Yuk Wujudkan Resolusi 2019

12/06/2018 12:59:00 AM

salmanbiroe - Indonesian Lifestyle Blogger - Tomorrow Today Fund Festival

"Yuk, ke Paris."

Mungkin saya tidak akan menolak ajakan dari siapapun yang akan membawa diri ini ke salah satu menara paling romantis di dunia. Anggap saja saya masih bermimpi indah di tengah hari dan mimpi itu memang sangat nyata. Tapi bukankah semuanya memang berawal dari mimpi-mimpi kita sehingga kita punya sesuatu hal yang kita kejar sehingga termotivasi. Begitu juga sebuah resolusi yang kita catat dan harapkan akan terjadi pada tahun depan. 

Saya juga masih ingat ketika saya pertama kali pergi ke luar negeri, tepatnya ke Singapura. Sungguh pengalaman yang membuat saya merasakan atmosfir berbeda dari Jakarta yang macet. Kemudian, satu tahun setelahnya akhirnya saya bisa mewujudkan mimpi bisa ke Jepang untuk pertama kalinya. Inilah sebuah resolusi yang bisa diwujudkan melalui motivasi dan kerja keras. 

salmanbiroe - Indonesian Lifestyle Blogger - Tomorrow Today Fund Festival

Apapun impianmu, mau itu sangat tidak mungkin misalnya dapat melihat secara langsung Patung Liberty atau bermain salju di Alaska, sebutkanlah terus-menerus dan catatlah kemudian wujudkan satu per satu mulai dari yang paling diwujudkan. Mimpi itu gratis, maka bermimpilah sehingga hidupnya lebih bergairah dan termotivasi untuk berbuat lebih baik. 

Oh iya, setelah mencatat semua mimpi, lalu aturlah strategi agar terwujud dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya kalau impiannya pergi jalan-jalan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk keperluan traveling tersebut. Misalnya kita biasa berbelanja bulanan sekitar 350 ribu, potonglah sekitar 50 ribu sampai 100 ribu dari kebutuhan yang tidak urgent atau bisa kita hemat misalnya uang untuk membeli jajan. 

Setelah menyisihkan uang tersebut, carilah informasi sedetail mungkin mengenai destinasi yang akan kita kunjungi, hotelnya, makanannya dan sampai terperinci apa yang akan dilakukan disana. Hal ini dilakukan agar budget yang kita siapkan tidak meleset dari perkiraan. Dan, akhirnya setelah penantian beberapa bulan lamanya, salah satu resolusi akhirnya tercapai juga. Memang ada beberapa yang dikorbankan untuk mewujudkan satu per satu mimpi kita. 

salmanbiroe - Indonesian Lifestyle Blogger - Tomorrow Today Fund Festival

Sama dengan menabung atau berinvestasi itu juga membutuhkan strategi dan komitmen yang tinggi sehingga mimpi kita memiliki mobil, rumah dan usaha sendiri pun akan terwujud. Bedanya dengan traveling, hanya terletak pada penggunaan dan jangka waktu. Bisanya menabung atau investasi akan memakan waktu yang tidak sebentar bisa bertahun-tahun bahkan puluhan tahun tergantung dari pilihannya. 

Kalau misalnya traveling itu resolusi jangka pendek, maka menabung ini merupakan resolusi abadi yang harus ditanamkan dalam benak kita setiap saat. Bahkan ketika kita bernafas pun, kita akan tersadar bahwa kita ingin mewujudkan mimpi kita dengan cara menabung. 

salmanbiroe - Indonesian Lifestyle Blogger - Tomorrow Today Fund Festival

Dan, siapa yang mau belajar tentang menabung atau berinvestasi sedini mungkin? Ikutan deh Tomorrow Today Fun(d) Festival. Acara ini akan menghadirkan beragam edukasi finansial mengenai pentingnya perencanaan finansial secara matang dan pengaturan keuangan secara bijak demi mengantisipasi permasalahan cashflow, financial checkup, menabung, berinvestasi, dan membiasakan diri tidak berutang untuk hal konsumtif.

Narasumber yang akan hadir acara ini antara lain Financial Trainer & Founder QM Financial; Ligwina Hananto, Manager Investasi PT Narada Aset Manajemen, dan beberapa entrepreneur dan social media influencer inspiratif seperti Kaesang Pangarep (owner Sang Pisang), Jovi Adhiguna (content creator), Nicoline Patricia (fotografer), Kenny Santana (travel blogger) dan Agatha Suci (musisi) yang akan berbagi tips pengelolaan keuangan dan pengembangan bisnis atau karier dengan memanfaatkan jejaring sosial, serta sederet musisi ternama seperti HiVi, Tulus, dan Teza Sumendra.

salmanbiroe - Indonesian Lifestyle Blogger - Tomorrow Today Fund Festival

Kalau bukan sekarang, kapan lagi kita akan mulai berinvestasi dan memikirkan masa depan kita sendiri. Banyak sekali hal yang akan kita dapatkan apabila memikirkan keperluan yang lebih besar dan meninggalkan kebiasaan jajan yang tidak perlu ataupun pembelian gadget yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Mendingan kita taruh uang kita untuk menghasilkan sesuatu yang lebih menguntungkan pada saat nantinya. 

Suatu saat kita akan menikmati jalan-jalan keliling dunia tanpa kehabisan uang karena kita telah menaruh uang kita dijalan yang sangat benar dan memberikan banyak keuntungan. So, tunggu apa lagi sudah saatnya kita mulai berhemat demi masa depan. 


You Might Also Like

1 Comments

  1. Udah lama ga mampir ke blognya mas salman..dan udah lama juga ga berjumpa sama ownernya salman biroe... sekali baca langsung diajak mikir... apa resolusi 2019 nanti...

    Apa ya? Kadang resolusi mampu menuntun untuk menggapai mimpi bagi sebagian orang, kalau saya kadang resolusi malah membuat lebih stress karena (merasa) ada target yang harus dipenuhi.

    Senang memang ketika target tercapai dan merasa ada hutang ketika belum terwujud.

    BalasHapus