Berbagi Kebahagiaan Dalam Kebhinekaan Indonesia

7/27/2022 12:22:00 PM

Bahagia itu kebutuhan semua orang. Manusia akan mendambakan kebahagiaan dimanapun ia berada, bahkan pada saat berada dalam suasana yang tak menentu sekalipun. Kalau kata orang, lebih baik saya miskin tapi bahagia daripada kaya namun menderita. Kadang manusia memang menginginkan kebahagiaan sekaligus kekayaan, dan itu sah-sah saja selama masih bisa berbagi dengan orang lain yang memang membutuhkan kebahagiaan tersebut.

Dan, Bahagia itu pun sederhana. Bisa berkumpul dengan keluarga utuh tanpa kurang suatu apapun adalah sebuah kebahagiaan. Bisa jalan-jalan ke suatu tempat yang sebelumnya belum pernah didatangi juga merupakan kesenangan tersendiri. Atau, bisa makan kuliner yang selama ini diidam-idamkan seperti sushi, ramen atau makanan lainnya. Ya, kebahagiaan itu sangat beragam dan tidak sama semua orang. Bahkan, bagi saya kebahagiaan adalah bisa jalan-jalan ke tempat yang saya idamkan dari SMA. 

Waktu SMA, saya memiliki teman sebangku yang sama-sama memiliki hobi menulis surat kepada teman di luar kota bahkan luar pulau. Kebetulan pada saat itu teman saya mengirimkan surat ke kedutaan besar Jepang di Jakarta. Setelah itu tak berapa lama, ternyata kami mendapatkan balasan surat berupa buku tentang belajar bahasa Jepang. Mulai saat itu, saya belajar bahasa Jepang dan mengagumi beberapa hal tentang Jepang seperti dorama dan anime. Selang 10 tahun kemudian, akhirnya saya bisa mewujudkan impian saya bisa menjejakan kaki di Jepang untuk pertama kalinya. Itulah yang paling membahagiakan yang tidak semua orang rasakan, jadi saya selalu bersyukur dengan pencapaian yang saya raih saat itu.

Bahagia bisa juga dengan merayakan perbedaan yang ada di Indonesia, ya Kebhinekaan Indonesia merupakan sebuah hal yang patut disyukuri. Tidak semua negara memiliki beragam suku dan bangsa serta agama yang menjadikan kekayaan budaya dan bahasa di Indonesia. 

Berbagi Kebahagiaan Bersama Orang Lain


Bahagia itu sederhana dan lebih berbahagia lagi jika berbagi dengan orang lain. Dan berbagai kebahagiaan pun beragam bentuknya, bukan hanya tentang materi saja namun tentang rasa memiliki atau berbagi itu juga sudah merupakan kebahagiaan tersendiri. 

Berbagi Itu Menambah 

Dalam konsep berbagi, maka memberi itu sama dengan menambah bukan  mengurangi. Iya, banyak orang yang mengangap kalau berbagi itu akan mengurangi rejeki, hal itu malah sebaliknya, jika membagi rejeki maka akan ditambah rejeki kita dalam bentuk yang sama bahkan lebih.

Kebahagiaan Itu Menular

Bahagia itu bisa menular ke siapa saja, termasuk kamu. Iya biasanya kalau kamu melihat orang bahagia atau tertawa, maka otomatis kita akan ikut tertawa dan merasakan hal yang sama. Begitu pula sebaliknya, jika kita tidak bahagia biasanya akan merasakan kesedihannya. Maka itu, kebahagiaan itu pun menular, dengan bahagia dan berbagi maka hidup kita akan sempurna.

Kebahagiaan Dalam Kebhinekaan

Sebagai bagian dari Indonesia, maka Bhineka Tunggal Ika merupakan salah satu hal yang membanggakan sekaligus membahagiakan. Betapa beruntungnya Indonesia memiliki banyak ras, suku, bangsa dan bahasa namun bisa bersatu padu dalam membangun serta memajukan negara ini. Rasanya tak muluk jika kita berbahagia dalam sebuah kebhinekaan adalah hal yang paling dinikmati karena tidak semua negara di dunia ini memiliki keragaman yang dimiliki oleh Indonesia. 

Sejalan dengan Kebhinekaan dan konsep kebahagiaan dalam JNE sepertinya menghubungkan kebahagiaan adalah hal yang terasa sangat berharga. Conneting Happiness adalah sebuah tagline yang sering diucapkan dan sering dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, mulai berbagi dalam kebahagiaan kecil dengan orang lain di daerah lain atau sekedar memberikan hadiah buat keponakan yang berada jauh disana, semua itu hal yang sederhana namun membahagiakan.

Bhineka Tunggal Ika di JNE Bersama SMK Bakti Karya


Berawal dari tagline JNE yang selalu diusung yaitu “Connecting Happiness”, semangat mengantarkan kebahagiaan diantaranya adalah dengan memberikan donasi beasiswa untuk SMK Bakti Karya (SBK)  Parigi Pangandaran beberapa waktu yang lalu. Sekolah ini merupakan sebuah yayasan pendidikan yang menyediakan beasiswa penuh bagi siswa/i dari seluruh penjuru nusantara, dengan latar belakang budaya yang beragam yang mewakili ke Bhineka Tunggal Ika-an Indonesia.

Acara silaturahmi yang dilangsungkan di Ballroom kantor JNE Jl. Tomang Raya 11, Jakarta Barat pada Selasa, 19 Juli 2022, adik-adik dari SMK Bakti Karya Parigi melakukan office tour dan juga berkenalan dengan M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Doedi Hadji selaku Head of Marketing Communication JNE, Ayung Prasetyo selaku Human Capital Operation Division Head. Turut hadir pula Maman Suherman selaku pegiat literasi yang selalu menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman di Indonesia dengan memberikan banyak sekali inspirasi dan motivasi untuk seluruh siswa/i yang hadir.

M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, menyampaikan, “Dalam menjalankan bisnis, langkah JNE akan tetap memberikan kebahagiaan bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan semangat Connecting Happiness. JNE akan berkomitmen untuk terus memberikan manfaat yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dengan keunikan dan kekhasan siswa-siswi SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran yang berasal dari berbagai suku dan daerah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.” 

You Might Also Like

0 Comments