nyata dan sungguh membanggakan.

Bisa saja kita menemukan tarian Aceh hari ini, namun kemudian beberapa hari kemudian sudah berganti dengan tari Jaipong dan seterusnya yang menandakan pergantian tema selalu dilaksanakan untuk memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia.

Selain keragaman budaya, titik temu untuk memperkenalkan Indonesia adalah dengan memperkenalkan batik sebagai peninggalan warisan budaya yang telah di akui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan Dunia. tak heran apabila nuansa batik terdapat di beberapa sudut paviliun.

Kuliner Favorite

Makanan Indonesia adalah salah satu makanan terlezat di Dunia. Terbukti dengan masuknya beberapa makanan Indonesia yang dianggap sangat enak yaitu Rendang, Nasi Goreng, Satai dan beberapa makanan lainnya yang tak kalah enak.

Tak heran memang kalau makanan Indonesia ini memiliki citarasa yang kuat. Bumbu-bumbu yang beraneka ragam, proses pembuatan yang memerlukan waktu yang lama, variasi bahan yang akan digunakan serta proses budaya yang melatarbelaakangi sajian tersebut. Bahkan ada beberapa makanan yang memiliki keeratan dengan sebuah tradisi yang kental.

Luar biasa memang aneka rempah yang tercampur dalam sebuah makanan Indonesia ini. Pengunjung World Milan Expo 2015 ini sampai berbondong-bondong untuk menyantap sajian yang di persembahkan di paviliun Indonesia. Sungguh bangganya.

Untuk melihat indahnya paviliun Indonesia, mari berkeliling paviliun Indonesia melalui video dari youtube berikut ini :



Gaungkan Nama Indonesia


Meski tak mendatangi langsung di Milan, Italia, namun saya merasakan sebuah kebanggaan yang tak bisa diluapkan hanya melalui tulisan yang saya buat ini. Membuat harum nama Indonesia di luar negeri dalam event seperti World Expo di Milan ini patut di apresiasi dengan sebesar-besarnya. Mungkin hal yang bisa saya lakukan untuk membuat Indonesia bangga adalah dengan menuliskan berita ini dan meneruskannya kepada teman-teman di seluruh Indonesia.

Sangat luar biasa beberapa pihak yang telah bekerja keras dan membantu hingga beberapa bulan kedepan. Terima kasih karena telah membuat saya bangga dan dapat menepuk dada. Suatu saat nanti ketika sore hari dan menikmati secangkir teh bersama cucu, saya dapat menceritakan kebanggaan ini dengan suara lantang dan semangat yang mengelora.

Semua foto saya ambil dari https://twitter.com/indoworldexpo .

Gaungkan Nama Indonesia di World Expo Milan 2015 Gaungkan Nama Indonesia di World Expo Milan 2015 Reviewed by Salman Faris on 8/31/2015 10:30:00 PM Rating: 5

20 komentar:

  1. makanan Indonesia memang paling lezat sedunia, banyak variasi rasanya

    BalasHapus
  2. kuliner indonesia dan tempat wisatanya mari kita gaungkan bersama-sama..kalo bisa semuanya :)

    BalasHapus
  3. Indonesia bersinar di luar negeri, saya suka saya sukaaa ^^

    BalasHapus
  4. keren banget yaaa stan pameran Indonesia moga makin banyak yang berkunjung kesini dan ngeh tentang negara kita...

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Yuk masbro kita berangkat kesana. Siapa tahu bisa ikut2an harum dan mewangi sepanjang waktu :)

    BalasHapus
  7. Yuk masbro kita berangkat kesana. Siapa tahu bisa ikut2an harum dan mewangi sepanjang waktu :)

    BalasHapus
  8. Kereeen. Bangga jadi orang indonesia

    BalasHapus
  9. Waahh hebat juga ada acara kayak gini...*baru tau

    BalasHapus
  10. Bangga banget deh bisa menjadi salah satu anak indonesia dan lahir di indoensia. Indonesia yang kaya akan budaya, alam, jenis makanan yang khas, busana yang khas dll. Bangga jadi anak indonesia \=d/

    BalasHapus
  11. iya kan Indonesia banyak banget budayanya dan semuanya juga unik-unik, pasti dunia tercengang

    BalasHapus
  12. saya bangga jadi anak indonesia :)

    BalasHapus
  13. makanan kulinernya bikin ngiler euy

    BalasHapus
  14. sangat bangga sekali nih jadi anak Indonesia

    BalasHapus
  15. Baru tau kalo Kang Didi Petet turut andil dalam perhelatan itu.

    Perheletan ini digelar berapa taun sekali?? Kok saya baru liat ya.

    Nice share mas

    BalasHapus
  16. Ini event terakhirnya Om Didi Petet sebelum meninggal yah Man ?

    BalasHapus
  17. Bener bener didukung oleh goto yang ciamik

    BalasHapus
  18. Suatu kebanggaan sebagai anak bangsa. Negara tercinta Republik Indonesia berdiri tegak berkibar Merah Putih di kancah pegelaran Expo Dunia. Special Thanks untuk Alm. Bapak Didi Petet yang membuat semua ini dapat terwujud.

    BalasHapus
  19. your country is so nicec and have impress to me with many good things special people they are so friendly, hoping have a chance to go back there.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.