Cerita Dari Lasem, Peran Ekspedisi Dalam Berkembangnya Bisnis UMKM

8/04/2022 12:04:00 PM

 

Pada saat ke Lasem 2019 lalu, saya masih dapat menikmati Lasem yang sangat semarak dengan nuansa bangunan tua di kecamatan dengan julukan Tiongkok Kecil di Tanah Jawa ini. Apalagi banyak sekali pembatik dan pengrajin yang masih aktif melakukan aktivitasnya saat saya datang. Dahulu, para pengembara datang silih berganti dari berbagai kerajaan, salah satunya adalah berlabuhnya kapal-kapal pasukan dari Laksamana Cheng Ho yang tersohor hingga diabadikan di beberapa kota lain termasuk di Lasem. 

Saat ini pun, pesona Lasem sangat luar biasa untuk dinikmati dan dijadikan salah satu destinasi wisata. Saya terkagum dengan nuansa Lasem yang kaya akan peninggalannya, bahkan merupakan salah satu warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO. Bagaimana tidak bangga dengan penobatan ini? Pastinya sangat bangga, dan saatnya untuk kembali menyemarakan Lasem karena pada saat pandemi sangat berdampak pada sektor pariwisata dan UMKM yang biasanya menyokong perekonomian warga Lasem yang bergantung pada wisata.

Peran Ekspedisi Dan Berkembangnya Bisnis UMKM 

Setelah berkunjung ke Lasem, saya sempat membeli tas kecil batik yang sangat fotogenik. Bahkan, pada saat ke luar negeri pun, saya menggunakan tas tersebut dan menarik perhatian dari orang-orang. Pada saat itu setelah dari Lasem, sebulan setelahnya saya ke Thailand dan mengunjungi beberapa tempat seperti Bangkok, Chiang Mai dan Chiang Rai. Saat mengunjungi kuil di Chiang Mai misalnya, beberapa orang memandang ke arah saya dan dengan seksama melihat kearah tas yang saya beli di Lasem. Saya sangat bangga dengan produk dari Lasem yang sangat bagus dan menarik perhatian dari berbagai negara. 

Setelah dari Thailand, saya kepikiran untuk membeli kembali produk tersebut, namun memang saya tidak tahu kapan bisa kembali ke Lasem dalam waktu dekat. Setelah melihat di marketplace, ternyata terdapat penjual yang menjualnya secara online, dan sangat terbantu dengan adanya penjual online dan juga ekspedisi yang siap mengantarkan produk ke rumah. 

Peran Ekspedisi Dalam Bisnis Online

Peran Ekspedisi dalam berkembangnya UMKM sangatlah penting, apalagi apabila daerah penjual atau pembeli masih sangat terbatas aksesnya. JNE, sebagai salah satu ekspedisi yang sangat terpercaya di Indonesia sangat membantu UMKM di Indonesia berkembang sangat pesat hingga membuat UMKM sebagai salah satu kekuatan ekonomi baru di Indonesia.

UMKM, Bisnis Online Yang Menguntungkan

Selain peran ekspedisi seperti JNE yang memberikan dampak positif bagi kelancaran pengiriman barang, UMKM memiliki kekuatan sebagai penyokong perekonomian apalagi pada saat pandemi yang semuanya dilakukan melalui online. Mau tidak mau, UMKM di Indonesia harus bisa menjual produknya melalui online dimarketplace atau social media. 

Nah, bagi yang belum pernah atau tidak tahu menahu masalah penjualan secara online, JNE pun melakukan sejumlah acara menarik yang memberikan pengetahuan bagaimana memaksimalkan penjualan secara online baik melalui marketplace atau melalui social media. Acara tersebut bertajuk JNE Ngajak Online. 

Peran JNE Dalam Bisnis Online (UMKM) Di Indonesia


Beberapa waktu lalu, tepatnya pada HUT Jakarta, JNE mengadakan sejumlah rangkaian acara dengan tajuk JNE Ngajak Online yang bertujuan memajukan UMKM ke tingkat yang lebih tinggi lagi dan memaksimalkan penjualan secara online. Program “JNE Ngajak Online” ini telah diselenggarakan sejak tahun 2017 dan bertujuan memberikan edukasi mengenai strategi penjualan di era digital untuk meningkatkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di tahun 2022, “JNE Ngajak Online” akan mengusung tema “Goll..Aborasi Bisnis Online” dan juga diselenggarakan di 60 kota di seluruh Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT kota-kota tersebut. 

Selain JNE Ngajak Online,  berawal dari tagline JNE yang selalu diusung yaitu “Connecting Happiness”, semangat mengantarkan kebahagiaan diantaranya adalah dengan memberikan donasi beasiswa untuk SMK Bakti Karya (SBK)  Parigi Pangandaran beberapa waktu yang lalu. Sekolah ini merupakan sebuah yayasan pendidikan yang menyediakan beasiswa penuh bagi siswa/i dari seluruh penjuru nusantara, dengan latar belakang budaya yang beragam yang mewakili ke Bhineka Tunggal Ika-an Indonesia.

Banyak sekali peran penting dari Ekspedisi bagi UMKM di Indonesia, dan seperti slogan JNE yang selalu menghubungkan kebahagiaan atau “Connecting Happiness”, maka isu penimbunan beras yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sangatlah tidak relevan. JNE selalu berkontribusi maksimal dalam apapun terutama bagi kebahagiaan seluruh rakyat Indonesia. Selalu menghubungkan kebahagiaan dan bermanfaat bagi sekitarnya, itulah yang JNE selalu tebarkan saat ini.

You Might Also Like

0 Comments