Tips Membuka Bisnis Kecil Omset Besar Dari Rumah

12/18/2021 02:32:00 PM

 76bI8N.md.jpg

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) makin marak banget di Indonesia, tapi memang beneran UMKM atau usaha kecil ini bisa beromset besar seperti usaha menengah keatas? Bisa banget asal dijalankan dengan penuh, artinya ada niat untuk membesarkan usaha kecil ini dengan beberapa strategi dan tentukan lagi usaha apa yang bisa menghasilkan cuan yang terus mengalir. Banyak banget pengusaha yang awalnya hanya membuka bisnisnya dalam bentuk rumahan dan kemudian berkembang dengan membuka beberapa cabang di sekitar rumah dan bahkan ada yang ekspansi sampai ke kota besar bahkan sampai membuka cabang di luar negeri.

Sebetulnya apa sih strategi khusus untuk membuat usaha kecil menjadi usaha skala nasional atau bahkan skala internasional? Sebetulnya, banyak banget aspek yang harus diperhatikan terutama ide bisnis, cara pengemasan, marketing melalui social media dan masih banyak lainnya. Yang terpenting adalah manfaatkan semua sumber daya yang kamu miliki dari mulai keluarga, sahabat, teman dan lingkaran kamu untuk mendukung usahamu. 

Namun, sebelum melakukan semuanya, ada baiknya untuk memikirkan ide usaha atau bisnis apa saja yang bisa beromset besar serta membutuhkan modal sedikit. 

Ide Binsis (Usaha) Kecil Omset Besar Dari Rumah 

76bLKv.md.jpg

Sebetulnya bisnis (usaha) apapun jika dikelola dengan baik dan dipasarkan dengan baik, maka akan berpotensi menjadi besar skala nasional. Dan, saya yakin kalau semua bisnis itu sama saja, tidak ada yang jelek, semuanya tergantung dengan kita sendiri, apakah mau mengembangkannya atau tidak. Oh iya, dan satu hal lagi, bukan berarti ide usaha yang viral itu sesaat itu bertahan lama, dan sebaliknya usaha yang tidak viral pun bukan berarti akan tenggelam, malah sebaliknya jika dikelola dengan baik maka akan beromset besar. Jadi ide bisnis apapun sebetulnya sangat berpotensi, apalagi usaha dimulai dari hobi atau diwariskan dari generasi ke generasi. 

Saya hanya memberikan ide atau saran bisnis apa saja yang bisa dilakukan dari rumah dengan modal yang tidak memberatkan. Artinya bisnis ini tentu saja membutuhkan modal, namun modalnya tidak begitu besar dan memberatkan. 

Nah, ini dia beberapa usaha kecil dengan modal kecil namun berpotensi memberikan omset yang luar biasa besar. 

Jualan Makanan Ringan (Snack)

Punya keahlian masak atau membuat makanan ringan seperti lidah kucing, kerupuk, seblak goreng, basreng dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut dan berpotensi memiliki omset jutaan bahkan milyaran rupiah.

Laudry Kiloan

Punya mesin cuci dengan kapasitas besar dan memiliki rumah dekat dengan kawasan kosan atau apartemen, maka usaha Laundry Kiloan ini sangat cocok sekali. Bisnis ini merupakan salaah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan omset yang besar.

Jualan Roti/Cake 

Selain makanan ringan, bisa juga membuat roti atau cake yang enak dan dipasarkan melalui teman atau sahabat serta tetangga terlebih dahulu. Manfaatkan inovasi atau keahlian membuat kue yang enak dan tak biasa, misalnya cake lava pijar, cake dengan warna merah menyala namun didalamnya sangat lembut. Dengan nama unik dan rajin mengupload ke social media, maka usaha ini bisa menjadi bisnis dengan omset yang besar.

76mlzF.md.jpg

Budidaya Tanaman Hias

Siapa yang hobi merawat tanaman hias? Nah, sudah saatnya dari hobi ini menjadi bisnis yang menguntungkan. Mulai dari tanaman hias yang murah dan kemudian berkembang terus menerus menjadi usaha yang berkembang dengan marketing di social media. 

Reseller Produk Viral

Saya sebelumnya menyebutkan bahwa produk viral bisa berumur panjang atau tidak tergantung dari bagaimana kualitasnya. Nah, kamu bisa memulai bisnis dengan menjadi reseller produk viral namun yang berkualitas. Jangan sampai menjual produk dengan kualitas yang hanya menjadi bullyan semata. Jadi sebelum menjualnya, kamu harus mengecek produknya. Kalau berkualitas serta harganya terjangkau, produk ini sangat tepat untuk dijual. 

Tahapan Memulai Bisnis Kecil Omset Besar Dari Rumah

76m472.md.jpg

Memulai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) itu sama saja dengan memulai bisnis dengan skala nasional atau skala internasional, membutuhkan persiapan yang tidak mudah dan membutuhkan komitmen. Tahapan setelah menemukan ide, adalah melakukan riset mengenai pasar atau sasaran usia yang akan ditargetkan produk yang telah kita tentukan, kemudian perhitungan budget mulai dari modal sampai marketing serta keberlangsungan usaha. Jangan sampai bisnis yang sudah dibuat dengan modal yang tidak sedikit berakhir dengan kerugian dan tidak bisa melanjutkan usaha karena salah dalam tahap perencanaan dan marketing.

Setelah melakukan riset dan lain-lainnya, tahap selanjutnya adalah melakukan produksi dan selanjutnya pemasaran. Manfaatkan seluruh channel yang kamu miliki mulai dari keluarga, sahabat, teman, dan seluruh teman dari berbagai komunitas dan lainnya. 

Dan, selanjutnya setelah berjalan dengan baik, baiknya dilakukan ekspansi atau membuka cabang atau melebarkan usaha tersebut. Kalau misalnya belum bisa membuka cabang, kamu bisa mengunakan alternatif reseller atau orang yang ingin menjual produkmu. 

Selain itu, jangan lupa penjualan online melalui e-commerce juga menjadi salah satu tren yang tidak bisa dikesampingkan, malah bisa menjadi utama. Namun, jangan lupa jasa pengiriman juga harus bagus dan tersebar diseluruh Indonesia. Salah satu yang saya sarankan adalah JNE karena telah terpercaya beberapa puluh tahun belakangan ini. 

Ikutan JNE Content Competition 2021

76pC2R.md.jpg

Nah, JNE mengadakan Content Competition 2021 ini mengenai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi penyangga perekonomian Indonesia selama pandemi ini. Nah, kamu punya pengalaman menarik mengenai UMKM yang ada disekitar kamu, kamu bisa membagikan kisahnya melalui media tulisan ataupun bentuk lainnya dan menangkan banyak hadiahnya ya. 

Yuk bagikan cerita dan pengalamanmu dalam mendukung UMKM melalui JNE Blog Competition.
Sebelum mulai menulis, simak ketentuan kompetisinya di bawah ini ya!

SYARAT DAN KETENTUAN:

● Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi
terlebih dahulu di Kompasiana.com
● Akun yang sudah tervalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang.
● Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang
dilombakan di tempat lain
● Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana
● Setelah tayang, Tim Moderator akan memberlakukan kunci artikel pada artikel lomba Anda.
Setelah dikunci, Anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Hal ini
diberlakukan demi menjaga sportivitas para peserta.

MEKANISME:

● Tema: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia
● Kompasianer diminta untuk menuliskan tentang pengalaman bagaimana JNE berkontribusi
menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital, selain juga mendukung bergulirnya roda
perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty, dsb) dengan
menjembatani kebutuhan stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb).
● Periode: 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022
● Tulisan minimal 500 kata dan tidak lebih dari 1.500 kata
● Dalam setiap konten, peserta wajib menyebutkan keyword: JNE
● Peserta wajib mencantumkan label JNE31tahun dan JNEMajuIndonesia
● Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak dapat diikutkan dalam
kompetisi ini
● Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
● Apabila terjadi kecurangan, maka pihak penyelenggara berhak menganulir pemenang atau
mengeluarkan pihak yang bersangkutan
● Pemenang akan diumumkan paling lambat 14 hari kerja setelah periode lomba berakhir

HADIAH:

Juara 1 Rp 5.000.000
Juara 2 Rp 3.500.000
Juara 3 Rp 2.000.000

Nah, selain tulisan, kamu juga bisa mengirimkan karya lainnya seperti foto, video dan lainnya ya. Informasi selengkapnya kamu bisa ke https://bit.ly/JNEContentCompetition 











You Might Also Like

0 Comments