DonDong, Minuman Anti Begah Buat Pecinta Kuliner

3/04/2024 08:50:00 PM

 


Pecinta Kuliner itu kadang berburu makanan tak pandang tempat. Walaupun harus menembus badai pun kayaknya akan dikejar deh kalau lagi ngidam. Pernah pada saat dikasih tahu sama teman bahwa ada restoran yang enak dan murah, setelah kerjaan selesai, saya langsung ke restoran. Walaupun harus antri karena sedang viral, tak menyurutkan niat untuk makan enak dan murah. 

Saat traveling, pasti saya lebih memilih kuliner warga lokal, dan jarang banget ke restoran cepat saji yang menjamur di Jakarta. Saat di Yogyakarta misalnya, saya lebih memilih kuliner di Pasar. Kebetulan pada saat itu adalah Hari Pasaran, di Pasar Kota Gede. Nama Pasar Kota Gede adalah Pasar Legi, dan hari itu adalah pasaran Legi. Saya berburu makanan khas yang banyak dijajakan pada hari pasaran. Sebetulnya saya agak telat, harusnya lebih pagi, maka bisa mendapatkan jajanan tersebut. beruntung ada penjual yang masih memiliki jajanan khas itu, dan harganya murah. 

Lain lagi saat ke Cirebon dari Jakarta, dan harus pulang pergi demi kuliner yang selama ini saya idam-idamkan. Jakarta ke Cirebon menempuh waktu sekitar 3 jam. Berangkat pukul 7, jadi sampai Cirebon sekitar jam 10. Ternyata Cirebon sangat panas saat itu, dan setelah turun saya dan teman-teman langsung menuju kue Tapel, kemudian makan siang di nasi Jamblang, dan berakhir di pasar Kanoman. segala macam makanan dan jajanan habis di santap tanpa jeda. 

Sebagai pecinta kuliner, makan tanpa jeda itu kayaknya hal yang sering dilakukan. Dan, akibatnya perut akan begah dan tak sanggup menerima makanan apapun. 

Perut Begah Sangat Menganggu Saat Kuliner

Saat menikmati kuliner, perut begah bisa menjadi gangguan yang tidak menyenangkan. Sensasi kembung dan terasa penuh bisa mengganggu pengalaman makan Anda. Namun, dengan memahami penyebabnya dan menerapkan beberapa tips sederhana, Anda dapat menikmati makanan tanpa harus terganggu oleh perut begah.

Ketika kita menikmati makanan yang lezat, kita cenderung makan dengan cepat dan mungkin tidak mengunyah makanan dengan baik. Ini bisa menyebabkan penelan udara berlebihan yang akhirnya mengakibatkan perut terasa kembung dan penuh.

Selain itu, makanan tertentu juga bisa menjadi pemicu perut begah. Makanan yang tinggi serat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian bisa menyebabkan produksi gas yang lebih banyak saat dicerna. Begitu juga dengan minuman bersoda dan makanan yang mengandung banyak gula.

Tak hanya itu, bagi sebagian orang, makanan pedas atau berlemak juga dapat mengganggu keseimbangan pencernaan, yang kemudian menyebabkan perut terasa begah.

Tips Mengatasi Perut Begah Saat Wisata Kuliner

Makan dengan Tenang

Ketika Anda makan, coba nikmati setiap gigitan dengan perlahan. Hindari makan terburu-buru atau sambil melakukan aktivitas lainnya seperti menonton TV atau menggunakan ponsel. Makan dengan tenang akan membantu Anda mengurangi jumlah udara yang ditelan.

Kurangi Porsi Makan

Terkadang, makan terlalu banyak dalam satu waktu bisa membuat perut terasa begah. Cobalah untuk mengurangi porsi makan Anda dan makan lebih sering dalam jumlah yang lebih kecil.

Hindari Makanan Penghasil Gas

Jika Anda tahu bahwa makanan tertentu membuat perut Anda kembung, hindarilah makanan tersebut atau konsumsilah dalam jumlah yang lebih sedikit. Contohnya, jika Anda tahu bahwa kacang-kacangan membuat Anda kembung, mungkin sebaiknya Anda mengurangi konsumsinya.

Perhatikan Minuman

Hindari minuman bersoda dan alkohol, karena keduanya dapat menyebabkan penumpukan gas di perut. Lebih baik minum air putih atau minuman non-gas untuk menghindari perut kembung.

Perhatikan Kombinasi Makanan

Beberapa kombinasi makanan tertentu bisa memperparah perut kembung. Misalnya, mengonsumsi buah-buahan segar setelah makanan berlemak bisa membuat perut terasa begah. Cobalah untuk memperhatikan kombinasi makanan Anda dan carilah yang cocok bagi pencernaan Anda.

Perhatikan Kondisi Kesehatan Anda

Jika perut begah menjadi masalah yang sering terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mungkin ada masalah pencernaan yang perlu ditangani secara khusus.

Perut begah saat menikmati kuliner memang bisa mengganggu, tetapi dengan memperhatikan pola makan, kombinasi makanan, dan gaya hidup, Anda dapat mengurangi kemungkinan mengalami perut kembung. Ingatlah untuk makan dengan tenang, hindari makanan dan minuman yang membuat perut kembung, dan jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai kondisi kesehatan Anda. Dengan demikian, Anda bisa menikmati kuliner dengan lebih nyaman dan tanpa gangguan perut begah.

DonDong, Minuman Anti Begah Buat Pecinta Kuliner


Kedondong itu ternyata buah yang nggak hanya sehat tapi bisa mencegah begah pada saat setelah makan. Jika buah kedondong itu harus di kupas dan di potong-potong, kayaknya agak repot ya. Nah, kini ada minuman DonDong yang praktis banget nggak usah ngupas. 

Nah, Dondong ini minuman wajib bagi pecinta kuliner sih. Selain karena mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, ternyata mengandung yougurt dan ekstrak pepaya yang sangat bagus bagi pecernaan sehingga sangat manjur mengatasi perut begah karena habis makan banyak. 

Tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat minuman ini, tinggal seduh dengan air dan ditambah dengan es batu, dan minum setelah kulineran maka akan sangat nikmat banget. Selagi kuliner, kayaknya perlu banget bawa beberapa sachet Dondong ini di tas. Happy Traveling guys!


You Might Also Like

0 Comments