APLI Exhibition 2022, Pameran Direct Selling Terbesar di Indonesia

7/29/2022 09:47:00 PM

 

APLI Exhibition 2022 ini digelar pada 23-25 Juli lalu di Pasaraya Outdoor Blok M, Jakarta. Pameran ini bukan hanya sekedar pameran aja namun menghadirkan banyak acara terutama Talk How mengenai Halal atau Haramnya MLM itu. Bagi yang belum familiar dengan APLI, merupakan akronim dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Direct Selling. Penjualan Langsung di Indonesia itu lebih tren dikenal sebagai MLM, padahal selain Multi Level Marketing terdapat Single-level Direct Sales dan Host atau Party-plan Sales yang jarang diketahui oleh publik.

Lalu, apakah MLM itu Haram? Pasti banyak yang memberikan pendapat bahwa MLM itu banyak memberikan kerugian sehingga tidak layak dijadikan sebagai sebuah salah satu metode penjualan, atau malah sebaliknya sebetulnya MLM itu sebuah terobosan dalam sebuah penjualan yang malah memberikan nilai tambah bagi penjualan produknya. Nah, yang penasaran akan dibahas secara tuntas nantinya. 

APLI Exhibition 2022, Pameran Direct Selling Terbesar di Indonesia


Tak banyak orang tahu bahwa Penjualan Langsung yang salah satunya adalah MLM memiliki Asosiasi yang menaungi yaitu APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Berdirinya Asosiasi di Indonesia ini dicetuskan pertama kali oleh Bapak Eddy Budhiman dengan nama IDSA (Indonesian Direct Selling Association), dan disyahkan pendiriannya di kantor Notaris pada tanggal 24 Juli 1984 dengan nama APLI kepanjangannya Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. Karena di Indonesia saat itu belum banyak perusahaan DS/MLM maka kegiatan asosiasi tidak aktif pada waktu itu.

Dengan seiring waktu berkembangnya dan bermunculan perusahaan perusahaan DS/MLM di Indonesia, maka APLI digalakkan lagi di tahun 1992 yang beranggotakan tidak lebih dari 12 perusahaan dan kepanjangan dari APLI dirubah menjadi Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Perkembangan terus yang sampai saat ini cukup dirasakan, dari menempati kantor salah satu perusahaan anggota APLI sampai mampu menyewa kantor sendiri yang terpisah dari kantor anggota, dan adanya karyawan tetap yang bukan merupakan karyawan perusahaan anggota.

Dalam Pameran Direct Selling terbesar di Indoensia ini melibatkan banyak perusahaan yang tergabung dalam APLI seperti Herbalife dan NU Skin Indonesia serta masih banyak yang lainnya. Kedua perusahaan ini concern dengan masalah pemenuhan gizi dan kecantikan. Herbalife yang saya tahu merupakan salah satu perusahaan yang concern tentang gaya hidup sehat, dan membantu mengatasi masalah berat badan sampai masalah kesehatan. Sedangkan Nu Skin Indonesia juga memiliki concern tentang kecantikan dan gaya hidup yang lebih sehat. 

Apakah MLM Itu Haram? 


Dalam APLI Exhubition kali ini terdapat salah satu Talkshow Apakah MLM itu Haram? bersama Narasumber yaitu Dr. Moch. Bukhori Muslim, Lc. MA. (Ketua Bidang Industri Bisnis dan Ekonomi Syariah DSN - MUI) dan Kany V. Seomantoro (Ketua APLI) dengan moderator Dr. U. Mulyaharjo SH., SE., MH.,Mkn.,CLA. Dalam perbincangan pada siang hari tersebut, sebetulnya berangkat dari produk yang dijual oleh MLM dan Sistem MLM. Kedua hal tersebut dibahas dengan pendekatan bahwa produk yang dijual oleh MLM adalah halal disertai dengan sertifikat yang jelas, sedangkan sistem MLM itu sebetulnya halal asal disahkan oleh MUI atau Dewan Sertifikasi yang sesuai dengan kehalalan sistem penjualan tersebut.

Pada dasarnya MLM merupakan salah satu cara penjualan yang dilakukan dengan melakukan pendekatan secara member dan merupakan hal yang lumrah. Nah, karena di Indoensia ini belum disertfikasi maka timbulah pertanyaan apakah MLM itu Haram? Padahal secara sistem penjualan MLM adalah sistem yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan penjualan produk yang halal tentunya. 

Pada akhirnya, MLM itu sebuah sistem penjualan langsung yang dapat dipercaya asal dengan sertifikasi yang jelas dan penjualan produk yang jelas sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Dewan Sertifikasi Halal nantinya. 


Nah, kamu bisa melihat keseruan dari Pameran Direct Selling ini ya pada hari berikutnya atau tahu  depan yang akan diselenggarakan secara lebih besar dan lebih melibatkan banyak pihak. Selamat menikmati produk-produk dari APLI ini ya. 

You Might Also Like

0 Comments