MesaStila, Lomba Lari 100 Km Melintasi 5 Gunung di Indonesia

12/07/2021 11:58:00 AM

Sumber Gambar : https://www.indonesia.travel/event/

Bagaimana rasanya menikmati keindahan 5 deretan pegunungan di daerah Jawa Tengah? Pastinya luar biasa banget kalau melihat pemandangan indah dari ketinggian serta bisa tetap sehat dalam lomba lari 100 km pada event MesaStila ini. Yes, MesaStila Lomba Lari 100 km ini melintasi Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Gilipetung serta Gunung Merapi. Gunung Merapi sendiri jika dihitung jaraknya maka akan menempuh total sekitar 120 km, wah kayaknya seru banget kalau kemarin bisa ikutan event olahraga yang baru saja digelar di bulan Oktober 2021 lalu.

Pernahkah kamu melihatnya secara langsung atau kamu ternyata salah seorang yang pernah mengikuti perlombaan ini sebelumnya? Pastinya pengalaman ini bakalan menjadi salah satu yang tidak terlupakan, apalagi bisa merasakan atmosfer salah satu gugusan pegunungan terbaik di Indonesia, daerah Jawa Tengah bagian selatan ini.

MesaStila, Lomba Lari 100 Km dengan Pemandangan Terbaik

Gugusan Gunung dilihat dari Gunung Telomoyo, Dokumen Pribadi

Saya sangat bangga karena Indonesia memiliki lomba lari tingkat Internasional yang unik. Keunikan itu terlahir karena gugusan pegunungan yang menjadi jalur ini merupakan salah satu gugusan paling indah yang dapat dinikmati, selain itu karakteristik alam dan budaya pun menjadi daya tarik tersendiri. Masyarakat sekitar pegunungan di Jawa Tengah ini pun sangat ramah kepada siapa pun termasuk wisatawan mancanegara. Bayangkan saja, misalnya lomba lari ini diiringi dengan gamelan Jawa yang berkumandangan dari satu gunung menuju ke gunung lain, tak hanya itu tarian selamat datang pun menghias setiap perlombaan. Magis dan memikat, mungkin kemasan ini akan membuat pelari lebih jatuh cinta lagi disamping suasana resort yang menjadi penginapan para pelari. 

Saya sebelumnya pernah ke Telomoyo, yang menjadi salah satu rute dalam Lomba Lari MesaStila. Perjalanan dari Salatiga menuju puncak Telomoyo menggunakan jeep. Jeep yang saya naiki saat itu mirip dengan jeep yang biasa digunakan untuk melihat sunrise di Pananjakan, Bromo. Bara semangat dan penasaran saya kala itu, membuat udara dingin sirna. Sepanjang jalan hanya gelap pekat, kadang ada cahaya-cahaya kecil di kejauhan, sampai akhirnya langit lebih terang menjelang waktu matahari terbit.


Pemandangan Sunrise Terbaik Dari Gunung Telomoyo, Dokumen Pribadi

Matahari pun muncul perlahan, tandanya hari ini pun dimulai dengan kepuasan batin karena bisa menyaksikan sunrise yang sangat langka ini. Gunung Telomoyo memang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise, saya beruntung bisa melihat matahari tersenyum dengan langit dan awan yang cerah. Kamu ingin mendapatkan pengalaman yang sama? Tentunya kalau mengikuti MesaStila 100 ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman dan pemandangan yang luar biasa.

MesaStila 100 ini memasuki tahun ke-10. Sebelumnya, MesaStila 100 diselenggarakan pada tahun 2019 dengan beberapa kategori yang bisa dipilih, di antaranya rute pendek 12 Km, 25 km, kemudian rute menengah dengan jarak 50 km, 75 km, serta rute paling jauh sekitar 120 km. 

Sumber gambar : https://www.indonesia.travel/event

Ikuti Dulu Trial Running

Sebelum mengikuti lomba lari, terlebih dahulu diselenggarakan trial running dengan rute sekitar 12 km. Trial running ini akan dimulai dari MesaStila Resort and Spa dan akan berakhir di tempat yang sama. Jangan khawatir merasa bosan, karena rute ini akan melintasi beberapa tempat wisata alam mempesona di Jawa Tengah. 

5 Kategori MesaStila 100 dengan rute melintasi 5 pegunungan 

Jangan membayangkan 100 km terlebih dahulu, kamu bisa lari mulai dari rute pendek sekitar 12 km dan meningkat sampai 120 km. Nah, ini dia beberapa rute yang bisa kamu pertimbangkan untuk diikuti ya.

Rute pendek 12 km dan 25 km

Dimulai dengan rute pendek 12 km ini kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Gilipetung. Waktu tempuh rute terpendek ini kurang lebih sekitar 3 jam. Sedangkan rute berikutnya adalah 25 km yang akan melintasi Gunung Gilipetung dan Gunung Telomoyo.

Rute menengah 50 km dan 75 km

Selain kedua gunung tersebut, penasaran nggak dengan pemandangan Gunung lain? Salah satu pemandangan yang tidak kalah menarik adalah Gunung Andong. Nah, kamu bisa lari sejauh 50 km dengan pemandangan Gunung Gilipetung, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Dan, untuk rute 75 km akan melintasi rute yang sama dengan 50 km ditambah dengan Gunung Merbabu. 

Rute paling jauh 120 km

Untuk yang ingin melihat Gunung Merapi, maka rute 120 km ini sangat cocok buat kamu yang memiliki ketahanan fisik yang kuat dan biasa mendaki selama beberapa hari non-stop. Yang menyukai tantangan ekstrim pasti akan menyukai rute paling jauh dengan pemandangan gugusan 5 gunung terindah di Jawa Tengah ini. 

Lomba yang menantang ini telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di awal Oktober 2021. Peserta merasa lebih nyaman karena seluruh rangkaian event ini telah mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak yang aman.

Baca juga : 7 wisata keren di Bali


Wisata Wajib dikunjungi di Jawa Tengah 

Sumber gambar : https://image.indonesia.travel/

Menikmati pemandangan dari atas awan melalui gugusan pegunungan terasa sangat menyenangkan, namun tak lengkap rasanya kalau belum mengunjungi tempat wisata yang sangat ternama di Jawa Tengah. Sebagai seorang yang lahir di Jawa Tengah, tentunya jadi sebuah keharusan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang sudah sangat tersohor bahkan sampai mancanegara. 

Inilah beberapa tempat wisata di Jawa Tengah, terutama di sekitar gugusan pegunungan antara lain :

  1. Candi Borobudur 

  2. Lava Tour Gunung Merapi

  3. Rawa Pening

  4. Agrowisata Salib Putih

  5. Wisata Gethek Bambu

  6. Awang Awang Sky View

  7. Linggar Joglo 

  8. Javanica Park

Selain di atas, masih banyak tempat wisata lain yang menarik, lho! Untuk informasi lengkap event-event wisata, budaya, kuliner, olahraga di Indonesia bisa kamu lihat di Instagram Kemenparekraf https://www.instagram.com/kemenparekraf.ri/ dan https://www.instagram.com/pesonaid_travel/ atau website: https://event.indonesia.travel/ untuk informasi seputar event #DiIndonesiaAja.

You Might Also Like

0 Comments