AMD Hadirkan Inovasi Terbaru Prosesor Mobile dan CPU Data Center Dengan Artificial Intellegence (AI)

3/28/2024 08:49:00 PM

 

Menelisik Teknologi terbaru itu penuh dengan kekaguman. Betapa tidak, sesuatu yang selama ini masih diangan-agan, dalam tahun terakhir bisa direalisasikan seperti Artificial Intelegence (AI). AI ini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan belakangan ini, dan memudahkan berbagai bidang terutama multi media dan teknologi. Sebut saja computer dan data yang selama ini disupport oleh prosesor dan CPU data center pun menggunakan AI di dalamnya. 

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi komponen kunci dalam pengembangan prosesor mobile dan CPU untuk pusat data oleh AMD. Dalam pengembangan prosesor mobile, AI digunakan untuk meningkatkan efisiensi daya dan kinerja. Teknik machine learning digunakan untuk mengoptimalkan manajemen daya, memungkinkan prosesor mobile AMD untuk mengatur penggunaan daya secara cerdas berdasarkan tugas yang sedang dijalankan, sehingga memperpanjang masa pakai baterai dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Sementara itu, dalam pengembangan CPU untuk pusat data, AI digunakan dalam berbagai aspek termasuk dalam pengoptimalan kinerja, manajemen sumber daya, dan keamanan. AMD menggunakan teknologi AI untuk mempercepat analisis data di pusat data dengan mengoptimalkan aliran kerja dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, AI digunakan dalam mengidentifikasi dan merespons ancaman keamanan secara real-time, membantu melindungi infrastruktur komputasi di pusat data.

Dengan integrasi AI dalam pengembangan prosesor mobile dan CPU data center, AMD terus meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keamanan produk-produk mereka, sehingga memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Inovasi AMD dari Masa Ke Masa 

Dari tahun 2012, pada saat itu AMD menjadi perusahaan pertama yang mengumumkan kalau mereka akan mendesain prosesor dengan mengadopsi teknologi 64-bit ARM untuk pangsa pasar yang berbeda. Pada tahun-tahun inilah semakin terlihat bagaimana teknologi rancangan AMD menjadi begitu penting di industry grafis komputer.

Dalam kurun waktu 12 tahun kemudian, AMD kini telah mengadopsi teknologi AI yang bekerja lebih pintar dari sebelumnya dan lebih efisien seperti AMD Reyzen AI dalam laptop berprosesor AMD Reyzen 7040 series. 

Prosesor Pintar AMD Reyzen AI

Prosesor ini meningkatkan produktivitas dengan asisten pribadi yang ditingkatkan, serta memberikan pengalaman gaming yang lebih imersif dengan grafis yang lebih realistis. Keamanan data juga diperkuat dengan kemampuan prosesor ini untuk mengidentifikasi dan melindungi data pribadi secara efektif, baik secara online maupun offline.

Secara keseluruhan, AMD Ryzen 7040 Series AI menawarkan kombinasi yang kuat antara kinerja tinggi, efisiensi daya, inovasi AI, dan keamanan data, menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai kebutuhan komputasi.

Berbagai Inovasi Produk Dari AMD 

AMD telah meluncurkan serangkaian inovasi penting dalam rentang waktu dari prosesor mobile hingga data center.

Prosesor AMD RyzenTM PRO 7040 Series

Prosesor AMD RyzenTM PRO 7040 Series untuk mobile menyajikan teknologi canggih dengan kehadiran Ryzen AI dan arsitektur Zen 4. Ini menawarkan kinerja dan efisiensi yang luar biasa untuk aplikasi bisnis, bahkan mengungguli pesaing x86 dalam hal kinerja CPU dan ketahanan baterai.

Teknologi AMD Pro

Teknologi AMD PRO, yang disematkan dalam RyzenTM PRO 7000 series, memberikan fitur keamanan tingkat enterprise, seperti AMD Memory Guard dan Secured-core PC, yang diperlukan dalam lingkungan bisnis yang dikelola TI.

Prosesor RyzenTM PRO 7030 Series

Prosesor RyzenTM PRO 7030 Series untuk mobile, berbasis arsitektur Zen 3, menawarkan kinerja tinggi dengan ketahanan daya baterai yang luar biasa, sementara juga dilengkapi dengan teknologi AMD PRO untuk keamanan berlapis.

AMD Data Center

Dalam data center, AMD terus memperbarui keluarga EPYCTM generasi keempat dengan fitur khusus beban kerja. Prosesor AMD EPYCTM 97X4 menonjol dengan 128 core "Zen 4c" dan teknologi AMD 3D V-CacheTM, memberikan kinerja dan efisiensi energi yang luar biasa untuk beban kerja komputasi teknis dan cloud native.

Dengan CPU data center AMD EPYCTM 97X4, AMD memimpin dalam kinerja throughput dan efisiensi energi, mempercepat pengembangan produk dengan kecepatan hingga dua kali lipat. Selain itu, prosesor AMD EPYCTM generasi keempat menyediakan soket yang kompatibel dengan sistem AMD EPYCTM 9004 series yang ada, menawarkan jalur peningkatan yang mulus bagi pengguna.

Dari prosesor mobile hingga infrastruktur data center, AMD terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi, menyediakan solusi yang unggul dalam kinerja, keamanan, dan efisiensi energi.


You Might Also Like

0 Comments