Kaum Millenials Pengen Punya Mobil? Beli Mobil Bekas Aja

  • 3/12/2019 04:45:00 PM
  • By Salman Faris
  • 0 Comments

Pengen gaya tapi minim duitnya? Pengen punya mobil tapi bokek? Tenang aja deh, saya bakalan ngasih tips biar bisa gaya dan punya mobil tanpa ngerampok duit orang tua. Pilihan saya jatuh pada Jual Beli Mobil Bekas. Kenapa sih harus bekas? Biasanya sih kita hanya pengen gaya pada saat mobil masih baru, setelah sebulan, mobil itu akan dipajang saja di garasi. Sayang banget kan kalau kayak gitu. Padahal kita bisa siasati dengan menjual mobil lama yang sudah old style dan diganti dengan mobil yang baru. Kamu tertarik ngga kalau ada yang menerima mobil lama kamu dan bisa beli mobil terbaru yang sangat diidamkan selama ini. Pasti banyak yang mau kan? 

Mobil itu kalau di Jakarta sudah jadi rumah kedua. Kok bisa? Yes, bayangin aja kalau kamu tinggalnya di area tangerang, bekasi, bogor atau depok dan menggunakan mobil sebagai transportasi harian, maka kamu akan menghabiskan sebagian harimu bersama mobil tercinta kan? Bahkan ada teman saya yang membawa sebagian peralatan tempur di mobil. Sebut saja pakaian, sepatu, alat olahraga, dan lainnya. Bahkan mobilnya pun seperti berada konser karena menggunakan sound system terbaru. 

Oh iya, bahkan ada yang sampai membuat mobilnya senyaman mungkin seperti di cafe lengkap dengan dapurnya. Lihat dimana sih? Iya saya pernah lihat mobilnya Gen Halilintar yang dimodif seperti model pesawat lengkap dengan pantry atau dapur kecil. Tahu Gen Halilintar kan? Iya mereka adalah keluarga dengan 11 anak dan tanpa pengasuh sekalipun. Banyangin donk dengan 11 anak sangat repot sekali, tapi dengan jumlah banyak membutuhkan mobil yang nyaman sehingga dimodifikasi seperti pesawat lengkap dengan pantry dan peralatannya. Kece kan? 


Bagaimana cara mendapatkan mobil idaman kamu tanpa ribet dan dengan budget yang sangat minim. Yes, saya akan membagikan tipsnya.

Jual Beli Mobil Bekas 

Siapa yang pengen mobil baru atau pengen mobil idamannya dalam waktu dekat tapi punya mobil yang sudah lama? Jangan ragu untuk menjual mobilmu, karena mobil lama pun masih dibutuhkan orang lain yang tidak memiliki budget besar untuk membeli kendaraan. Jadi, mobil bekas dengan kondisi bagus pun bisa menjadi pilihan menarik. Tidak semua mobil bekas itu jelek, malah banyak juga mobil bekas yang tidak pernah digunakan karena pemiliknya memiliki banyak mobil atau bahkan sering gonta-ganti mobil.

Pilih Mobil Yang Gampang Perawatannya

Jangan pilih mobil yang membutuhkan perawatan ekstra dan terlalu old seperti keluaran tahun 80 atau 90an, pilihlah keluaran tahun-tahun 2010an keatas untuk menghindari banyaknya biaya perawatan. 



Pilih Sesuai Budget

Jangan sampai kita memilih mobil karena gayanya saja, tapi pada saat membayar atau tagihan datang maka budget lainnya terpaksa digunakan. Kalaupun harus mencicil, jangan sampai cicilan itu melebih batas pendapatan tiap bulannya. 

Pilih Sesuai Kondisi Lingkungan 

Mobil sport memang sangat kece dan keren, tapi lihat dulu kondisi lingkungan sekitarnya. Apakah mobil tersebut dapat digunakan di jalan yang misalnya sangat bergelombang dan berlubang. Jalanan sempit pun akan menghambat laju mobil. So, jangan sampai membeli mobil tidak bisa digunakan dilingkungan sekitar kita.


Mulai saat ini, mobil itu menjadi prioritas, tapi harus ingat kalau tidak memiliki kemampuan dan kemauan untuk memiliki mobil, jangan sampai membeli untuk dijual karena hanya menjadi pajangan saja. Mobil yang berguna dan membantu aktivitas kamulah yang harusnya diprioritaskan. Dengan mobil ini kamu lebih produktif dan menghasilkan banyak hal dan uang pun akan mengalir sehingga mobil impian lainnya akan terbeli. Itulah mobil yang seharusnya kamu miliki ya. 

Apapun mobil impianmu, ingatlah bahwa masih banyak orang yang menginginkannya. Jangan sampai membuat lupa daratan dan merendahkan orang lain hanya karena mobilmu ini. Mobil membuatmu lebih memperhatikan dan memberikan rezekimu karena orang lain pun butuh uluran tanganmu. Percayalah memberi itu akan menambah rezeki kita. Amin. 

Selamat mencari mobil impianmu ya. Jalan-jalan dan nikmatilah hasil jerih payahmu. Bersyukur dan selalu menginspirasi orang lain dengan kerja kerasmu tanpa merendahkan orang lain. 

  • Share

Kini Kredit Mobil Lebih Mudah Dengan 123 Langkah Saja

  • 3/05/2017 10:00:00 PM
  • By Salman Faris
  • 8 Comments

Memiliki rumah impian sudah, punya gadget idaman pun sudah, lalu apa yang masih menjadi impianmu? Banyak yang menginginkan kendaraan yang nyaman sebagai rumah kedua. Tentu saja mobil layaknya rumah karena disadari atau tidak, apabila tinggal di Jakarta, sebagian waktu dihabiskan mengendarai mobil di jalan. Namun, harsat untuk memiliki mobil pribadi ini bukan hanya dimiliki oleh orang berduit melainkan seluruh lapisan masyarakat. Tentu saja pilihan ini mengakibatkan banyaknya kredit mobil dengan segala permasalahan mulai dari DP yang terlalu kecil atau besar, kemudian pengajuan kredit pun cenderung berbelit-belit tanpa ada kejelasan dan masalah lain akan saya bahas secara tuntas dalam beberapa ratus kata kedepan.

Tren Membeli Mobil 


Indonesia merupakan populasi terbesar di ASEAN dan banyak masyarakat kelas menengah keatas yang rata-rata memiliki lebih dari satu mobil. Walaupun demikian, ternyata pembeli mobil pun tak didominasi oleh kelas menengah keatas saja namun dengan alternatif pembayaran yang berbeda, yaitu kredit. Tentu saja program kredit ini sangat membantu bagi keluarga menengah kebawah untuk mendapatkan mobil impian tanpa harus mengeluarkan uang setara dengan nominal yang tertera. 

Tren dari tahun ke tahun, penjualan mobil secara keseluruahan cenderung meningkat, tentu saja hal ini dimanfaatkan oleh portal otomotif no. 1 yaitu mobil123 untuk terus meningkatkan pelayanan dan kapasitas sebagai portal penjualan mobil nomor 1 di Indonesia.

Tips Mengajukan Kredit Mobil 


Sebelum membeli atau mengajukan kredit mobil, ada baiknya mengetahui secara utuh apa saja sebetulnya yang harus dilakukan. Setidaknya terdapat beberapa proses pengajuan kredit dengan persyaratan yang lumayan rumit, namun saya hanya bisa menyederhanakan dengan hanya 1,2 dan 3 langkah saya, kamu sudah memiliki mobil dan siap digunakan.

Langkah 1, Motif Membeli Mobil

Terus terang saya adalah orang yang selalu memperhitungkan semua pengeluaran dengan kemantapan hati sehingga tidak menyesal dikemudian hari. Contoh nyata adalah membeli gadget, meskipun memiliki harga yang tidak sampai dua digit, namun memerlukan perhitungan matang seperti apakah saya dapat membelinya dengan cash atau mencicil. Selain itu, apa gadget tersebut merupakan sebuah kebutuhan atau hanya sebuah keinginan yang fatamorgana semata. Apalagi membeli sebuah mobil yang memiliki harga relatif mahal sekitar puluhan juta hingga ratusan bahkan milyar.

Lebih baik menunggu sejenak kemudian dapat membeli sesuai dengan kebutuhan daripada hanya menuruti keinginan yang belum tentu digunakan untuk kegiatan sehari-hari.


Langkah 2, Memilih Perusahaan Pembiayaan yang Tepat

Belum mendapatakan mobil, namun sudah mendapatkan ketidakberuntungan dengan lenyapnya uang DP. Hal ini banyak terjadi pada orang disekitar kita yang tidak tahu betapa pentingnya mengetahui perusahaan yang mengeluarkan kredit mobil. Terdapat beberapa hal yang harus diteliti terlebih dahulu sebelum memilih perusahaan yaitu pastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik dalam menangani kredit tersebut. Setelah kita ketahui perusahaannnya, tanyakan terlebih dahulu berapa persen Down Payment atau DP dan angsuran. Biasanya perusahaan pembiayaan memiliki tabel angsuran sehingga memudahkan pelanggan untuk berhitung pilihan DP dan angsuran. 

Pilihan DP dan angsuran pun sering ditanyakan manakah yang harus dipilih DP besar atau Angsuran besar? Seperti yang diketahui, apabila DP lebih besar maka angsuran selanjutanya akan terasa sangat ringan, namun sebaliknya apabila DP kecil maka angsuran tiap bulan pun akan terasa sangat memberatkan pelanggan. 

MPM Finance 

Salah satu perusahaan yang terpercaya sejak 36 tahun lalu adalah MPM Finance. Selain melayani kredit dengan variasi yang banyak seperti mobil baru dan bekas, motor baru dan multi guna, sedangkan perusahaaan lain pun dapat mengajukan seperti alat berat, kapal, mesin dan properti industri. Sampai saat ini MPM Finance telah memiliki 82 cabang di seluruh Indonesia.

Langkah 3, Persetujuan Kredit Mobil 

Setelah mengetahui perusahaan pembiayaan, kini saatnya mengajukan kredit mobil dengan beberapa syarat sehingga proses pengajuannya tidak memakan waktu yang lama dan cenderung lebih cepat. Ada baiknya mengetahui apa saja poin-poin penting dalam pengajuan kredit ini, antara lain adalah 
  • Tidak pernah masuk dalam daftar blacklist APPI dan BI Checking 
  • Dokumen prasyarat harus lengkap dan sesuai dengan kondisi sebenarnya
  • Besar angsuran harus sesuai dengan kapasitas finansial 
  • Penuhi minimun uang muka (DP)
  • Memiliki tempat tinggal jelas
  • Tujuan pembiayaan jelas : produktif atau konsumtif
  • Jadilah calon konsumen yang kooperatif dalam memberikan jawaban ketika proses survey

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipenuhi dalam proses mengajukan kredit mobil. Banyak sekali yang hal yang perlu diperhatikan, namun setelah melihat persyaratan, sepertinya kamu pun bisa langsung mengajukannya saat ini juga.






  • Share