Mau Kaya, Jadilah Pengusaha

12/25/2016 03:22:00 PM


Memiliki toko di beberapa kota, bisa mengatur jadwal dan keuangan secara mandiri adalah salah satu impian saya di samping traveling keliling dunia. Mau kaya, jadilah pengusaha, kata-kata ini memang bukan tujuan utama saya menjadi pengusaha, namun beberapa tokoh Indonesia telah membuktikannya. Bob Sadino contohya, memulai bisnis dengan nyeleh, bahkan filosofinya "Goblok"nya menjadi salah satu pedoman menjadi pengusaha di Indonesia. Kemudian Reza Nurhilman, pengusaha kripik Maicih. Dulu ia harus berjuang dari nol memasarkan maicih hingga akhirnya tersebar ke segala penjuru Indonesia. 

Belajar menjadi Pengusaha bukanlah sesuatu yang mudah ataupun sulit, namun lebih ke bagiamana cara memulainya dan kembali bangkit apabila bisnis kita gagal. Lagi-lagi masalah mental yang harus tahan banting. Saya memang belum terjun secara langsung dalam bisnis, namun cita-cita saya adalah menjadi pengusaha mengikuti jejak Ayah dan sudara saya di kampung sana. Contoh terdekat adalah Ayah saya. Beliau sukses dalam bisnis kebutuhan pokok yaitu beras. Namun, kesuksesaan saat ini diraih dalam waktu yang tak sebentar bahkan berpuluh-puluh tahun. Hasilnya, ketiga anaknya mengenyam bangku kuliah, walau akhirnya kedua saudara saya pun terjun dalam bisnis kecil-kecilan. 


Lalu apa pengalaman saya dalam hal bisnis? Tak banyak, namun sangat membekas dalam ingatan saya ketika SMA saya memberanikan diri berjualan bros dan kartu nama. Saya menawarkan kepada teman sekelas bahkan lain kelas untuk membuat bros dan kartu nama sesuai contoh dalam brosur. Diluar dugaan, teman-teman sangat berminat, bahkan menyebarluaskannya ke teman-teman dan saudara. Keuntungan yang didapat tidak seberapa, namun bisa digunakan membeli buku, membiaya prangko untuk sahabat pena dan jajan. 

Setelah lulus SMA, saya kuliah di Semarang. Saat kuliah inilah, keahlian dalam berdagang juga dibutuhkan saat mempromosikan salah satu event mudik bersama. Event mudik bersama sangatlah menguntungkan karena memanfaatkan bus kosong jurusan Semarang - Jakarta dan diisi dengan mahasiswa yang ingin pulang kampung pada saat lebaran. Bisnisnya sesederhana itu dan sangat menguntungkan pemilik bus, komunitas dan mahasiswa. 

Nah, lalu bagaimana caranya memulai usaha atau bisnis yang benar? Ini dia beberapa tip dari berbagai sumber dan semoga bermanfaat. 

Tip Memulai Usaha 


Berikut ini beberapa tip memulai usaha atau bisnis kamu.

Mencari dan Menentukan Ide Usaha 

Usaha bisa beragam bentuknya mulai dari toko kebutuahan pokok, street food, kios bunga, toko pernak-pernik dan lain-lainnya. Namun yang terpenting adalah setelah mencari ide usaha, tentukanlah usaha tersebut. Bisa saja ide tersebut sama dengan teman atau saudara, namun harus ada pembeda dan inovasi lain dari usaha yang sudah ada.

Membuat Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha merupakan salah satu kunci dalam memulai usaha. Planning ini mencakup perhitungan biaya, tenaga kerja, lokasi, pemasok, pelanggan dan semua hal yang berkaitan dengan usaha ini setelah berjalan nantinya. Jangan sampai setelah usaha berjalan banyak kendala karena tidak memperhitungkan segala sesuatu dalam tahap perencanaan.

Melakukan Survei dan Analisa 


Survei dan Analisa di dalam usaha merupakan suatu keharusan yang tak dapat ditawar. Masyarakat Indonesia memang biasanya menlewati tahap ini saat menjalankan suatu bisnis. Padahal tujuan utama Survei dan analisa ini adalah menghitung secara matematis bagaimana peluang usaha di masa yang akan datang. Selain itu, biasanya akan menganalisa bagaimana persaingan di dalam bisnis tersebut dan melakukan pendataan pemasok dengan kualitas dan harga terbaik. Selain itu, dalam tahap ini biasanya dilakukan penyempurnaan produk agar dapat bersaing di pasar.

Mulailah Usaha Anda

Yes, setelah semua persiapan telah dilakukan saatnya memulai usaha dengan optimisme. Walaupun usaha yang dilakukan dengan modal minim dan skala kecil, jangan sampai patah semangat di awal. Manfaatkan social media dan networking kamu untuk memasarkannya. Di mulai dari kecil lama kelamaan akan berkembang besar beberapa tahun mendatang.

Wirausaha Muda Mandiri 2016


Nah, dipenghujung akhir tahun 2016 ini, Wirausaha Muda Mandiri kembali mengelar kompetisi. Jadi pengusaha muda yang sudah memiliki bisnis dan berjalan beberapa tahun bisa mengikuti kompetisi ini. Terdapat beberapa bidang usaha seperti Industri Perdagangan/Jasa, Boga (Kuliner), Kreatif, Teknologi dan Sosial. 

Keuntungan mengikuti Wirausaha Muda Mandiri adaalah pendampingan bisnis, networking yang luas, forum sesama alumni WMM dan publikasi secara luas dengan skala nasional. Nah, tunggu apa lagi, kini giliran usaha kamu untuk berkembang dan lebih maju dari sebelumnya dan menangkan total hadiah senilai 1 Milyar rupiah bagi pemenangnya. 

Untuk tahapan registrasi adalah sebagai berikut :


Untuk informasi lebih lanjut bisa akses webistenya di https://wirausahamandiri.co.id/ . Ayo silahkan daftar sampai tanggal 31 Desember 2016. 


You Might Also Like

18 Comments

  1. Kesempatan emas bagi wirausaha muda untuk meningkatkan kualitas bisnisnya melakui WMM.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  2. Kesempatan emas bagi wirausaha muda untuk meningkatkan kualitas bisnisnya melakui WMM.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  3. Saya gak tau harus memulai sebuah usaha gimana. Salam hangat dari Aceh.

    BalasHapus
  4. Yuk yuk, yang muda yang mau kaya sok atuh kudu daftar ke sini ya, program kece dari Bank Mandiri.

    BalasHapus
  5. Jadi ingat dulu awal-awal memulai usaha waktu kuliah dengan jadi reseller dropship. Merasa ketagihan memiliki uang saku tambahan, sekarang lanjut membuat usaha setelah lulus. Semoga tetap bisa eksis. Aamiin

    BalasHapus
  6. kalau mau jadi pengusaha di daerah tertinggal cocoknya jadi pengusaha apa ya?

    BalasHapus
  7. kalau utnuk memulai usaha rumahan itu harus kita mulai dari mana ya?

    BalasHapus
  8. sepertinya ada yang kurang, menentukan lokasi usahanya kok tidak ada? apa memang tidak di perlukan?

    BalasHapus
  9. Kalo saya sih belum pernah mencoba usaha sendiri, sendirian tapi kalau suami sih udah beberapa kali(dan terhenti) hahahaha... Mungkin perlu belajar lebih banyak lagi...
    Yuk buat yang masih muda mumpung masih ada waktu...

    BalasHapus
  10. Program yang bagus. Semoga makin banyak wirausahawan muda :)

    BalasHapus
  11. Kata mama saya, jadi pengusaha itu banyak kejutannya ^^

    BalasHapus
  12. semoga tahun depan bisa ikutan.. sekarang lagi proses jadi wirausaha

    BalasHapus
  13. benar sekali .. kalo mau kaya dan sukses harus jadi pengusaha, tapi modalnya nggak ada ni MAs

    BalasHapus
  14. Satu lagi yang penting kalau mau jadi wirausahawan, harus konsisten dan memiliki semangat bertahan. Bukan berapi-api di awal lalu berhenti di tengah jalan hahaha

    BalasHapus
  15. betul banget, rosul juga menganjurkan untuk berdagang

    BalasHapus
  16. sangat setuju sekali.. apalagi di jaman sekarang bisa berbisnis online juga. semangat yah guys..

    BalasHapus
  17. susah sekali dalam tahap menentukan idenya mas.

    BalasHapus