Tips Belanja Bulanan Hemat Anak Kos di Toko Online

3/30/2024 09:46:00 PM


Sebagai anak kos yang tinggal di Jakarta, tentu saja bukan perkara yang mudah. Banyak sekali godaan setiap gajian atau menerima fee dari project bagi yang freelance. Bukan hanya dari teman-teman atau keluarga saja, namun social media pun bertebaran informasi mengenai diskon atau sale barang-barang yang menarik. Jika tidak kuat iman, maka bukan tidak mungkin, gaji yang kita terima tidak akan cukup sampai bulan berikutnya. 

Anak kos di Jakarta itu memiliki banyak pertentangan batin, mulai dari belanja kebutuhan pribadi sampai pada urusan yang tiket War, Takjil War atau bahkan Baju Lebaran War. Kalau gajinya besar tentu saja, kebutuhan pribadi bisa terpenuhi dengan baik, namun bagi pekerja yang gajinya UMR tentu saja harus pintar mengatur pengeluaran, baik pengeluaran pribadi maupun kebutuhan lainnya. 

Kalau dulu saat gaji masih UMR, saya membagi menjadi 3 bagian yaitu Uang Kos, Belanja Kebutuhan dan Transportasi serta kebutuhan hiburan lainnya. Pada saat itu, uang kos sekitar 25% dari penghasilan, belanja kebutuhan sekitar 50% dan sisanya uang tranportasi, internet, pulsa dan tabungan lain-lain. Pemenuhan kebutuhan pribadi seperti makan, sabun mandi dan lain-lain, itu saya prioritaskan terlebih dahulu sebelum membeli barang-barang tersier lainnya seperti beli handphone, beli tiket konser atau traveling. 

Nah, lalu bagaimana dengan penghasilan UMR, namun tetap bisa belanja bulanan hemat? Nah, saat ini toko online seperti Tokopedia misalnya memberikan banyak promo dan diskon yang menarik setiap bulannya. Dengan membeli kebutuhan secara online, bisa menghemat banyak hal termasuk hemat waktu dan biaya. 

Tips Belanja Bulanan Hemat di Toko Online 


Belanja online ini merupakan solusi bagi yang ingin hemat terutama anak kos. Selain hemat, bisa mengurangi waktu dan masih banyak keunggulan lainnya. Nah, ini dia tips belanja bulanan hemat ala anak kos di Toko online. 

Buatlah Rencana Belanja Bulanan 

Kalau belanja, apa yang pertama kali dilakukan? Yes, tentu saja siapkan uang, namun yang paling penting sebetulnya adalah buatlah rencana belanja bulanan. Tidak usah yang sulit-sulit, cukup catat apa saja kebutuhan selama sebulan. Pastikan semua barang belanjaan ini dibutuhkan, jika barang tersebut masih banyak atau masih belum digunakan, jangan dibeli terlebih dahulu. Cek kembali tanggal expired dari barang-barang yang masih ada, jika sudah kadaluarsa sebaiknya dibuang dan beli yang baru. Dengan membuat list ini, setidaknya bisa memastikan semua kebutuhan terpenuhi dan menghindari belanja yang tidak perlu. 

Manfaatkan Diskon dan Promo Toko Online

Dari awal tahun sampai akhir tahun, Toko online selalu memberikan diskon dan promo yang menarik, apalagi pada saat Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional ini banyak sekali promo. Manfaatkan promo dan diskon tersebut untuk membeli beberapa kebutuhan yang selama ini dibuat dilist. Dengan harga diskon dan promo tersebut, maka pengeluaran belanja kebutuhan pun bisa dihemat sekitar 10 sampai 50 persen dari harga sebelumnya. 

Bandingkan Harga Sebelum Membeli Online

Sebelum membeli di toko online, bandingkan harga terlebih dahulu. Kadang barang yang dibutuhkan terdapat dibeberapa toko, namun dengan harga yang berbeda. Pilihlah toko dengan harga yang paling rasional dan toko yang kredible. Jangan sampai karena harga murah dan tidak rasional, malah tertipu dengan toko yang abal-abal. Dengan membandingkan harga maka bisa menghemat pengeluaran. 

Pilihlah Opsi Pengiriman Gratis 

Cari toko online yang menawarkan opsi pengiriman gratis. Terkadang, toko online menawarkan pengiriman gratis untuk pembelian di atas jumlah tertentu. Selain itu jika sering membeli di toko online, biasanya akan mendapatkan gratis biaya pengiriman. Dengan gratis biaya pengiriman maka akan mengurangi biaya pengeluaran.

Lalu, toko online apa sih yang memberikan banyak keuntungan terutama bagi anak kos? Jawabannya adalah Tokopedia. Kenapa sih memilih tokopedia? Dan memang sebanyak itu keuntungan belanja online di tokopedia? 

Tokopedia, Tempat Anak Kos Belanja Hemat Online


Salah satu alasan anak kos belanja di Tokopedia adalah karena sudah sejak lama berdiri dan merupakan toko ecommerce asli Indonesia.Tokopedia adalah marketplace pertama di Indonesia, didirikan pada 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, dan resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2009. 

Inovasinya telah menginspirasi perkembangan marketplace dan e-commerce lainnya di Indonesia. Pada tahun 2016, Tokopedia memperluas jangkauannya dengan memperkenalkan produk-produk teknologi finansial seperti dompet digital, investasi terjangkau, kredit, modal bisnis, dan produk proteksi. Langkah ini membantu memperluas layanan mereka di luar sekadar sebagai platform belanja online.

Tahun 2017 menjadi tonggak penting ketika Tokopedia meluncurkan produk Deals. Ini memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penawaran terbaik dari berbagai kategori produk. Dengan produk Deals, Tokopedia memperluas layanan mereka dengan memberikan nilai tambah kepada pelanggan, memperkuat posisinya sebagai platform belanja yang terpercaya dan beragam.

Kadang kala, anak kos juga harus mengatur agar paket data yang dibeli bisa di hemat, caranya bisa dengan beli pulsa pada saat deals, promo atau diskon di Tokopedia berlangsung. Kamu bisa memilih beragam pulsa nih karena beli pulsa di Tokopedia ini jelas lebih murah. Dan kamu pun bisa tahu dan  membandingkan harga pulsa telkomsel, harga pulsa indosat atau harga pulsa provider lainnya. 

Nah, begitulah cara belanja bulanan hemat ala anak kos di Tokopedia. Kamu bisa mendapatkan banyak promo dan deals yang bisa membantu menghemat pengeluaran supaya bisa ditabung dan bisa buat traveling ke luar negeri. Happy Shopping guys!

You Might Also Like

0 Comments